WONOSOBO MENGGELAR DIKLAT PERKOPERASIAN

WONOSOBO MENGGELAR DIKLAT


Kantor Koperasi dan UMKM Wonosobo menggelar satu pelatihan “Akuntansi dasar dan Aplikasi Komputer Akuntansi”. Pelatihan in diikuti sekitar 40 (empat puluh) koperasi dari berbagai jenis koperasi. Disamping meningkatkan kapasitas SDM Koperasi khususnya di bidang keuangan dan akuntansi, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk mendorong modernisasi dalam hal peng-administrasian dan peng-akuntansi-an aktivitas layanan koperasi berbasis aplikasi komputer. Pelatihan ini di gelar selama 2 (dua) hari dengan memilih tempat RM Sari Rasa yang berlokasi di Jalan Bhayangkara, Wonosobo, tepatnya tanggal 20-21 Juli 2016.

Pelatihan ini menghadirkan nara sumber dari luar Kabupaten, yaitu Muhammad Arsad Dalimunte,SE, Ak yang kebetulan juga Ketua Dekopinda Banyumas  dan Herliana, SE yang kesehariannya juga menjabat sebagai Ketua Kopkun Purwokerto. Narasumber lainnya adalah designer sistem akuntansi komputer.

Menarik mendapati semangat dan antusiasme gerakan koperasi dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini terlihat dari ragam pertanyaan yang mereka kemukaan pada setiap session. Mereka disuguhkan bagaimana membaca neraca sebagai inspirasi menyusun strategi pengembangan. Narasumber juga mencoba menjelaskan perlunya Jati Diri Koperasi sebagai inspirasi dalam proses ekplorasi gagasan pengembangan organisasi dan usaha koperasi. Sementar itu, berkaitan dengan pemakaian komputer berbasis aplikasi , narasumber mengingatkan bahwa aplikasi yang dipakai harus memiliki nilai tambah bagi peningkatan produktivitas koperasi. Artinya, penggunaan teknologi harus mampu mendorong kecepatan pelayanan, kecepatan pengambilan keputusan dan juga meningkatkan perform layanan yang akan mendongkrak citra pelayanan dan menumbuhkan kepercayaan anggota. Untuk itu, kaitannya dengan pelibatan teknologi dalam pelayanan,  koperasi jangan cost oriented tetapi harus benefit oriented. Dengan demikian, koperasi akan bisa dikembangkan lebih visioner dan memperluas kemanfaatan yang bisa dinikmati oleh anggota koperasi.    


    
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment