DISKUSI “INTEGRATED FARMING” AKAN DI GELAR

DISKUSI “INTEGRATED FARMING” AKAN DI GELAR

Berangkat dari keinginan kuat untuk menguatkan pertanian, meningkatkan peluang   petani untuk lebih sejahtera, menguatkan KUD-KUD dan atau koperasi-koperasi berbasis pertanian, Bapak Anisur yang juga Dekan Fakultas Pertanian Unsoed mengajak Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Banyumas untuk meng-inisiasi satu kepedulian yang beorientasi pada perbaikan pertanian berikut nasib para petani serta sekaligus meningkatkan kualitas koperasi-koperasi  berbasis pertanian dalam arti luas.  Hal ini juga beliau kaitkan dengan persoalan kedaulatan pangan yang perlu di stimulan agar terbentuk akselerasi.  

Inisiasi dan ajakan ini disambut baik oleh Dekopinda Banyumas selaku lembaga aspirasi gerakan koperasi di lingkungan Kabupaten Banyumas. Dekopinda memandang hal ini sebagai sesuatu yang harus disegerakan sebab ini tentang persoalan masyarakat petani yang memerlukan solusi integratif.      Atas dasar itulah pertemuan kecil tadi malam pun tergelar. Hadir pada pertemuan itu Bapak Anisur; Bapak Agus yang kesehariannya sebagai dosen koperasi di Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto; Bapak Muhammad Arsad Dalimunte selaku ketua Dekopinda Banyumas dan; Mas Firdaus selaku Direktur Kopkun Institute. Urun rembug malam itu akhirnya men-sepakati untuk menggelar satu diskusi dengan judul Menjangkarkan Kedaulatan Pangan Melalui strategi “Integrated Farming” berbasis ”koperasi pemberdaya”.

Event ini akan dilaksanakan sekitar Medio Oktober 2016 dengan mengambil tempat di aula Kampus Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto. Event ini juga akan menjadi bagian dari agenda HUT Fakultas Pertanian Unsoed. Peserta diskusi direncanakan dihadiri berbagai kalangan, antara lain :  Akademisi dari berbagai Universitas di lingkungan Kabupaten Banyumas; pengurus, praktisi dan profesional koperasi anggota Dekopinda Banyumas khususnya  yang concern di bidang pangan; dinas terkait  pangan di lingkungan Kabupaten Banyumas; organisasi-organisasi pemberdayaan di bidang pangan; mahasiswa/i Fakultas Pertanian dan tidak ketinggalan segenap anggota WAG (Whatsapp Group) bentukan Kopkun Institute yang dangat concern dalam persoalan ekonomi kerakyatan.  Narasumber yang akan memberikan pencerahan direncanakan dari perwakilan Pemkab Banyumas, perwakilan para pejuang dan relawan yang concern pada integrated farming   dan perwakilan Bidang Koperasi Propinsi Jawa Tengah.


Diskusi “Integrated Farming” ini adalah sebentuk awalan dan selanjutnya akan diikuti dengan langkah-langkah konkrit berkelanjutan seperti pendampingan penguatan kelembagaan dan manajemen, transfer teknologi dan lain sebagainya. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment