PENJAJAGAN KEMITRAAN 2 (DUA) IDEOLOGI YANG BERBEDA



PENJAJAGAN KEMITRAAN 
2 (DUA) IDEOLOGI YANG BERBEDA NYATA

 
Siang ini, Selasa, 14 Maret 2016,  Dekopinda Banyumas diundang dalam acara makan siang dan small workshop dimana Bank Jateng Cabang Purwokerto bertindak menjadi tuan rumah. Disamping sebagai ajang silaturrahmi, pertemuan ini juga merupakan media penjajagan kemungkinan kerjasama antara gerakan koperasi  di wilayah Banyumas dan Bank Jateng Cabang Purwokerto. Hadir dalam pertemuan ini beberapa gerakan koperasi, yaitu para pengurus P-KPRI Banyumas (diwakili Pak Kuswandi, Pak Agus dan Pak Toro), KPRI Sejahtera Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas (diwakili okeh Pak Andik Fegiyanto selaku ketua) dan Dekopinda Banyumas diwakili oleh Muhammad Arsad Dalimunte dan Herliana

Apakah pertemuan ini berangkat dari kepedulian dan keinginan kuat Bank Jateng untuk ikut mengembangkan koperasi di wilayah Banyumas?. Terlalu dini untuk berkesimpulan. Apalagi filosopi dasar koperasi adalah kemandirian kolektif, sehingga kehadiran bank di koperasi memerlukan kehati-hatian dan landasan fikir yang benar. Sementara itu, pada umumnya bank cenderung fokus pada pertumbuhan laba, sehingga perlu komunikasi intensif untuk menemukan titik sinergitas yang mungkin dikerjasamakan.

Dalam pertemuan ini, Dekopin mencoba memantik dengan dua jenis hubungan, yaitu hubungan ideologis dan hubungan kepentingan. Pada hubungan ideologis, terbangun cita-cita bersama yang bermakna saling memberdayakan dan saling mendukung. Cita-cita besar itu senantiasa menjadi inspirasi energi bagi setiap orang untuk menyumbangkan energi dan potensinya yang melekat pada diri masing-masing. Pada hubungan kepentingan, kepentingan menjadi dasar lahirnya hubungan yang kelanggengannya sebatas kepentingan me-refresentasikan keinginan masing-masing pihak. Kala hal itu tak bisa diwujudkan, hubungan itu akan terputus dan kemudian berpindah ke lain hati. Pada 2 (dua) jenis hubungan ini, Dekopinda menawarkan kemitraan ideologis dengan Bank Jateng. Dekopin ingin mengajak  Bank Jateng untuk mendalami filosopi perjuangan koperasi sehingga menemukan titik masuk dan titik kesesuaian strategis yang mungkin dikerjasamakan. Namun demikian, kala Bank Jateng memilih untuk membangun hubungan kepentingan alias transaksional, maka kuantitas dan kualitas nilai-nilai manfaat akan menjadi faktor penentu kelanggengan kerja sama.

Sungguh menarik tindaklanjut dari komunikasi awal ini, khususnya pola kemitraan apa yang akan tertemukan diantara dua institusi yang nyata-nyata berbeda mazhab ini.  Yang jelas, semangat untuk mengakselerasi tumbuhkembangnya masing-masing pihak dipastikan menjadi muasal terbentuknya mutual partnership apapun bentuknya.   Satu hal yang tak diinginkan oleh Dekopinda Kab.Banyumas adalah dijadikannya koperasi-koperasi sebagai market yang dieksploitasi. Sebab hal ini tidak saja berpotensi membunuh kemandirian koperasi, tetapi juga menjebakkan para anggota koperasi ke pola hidup konsumtif yang berdampak negatif bagi kualitas hidup insan koperasi di lingkungan Kabupaten Banyumas.

Sepertinya small workshop ini melahirkan gairah baru dan meng-energi untuk menemukan formula mutual partnership antara Bank Jateng dengan gerakan koperasi di lingkungan Banyumas. Inisiatif Bank Jateng Cabang Purwokerto untuk menggelar diskusi ini layak diapresiasi walau belum tertemukan variasi formula tambahan disamping rencana transaksi pinjaman beberapa koperasi ke Bank Jateng. Namun. Spirit kolektivitas yang terbangun dari pertemuan ini menginsiprasi pegelaran pertemuan berikutnya untuk memaparkan dan mengembangkan ragam gagasan yang mungkin untuk dikerjasamakan.   

Ini sesungguhnya bukan tentang perselingkuhan jahat, tetapi Dekopinda Kabupaten Banyumas sedang menjajagi kemitraan mutualisme dengan institusi-institusi walau jelas-jelas berbeda mazhab. Prinsip kerjasama coba dijadikan inspirasi Dekopinda Banyumas dalam membangun komunikasi strategis dengan semua pihak dalam semangat equality/kesetaraan.

 

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment