APRESIASI DEKOPINDA ATAS KOPKUN INSTITUTE



DIKLAT MANAGEMEN USAHA KOPERASI  di KOPKUN INSTITUTE

Kopkun Institute menggelar satu pelatihan bagi para manager dan calon manager. Pelatihan ini diikuti oleh 20 (dua puluh)  orang kader koperasi dari beberapa koperasi di lingkungan Kabupaten Banyumas.  Disamping menghadirkan praktisi, Kopkun Institute juga menyertakan akademisi sehingga peserta mendapatkan asupan ilmu yang komplit.

Pelatihan perdana digelar Hari Rabu tepatnya jam 19.00 Wib sd 22.00 Wib di 03 Desember 215. Untuk diklat perdana kali ini, peserta di ampuh oleh seorang praktisi yang kebetulan juga adalah ketua Dekopinda Banyumas dengan thema awal “pengantar manajemen”. Tanpa mengurangi substansi materi,  diklat berlangsung gayeng dan sesekali diselingi dengan joke-joke seger yang memantik tawa dan mengembalikan konsentrasi segenap peserta diklat.

Dekopinda banyumas sangat meng-apresiaste inisiasi Kopkun mendirikan lembaga pendidikan seperti Kopkun Institute. Hal ini merupakan terobosan cerdas yang dilakukan secara mandiri. Pendirian Kopkun Institute men-cirikan bahwa Kopkun konsisten dengan idealisme yang ter-operasional dalam langkah-langkah nyata dan produktif. Kelahiran Kopkun Institute dinilai snagat tepat dimana koperasi sedang didorong untuk lebih profesional dalam pengelolaan organisasi da perusahaan.

Fakta menunjukkan bahwa mayoritas koperasi masih di kelola dengan samben (sambilan) sehingga sulit untuk berkembang. Idealnya, koperasi memiliki SDM-SDM yang concern mengawal operasionalisasi perusahaan koperasi. Dengan hadirnya para profesional di gerakan koperasi, maka diyakini bisa meng-akselerasi pertumbuhan koperasi secara perusahaan dan perluasan kemanfaatan yang bisa dirasakan oleh anggota.

Namun demikian, seorang profesional koperasi dituntut tidak hanya mengerti manajemen perusahaan pada umumnya, tetapi juga harus memahami spirit dan nilai-nilai yang diperjuangkan koperasi. Oleh karena itu, diperlukan SDM-SDM profesional yang memahami tentang ke-khas-an koperasi dan kemudian menjadikannya sebagai inspirasi membentuk keunggulan koperasi sehingga bisa bersanding dan bahkan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Atas hal ini, ketua Dekopinda Banyumas menyambut baik inisiasi mandiri yang diselenggarakan Kopkun mencetak para kader-kader koperasi yang handal.     

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment