KUNJUNGAN LAPANGAN ROMBONGAN STUDI BANDING PKPRI JAKARTA

KUNJUNGAN LAPANGAN ROMBONGAN STUDI BANDING PKPRI JAKARTA


A.  Menyambangi KPRI NEU RSU Banyumas

Aktivitas rombongan studi banding 52 KPRI se-DKI Jakarta yang terhimpu dalam Koperasi sekunder PKPRI  di pagi ini berawal dengan kunjungan ke KPRI "NEU" RSU Banyumas. Penerimaan rombongan dilakukan do s disalah satu unt usaha andalannya, sebuah supermarket bernama "Kulakan NEU" dan atau biasa disebut KN. 

Dalam presentasi singkatnya, Bapak Tulus selaku Ketua KPRI NEUKoperasi menyampaikan bahwa up-grade pola
pengelolaan KPRI NEU mulai tahun 2006 yang diawali dengan pengangkatan profesional yang concern pada pengelolaan operasional organisasi dan perusahaan koperasi.  Kehadiran para profesional di lingkungan NEU berhasil membentuk sinergitas dimana para pengurus fokus pada penyusunan dan pengambilan kebijakan dan manajemen/para profesional  fokus pada peng-intrepretasian kebijakan ke dataran operasional. Langkah ini efektivitas
menciptakan akselerasi pertumbuhan dan perkembangan NEU, baik secara organisasi maupun perusahaan. "Kami masih tahap belajar dan mungkin capaian saat ini masih jauh dari harapan ibu2 dan bapak2 segenap peserta studi. Banding"‎, demikian ungkap beliau dengan rendah hati di penutupan sambutannya.

Bapak Hasanuddin selaku Ketua Umum PKPRI Jakarta mengapresiasi capaian dan
karya KPRI "NEU" Banyumas. Kerendahan hati Sang ketua melipatgandakan apresiasi dan respect terhadap para segenap pejuang KPRI "NEU" Banyumas ini. Dikesempatan ini, Bapak Hasanuddin kembali mengulang petuahnya tadi malam saat peserta studi banding usai makan malam di Hotel Dominic bahwa koperasi tidak boleh cengeng apalagi tergantung pada fasilitas pemerintah. “Apa yang ditampilkan NEU dengan KN-nya menandaskan semangat kemandirian dalam berkarya”, tandas beliau.

Salah satu peserta studi banding  tidak bisa menutupi rasa kagumnya terhadap KN dan bahkan mendatangkan rasa iri dan sekaligus membangkitkan keinginan luar biasa membuat hal serupa. Sontak statemen ini diikuti tepuk tangan seluruh peserta seolah mewakili perasaan dan kekaguman peserta atas KN.  ‎Peserta lainnya juga mengapresiasi adanya jaminan "harga lebih murah" dari KN, sebab strategi ini merupakan jaminan kesejahteraan yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota. 
B. Mengunjungi KOPKUN
Kopkun 3  (outlet Kopkun yang ke-3) adalah obyek selanjutnya yang ditinjau berikutnya oleh peserta studi bandung PK-PRI Propinsi DKI Jakarta. Rombongan disambut langsung oleh Mas firdaus yang sehari-harinya‎ menjadi Manajer Organisasi Kopkun. Begitu turun dari kendaraan, peserta langsung menyebar, ada yang mendokumentasikan momen, ada yang bertanya seputar tata pengelolaan, ada yang mengamati segala sudut toko swalayan dan ada yang naik ke lantai II.
Pasca kunjungan lapangan di Kopkun 3, seluruh peserta pun melanjutkan perjalanan ke aula Disperindagkop Banyumas guna mengikuti pegelaran diskusi dan tukar fikiran

Sebenarnya, pada perencanaan awal, diskusi ini sedianya akan menghadirkan 2 (dua) nara sumber, yaitu dari delegasi KPRI "NEU" Banyumas dan delegasi Kopkun. Namun demikian, karena sebelumnya di NEU sudah digelar diskusi, maka diskusi di aula Disperindagkop Banyumas ini hanya dihadiri oleh Pengurus/manajemen Kopkun dan Ketua Dekopinda Banyumas yang memang sudah mengawal aktivitas studi banding ini sejak awal mula mereka hadir di Kota Mendoan. 


Diskusi berawal dari testimoni singkat perjalanan Kopkun sejak berdirinya sampai kondisi yang paling Up to Date.‎ Dalam presentasinya.  Pak herly selaku Ketua Kopkun menjelaskan bahwa penguatan kelembagaan melalui pendidikan adalah cara kopkun membangun fondasi organisasinya. Usaha atau ragam unit layanan merupakan sarana/media untuk memenuhi ragam kebutuhan anggota. Dalam Mimpi besarnya, Kopkun ingin menjadi koperasi konsumen terbesar di banyumas. Melihat capaian Kopkun yang sudah memiliki 3 (tiga) outlet di usianya yang ke-9, mimpi besar itu tampaknya akan benar-benar mewujud. Amin. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment