50 KOPERASI2 KOTA TEGAL MENYAMBANGI KSP MINO MARTANI

50 (LIMA PULUH) KOPERAS2 DARI KOTA TEGAL
MENYAMBANGI KSP MINO MARTANI SOKARAJA, KABUPATEN BANYUMAS

Hari ini, salah satu anggota Dekopinda Kabupaten Banyumas, KSP  Mino Martani, Sokaraja.  kedatangan tamu istimewa yaitu 50 (lima puluh) Koperasi yang beradal dari Kota Bahari, Tegal. Kedatangan mereka didampingi langsung oleh Pimpinan Dekopinda Kota Tegal, Bapak Sipon Junaedi . Rombongan tiba di lokasi  pada hari Kamis 13 Okt 2016 jam 10.30 Wib sd 12.00 Wib. Kedatangan rombongan ini dalam rangka melakukan “Studi Banding”.

90 (sembilan puluh) menit yang tersedia dimaksimalkan segenap peserta studi banding untuk melihat keberadaan KSP Mino Martani
secara fisikly dan sekaligus memperhatikan dan mengamati bagaimana koperasi ini melayani anggotanya atau menjalankan operasional kesehariannya.  Dalam sesi diskusi, para peserta studi banding terkagum-kagum dengan model pengembangan yang menggunakan “sistem unit” dimana pelayanan KSP Mino Martani tidak terkonsentrasi pada satu titik saja, tetapi juga pada beberapa titik pelayanan yang disebut dengan “unit”. Uniknya lagi, penyelenggaraan unit-unit ini di rumah-rumah anggota sehingga minimize cost dan nuansa kekeluargaannya begitu kental dan men-ciri. Strategi ini terbukti sangat efektif dan juga sangat inspiratif khususnya bagaimana KSP Minomartani ini berhasil membangun satu pola pengelolaan organisasi dan usaha koperasi yang memberdayakan. Ini sebuah capaian luar biasa dan sangat layak dijadikan referensi dalam mengembangkan sebuah KSP, khususnya yang berbasis masyarakat umum.  


Waktu yang terbatas membuat diskusi harus dicukupkan. Masih terlihat banyak wajah yang memendam tanya dan kepenasaran hebat tentang kunci sukses koperasi ini. Sepertinya, Pak Legiman dan kawan-kawan memahami suasana kebathinan sebagian peserta yang masih penasaran. Atas hal itu,  di Penghujung Pak Legiman menyampaikan apabila ada yang ingin lebih mendalami tentang pejuangan KSP Mino Martani dipersilahkan bertelepon atau datang lagi. Semangat kesetiakawanan dan kesamaan spirit juang sungguh melahirkan kerelaan dan keikhlasan untuk berbagi ilmu dan pengalaman.  Tidak lama berselang, para pengurus dan manajemen KSP Mino Martani melambaikan tangan saat bis yang membawa rombongan mulai meninggalkan KSP Mino Martani untuk melanjutkan perjalanan ke titik berikutnya, ke KUD Mino Saroyo Kabupaten Cilacap. 

Semoga studi banding ini mendatangkan inspirasi baru dan lompatan semangat bagi kedua belah pihak, baik tamu2 yang datang maupun yang didatangin. Amin...
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Proficiat buat p. Legiman beserta rekan2 kerjanya. Maju trs & sukses sll. Ilmu yg dibagikan akan mjd sesuatu yg amat berharga bgi yg membutuhkan.

    ReplyDelete
  2. Amin. Terimakasih Ibu Endang Suciati. semoga demikian

    ReplyDelete