RAT KPRI SEJAHTERA TUTUP BUKU TAHUN 2015



RAT KPRI SEJAHTERA TAHUN 2015

Hari ini, 13 Maret 2016, KPRI Sejahtera menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2015 dengan mengambil tempat di Aula Bank Jateng, Purwokerto. RAT ini tampak begitu semarak dan penuh kehangatan. Segenap peserta RAT yang hadir dengan pakaian seragam khusus. Semangat korsa begitu terasa dan energi kolektif begitu nyata ada diantara mereka.  Suasana kian meriah kala penyanyi organ tunggal mengalunkan suaranya yang merdu.  
    
Koperasi ini beranggotakan 994 (sembilan ratus sembilan puluh empat) anggota. Kesehariannya, para anggota adalah para PNS di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas seperti rumah sakit, puskesmas dan para pegawai kantor DKK. Mengingat anggota menyebar diberbagai unit kerja di seluruh wilayah Banyumas, untuk memudahkan koordinasi, sosialisasi dan promosi, koperasi ini membentuk kelompok-kelompok anggota. Koperasi ini menyelenggarakan unit layanan simpan pinjam dan toko.  Secara angka, koperasi ini tergolong besar dan menjadi salah satu koperasi kebanggaan di wilayah Kabupaten Banyumas.

Pak Sudiyanto, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas selaku Pembina KPRI Sejahtera menyampaikan daya dukungnya terhadap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh KPRI Sejahtera. Beliau berpesan agar jangan berhenti mengembangkan kreasi dan inovasi bagi peningkatan kebermanfaatan dan kesejahteraan para anggotanya.

Pak Junianto, selaku kepala Disperindagkop Kabupaten Banyumas menyampaikan apresiasinya terhadap keterselenggaraan RAT kali ini. Disamping tepat waktu, penyelenggaraan RAT ini menjadi salah satu indikasi kesehatan sebuah organisasi.  Melihat tamu undangan yang hadir, RAT  KPRI Sejahtera kali ini terasa istimewa karena dihadiri langsung oleh  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas (cq.  Bapak Sudiyanto), Kepala Disperindagkop Kab. Banyumas (cq.  Bapak Yunianto), Ketua PKPRI-Kab Banyumas (cq. Bapak Harris) dan Ketua Dekopinda Banyumas (cq. Bapak M.Arsad Dalimunte).    

Pak Haris, selaku Ketua PKP-RI Kab. Banyumas menyemangati segenap anggota KPRI Sejahtera untuk terus mengembangkan partisipasinya sehingga koperasi menjadi besar dan lebih berkemampuan men-sejahterakan anggota dalam arti luas.  
Dalam sambutannya, Disamping menyampaikan apresiasinya terhadap capaian KPRI Sejahtera ini, Ketua Dekopinda Banyumas juga begitu penyajian data peruntukan pinjaman anggota di tahun 2015 sebagaimana berikut ini: 

1.      Biaya kuliah                    111 orang
2.      Rehab rumah                    79 orang
3.      Modal usaha                     47 orang
4.      Membeli tanah                 38 orang
5.      Membeli kendaraan        34 orang
6.      Perabot rumah tangga     8 orang
7.      Berobat                                8 orang
8.        Hajatan                               31 orang
9.        Konsumtif                          11 orang
10.   Alat praktek kesehata n     3 orang
11.   Membayar Hutang            20 orang
12.   Investasi                             16 orang
13.   Lain-lain                               3  orang


Penyajian ini memberikan gambaran betapa koperasi ini telah memberikan kemanfaatan yang luar biasa bagi kehidupan ekonomi, sosial dan budaya anggota.  Lewat penyajian data ini, kesejahteraan menjadi tidak sebatas nominal rupiah yang dibagi dalam bentuk SHU, tetapi ada nilai-nilai kemanfaatan yang terus menerus bisa dimanfaatkan dan mendorong keterbentukan kualitas kesejahteraan hidup para anggota.  
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment