TPAKD BANYUMAS MULAI BERGELIAT



TPAKD BANYUMAS MULAI BERGELIAT

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) adalah forum koordinasi antar instansi dan stake holders terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. Ada 4 (empat) hal yang mendasari kelahiran TPAKD, yaitu :
a.      Pertemuan FEG pada tanggal 15 Januari 2016
b.      Belum adanya forum koordinasi terkait akses keuangan di daerah
c.       Literasi dan inklusi keuangan yang masih rendah
d.      Pemberdayaan UMKM dan LJK masih relatif rendah (kredit perbankan untuk UMKM 18,1%)

TPAKD Banyumas kejar target sebagai bentuk komitmen tinggi terhadap upaya meng-akselerasi penguatan UMKM.   Setelah melalui 2 (dua) kali rakor, akhirnya TPAKD Kabupaten banyumas dikukuhkan dengan SK Bupati Banyumas dengan nomor ; 500/375/2016 tertanggal 1 april 2016 tentang Tim percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dengan tugas dan kewajiban sebagai berikut :
a.      Meng-evaluasi dan mengidentifikasi permasalahan terkait akses keuangan di daerah
b.      Merumuskan rekomendasi ke ijakan terkait dengan program percepatan akses keuangan daerah
c.       Mengevaluasi pelaksanaan program percepatan akses keuangan di daerah
d.      memberikan masukan kepada pemkab untuk menjawab peluang dan tantang terkait akses keuangan masyarakat di daerah.
e.       Mengkoordinasikan kegiatan atau progrtan. Percepatan akses keuangan didaerah
f.        Melakukan monutoring atau pemantauan pelaksanaan program
g.      melakukan sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat dan stake holder 
h.      melakukan pertemuan koordinasi minimal 4 kali dalam satu tahun
i.        menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas setiap 6 bulan sekali dan disampaikan kepada bupati

Untuk mempermudah koordinasi, sekretariat TPAKD disepakati di Setda Bagian Ekonomi Kabupaten Banyumas. Sementara itu, untuk pendanaan operasional TPAKD  untuk tahun berjalan 2016, sementara di support oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).  Sedangkan untuk tahun anggaran 2017 akan ditanggung bersama oleh OJK dan Pemkab Banyumas. 

Dalam rangka mewujudkan efektivitas TPAKD membentuk 3 (tiga) pokja, yaitu :  (i) Pokja ukkm dan industri kreatif; (ii) Pokja Pertanian dan ; (iii) Pokja sosialisasi dan edukasi‎.  Pada rakor ketiga kali ini, dipaparkan tentang garis-garis besar program kerja yang kemudian menjadi rujukan pokja dalam menterjemahkan ke dalam program teknis.

‎Ada yang menarik tentang pemaparan garis-garis besar program kerja dimana Bupati banyumas, Ir Achmad Husein, merevisi angka-angka target sasaran. Beliau merasa angka-angka  yang tersaji masih terlalu kecil sehingga tidak menggambarkan semangat akselerasi. Atas hal itu, audience merespon dan target pun ditingkatkan.  Bupati banyumas tampaknya sangat bersemangat untuk mengangkat derajat pelaku UMKM. Beliau berharap segenap insan yang terhimpun dalam TPAKD memiliki semangat pemberdayaan yang kuat dan nyata sehingga bisa membahagiakan lebih banyak orang.

Ini momentum bagi pelaku UMKM untuk segera berbenah dan memanfaatkan ragam kemudahan yang ada untuk meningkatkan kapasitasnya. Seperti visi dalam pembentukannya, Bupati berharap TPAKD efektif mendorong pertumbuhan ekonomi Banyumas.
Beliau juga berpesan agar pelaku UMKM bergerak dengan pola "market oriented". Kalau kemudian market sudah terbentuk dan UMKM kesulitan dana dalam melayani market. pada titik inilah TPAKD harus segera mengambil peran.


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Dear Sir / Madam, "SECEPAT MUNGKIN PINJAMAN DI 2days. Taylor wilson Micro Dana keuangan Plc Commercial dan Personal,", "pinjaman Depan X-mas Loan sebesar 2% bunga rate.Interested Orang harus menghubungi Loan Officer via E-mail dengan di bawah informasi ini: "NAMA: TERAKHIR NAMA .....: ...... COUNTRY: ....... PHONE: KERJA .....: ...... AGE: ... .......... SEX: ...... Marital Status: ...... LOAN JUMLAH DIPERLUKAN: BULANAN PENGHASILAN ...... ...... PINJAMAN JANGKA WAKTU: .. .... nama Petugas: Penawaran Kredit Investasi Email: Taylorwilsonloancompany@gmail.com, Terima kasih dan Tuhan memberkati, Salam
    Taylor Wilson.

    ReplyDelete
  2. Halo, aku Mr. Allan Smith semi pinjaman pribadi terbatas. Perusahaan kami menyediakan pinjaman pada tingkat rendah 2%. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, tagihan dan untuk memperluas bisnis Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Tapi kami menjamin pinjaman dan kami telah membantu banyak orang di seluruh dunia dan kami memberikan pinjaman langsung untuk selamanya sehingga mendaftar dengan kami dan kami tidak terburu-buru pelanggan kami untuk membayar pinjaman mereka tetapi peluang keuangan pada langkah pintu Anda, jadi hubungi kami hari ini melalui email di: springfinancelimited3@gmail.com

    ReplyDelete