MENEMPATKAN "PENDIDIKAN" SEBAGAI ALAT UNTUK BERKEMBANG



A.  PENGANTAR
Koperasi SEHATI, begitu nama koperasi yang berdiri di lingkungan Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto beranggotakan para karyawan dan dosen. Penyelenggaraan pendidikan anggota ini berawal dari diskusi informal pengurus dan pengawas Koperasi Sehati dengan penulis beberapa waktu lalu. Dari diskusi itu, tampaknya mereka tercerahkan dan terbentuk keyakinan bahwa membangun koperasi seharusnya melalui pencerdasan anggotanya. 

Akhirnya, agenda pendidikan anggota ini pun
di gelar dengan menghadirkan para pengurus, pengawas dan juga utusan anggota. Sebuah awalan berpengharapan dimana mereka mengawali dari sebuah pegelaran pendidikan. Lewat pendidikan ini, audience di suguhkan pemahaman dasar tentang apa, mengapa dan bagaimana ber-koperasi. Mereka tampak begitu antusias dan optimistic tercermin dari wajah-wajah mereka. Ragam contoh succes story Koperasi sepertinya efektif untuk membangkitkan gairah mereka untuk menuju kesuksesan berbasis kolektifitas di dalam koperasi.
Semangat ini kemudian dijadikan modal awal untuk membangun koperasi Sehati yang baru saja menerima badan hukum beberapa bulan yang lalu.  Melalui pendidikan ini, terbangun persepsi yang sama terhadap koperasi dan ekspektasi rasional anggota terhadap Koperasinya. Hal yang lebih penting dari pendidikan ini adalah terbangunnya kesadaran anggota bahwa besar kecilnya perusahaan koperasi atau luasnya kemanfaatan yang bisa dinikmati anggota, difahami sebagi imbas dari konsistensi anggota dalam menumbuhkembangkan partisipasinya.

B.. MATERI







Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment