RAT KOPERASI KARYAWAN LISTRIK NEGARA



KOPERASI KARYAWAN LISTRIK NEGARA
RAT “KOPKAR KARLINA” PURWOKERTO

 
Beranggotakan 351 Orang, Koperasi Karyawan PLN ini menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2015 di Hotel Aston Lantai 02, tepatnya pada tanggal 28 Februari 2012.. Dalam aktivitasnya, Kopkar ini menyelenggarakan pelayanan : simpan pinjam,  pengadaan barang  (Jasa Untuk PLN), Unit Toko Waserda, Unit Jasa Kendaraan &  Usaha Jasa Sewa Komputer.  

Animo dan daya dukung anggota terhadap Kokar Karlina ini sangat tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah anggota yang memadati  semua sisis ruang rapat. Hal ini juga mencerminkan
bahwa loyalitas anggota terhadap koperasinya cukup tinggi dan ini merupakan modal sosial yang bisa di mobilisasi menjadi aktivitas-aktivitas produktif yang men-sejahterakan. Daya dukung Sang Pembina yang tak lain adalah pimpinan PLN terhadap Kopkar ini begitu besar dan hal ini berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan koperasi. Disamping itu, peningkatan profesionalisme pengawas, pengurus dan manajemen Kopkar Karlina  menjadi daya dukung utama  yang berimbas pada peningkatan kualitas pengelolaan dan berujung dengan peningkatan
produktivitas dalam arti luas.  

Dalam sambutannya, Pembina menekankan kembali daya dukungnya terhadap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan koperasi. Beliau mengingatkan kepada pengurus dan manajemen Kopkar Karlina, untuk semakin meningkatkan profesionalisme pengelolaan dan pelayanan mengingat di era serba terbuka ini (baca: MEA),  peta persaingan begitu ketata sehingga memungkinkan koperasi tertinggal bila tidak berbenah dan atau meningkatkan kapasitas dengan segera.

Ada satu hal yang menarik perhatian. Koperasi ini membentuk beberapa perusahaan yang berbentuk CV dsn PT  yaitu; (i) PT Cahaya Karya Sentosa, CV. Rizki Barokah dan CV Pembudi Luhur.  Pembentukan perusahaan-perusahaan ini merupakan cara koperasi untuk tetap eksis dan bisa mengikuti lelang di lingkungan PLN.       

Sebagai bentuk kepedulian, koperasi ini juga menyelenggarakan aktivitas sosial bernada kepedulian, baik dilakukan secara mandiri maupun berkolaborasi dengan institusi-institusi lainnya seperti Dekopinda, PK-PRI Kabupaten Banyumas dan lain sebagainya. Wujud aktivitas ini antara lain kegiatan bhakti sosial, memberi bantuan terhadap korban bencana alam , menberi santunan kepada lembaga-lembaga sosia l dan lain sebagainya. 

Catatan lain yang menggembiarakn dari koperasi ini adalah komitmennya terhadap karyawan/pekerja koperasi. Kesejahteraan karyawan/ti pekerja koperasi begitu diperhatikan sebagai bagian dari upaya untuk mendorong produktivitas yang progressif. Disamping satus sebagai karyawan tetap dengan salary yang minimal sesuai dengan  UMK, para karyawan/ti juga diikutkan BPJS dan dana pensiun DPLK.    
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment