OLEH-OLEH RAT PRIMER KOPERASI KARTIKA A-13 PRIMA HUSADA



OLEH-OLEH RAT PRIMER KOPERASI KARTIKA
A-13 PRIMA HUSADA

Koperasi Primer Koperasi Kartika A-13 Prima Husada merupakan koperasi yang berada di lingkungan Rumah Sakit Tentara Wijaya Kusuma Purwokerto tepatnya beralamat di Jalan HR Boenyamin Purwokerto.  Koperasi yang di pimpin oleh  Kapten Anton Hardjanto ini menyelenggarakan RAT ke-31 Tutup Buku Tahun 2015 tanggal 27 Januari 2016. Koperasi ini ber-anggota sebanyak 230 orang terdiri dari 93 orang militer dan 137 orang PNS. Dalam kesehariannya, koperasi
ini menyelenggarakan aktivitas layanan Unit Simpan Pinjam, Unit Toko dan Foto Kopi. Kalau unit simpan pinjam khusus melayani anggota, unit toko dan foto kopi juga melayani masyarakat umum yang kebanyakan adalah pasien, keluarga pasien dan  penunggu pasien rumah sakit.

Ada aura khas saat menghadiri RAT di koperasi di lingkungan militer. Nuansa disiplin dan spirit korsa begitu kuat terasa kala lagu Indonesia Raya di kumandangkan dan dinyanyikan segenap peserta RAT dan tamu undangan. 

Dalam laporannya Sang Ketua menyampaikan bahwa secara umum koperasi berjalan baik dan lancar. Dalam rangka meningkatkan kapasitas diri, koperasi ini juga aktif mengikuti pelatihan dan workshop, baik yang diselenggarakan oleh Puskop kartika selaku sekundernya maupun Disperindagkop atau lembaga lainnya. Dalam memperluas kebermaknaan eksistensinya, koperasi ini juga menyelenggarakan aktivitas sosial yang dikemas dalam bentuk sumbangan dan  juga paket kepedulian. Tak ketinggalan juga pemberian apresiasi dan penghargaan atas putera/i anggota yang berprestasi dibidang akademik. 

Sementara itu, Ibu Rahayu dari Puskop Kartika selaku sekunder menyampaikan  apresiasi tinggi atas capaian dari Primkop Kartika A-13 yang menunjukkan peningkatan kinerja. Sebagai bagian dari semangat untuk lebih berkembang,   Puskop Kartika menghimbau adanya upaya yang terus menerus dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan usaha koperasi sehigga semakin profesional dan semakin modern.  

Dalam sambutanyya, Letkol.drg. Nugroho,  selaku komandan dan juga pembina Koperasi
Primer Koperasi Kartika A-13 Prima Husada, menyampaikan 3 (tiga ) hal penting

  1. Bagi pengurus dan pengawas, RAT  merupakan media evaluasi atas kinerja yang dicapai.
  2. Bagi anggota, event ini merupakan media evaluasi atas partisipasi dan  daya dukung terhadap pertumbuhan dan perkembangan koperasi. RAT ini juga harus dimanfaatkan untuk menyampaikan ragam kritik dan saran sehingga bisa meng-akselerasi pertumbuhan unit-unit layanan  dan juga kemanfaatan koperasi.
  3. Selaku pimpinan, beliau sangat mendukung segala aktivitas yang dijalankan koperasi dan mengajak semua unsur organisasi untuk bersama-sama memajukan koperasi sehingga lebih tumbuh dan berkembang.   

 Melihat pertumbuhan yang sangat baik dari Primkop Kartika A-13 Prima Husada ini, terbersit  gagasan untuk mempelajari lebih jauh pengaruh kultur disiplin yang begitu kuat di lingkungan TNI dengan tingkat kecepatan tumbuhkembangnya koperasi. Hal ini dimaksudkan untuk mencari inspirasi faktor-faktor yang sekiranya bisa mengakselerasi perkembangan koperasi.







     
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment