BERANJAK KE-SOLO

DEKOPINDA BANYUMAS HADIRI HAKOP- 69 di KOTA SOLO


Selasa (26/7) 6 orang perwakilan DEKOPINDA Banyumas menghadiri perayaan Hari Koperasi Nasional tingkat provinsi yang berpusat di Solo, Jawa Tengah. Berangkat pukul 13.00 WIB, rombongan tiba di Solo pukul 21.15 WIB setelah menempuh jarak sekitar 230 km. Setibanya di Solo rombongan langsung mengikuti dialog perkoperasian yang diselenggerakan oleh panita penyelenggara. Hadir sebagai pembicara dalam dialog tersebut Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo, Perwakilan Kementrian Koperasi, dan Wali Kota Surakata.

Dialog berjalan menarik dan dihadiri oleh ratusan pengunjung yang merupakan pegiat koperasi dari puluhan kabupaten di Jawa Tengah. Dalam dialog ber-tema-kan "UMKM Berbasis Koperasi" tersebut, Gubernur berpesan supaya koperasi melek dengan perkembangan teknologi. Menurutnya koperasi harus berbenah supaya tidak ketinggalan dan terkesan jadul. “Koperasi harus dipilah-pilah, yang besar kita dorong, yang sedang kita bina, yang abal-abal kita tutup. Koperasi harus mengenal teknologi, terutama teknologi informasi supaya tidak jadul” urainya.


Selepas dialog perkoperasian rombongan DEKOPINDA Banyumas langsung menuju kantor BAKORWIL Solo untuk beristirahat. Keesokan harinya rombongan bergegas untuk mengikuti upacara hari koperasi di halaman balai kota Solo. Tercatat ribuan peserta yang berasal dari berbagai kabupaten khidmat mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur jawa Tengah tersebut. Dalam amanatnya, Bapak Ganjar membacakan sambutan dari Menteri Koperasi AAGN Puspayoga. Senada dengan Gubernur, menteri koperasi juga menyoroti banyaknya koperasi yang abal-abal. Dari 228 ribu koperasi terdaftar hanya 147 ribu koperasi yang dinilai baik. Oleh karenanya Menkop menyerukan adanya reformasi total koperasi. Terutama pada tata kelola dan pola pikir pelaku koperasi.

Selepas upacara dihelat, Gubernur Jateng juga memberikan penghargaan pada pihak-pihak yang dinilai berjasa dalam pengembangan koperasi di Jawa Tengah. Beberapa diantaranya adalah Wali kota Solo, Bupati Brebes, Dinas koperasi Cilacap, dan ketua Kospin Jasa Pekalongan. Setelah itu Gubernur langsung menuju pameran produk unggulan daerah yang digelar di Benteng Vastenburg. Tercatat sekitar 35 stand yang diisi oleh produk-produk unggulan di tiap-tiap daerah turut meramaikan perayaan Harkop ke 69 Jateng. Puluhan stand tersebut nampak ramai diserbu pengunjung yang ingin berburu oleh-oleh. Tak ketinggalan, Dinas Koperasi dan UMKM Banyumas juga turut meramaikan perayaan Harkop yang bertema “Koperasi Wujud Gotong Royong Menuju Jateng Gayeng" tersebut. Beberapa produk seperti batik dan makanan khas Banyumas tertata rapi meramaikan stand. [Faj.]

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment