MENYAMBANGI "SEMINAR NASIONAL KOPERASI" DI DEKOPINDA BANJARNEGARA

MENYAMBANGI SEMINAR NASIONAL KOPERASI
DI DEKOPINDA BANJARNEGARA

A.  Prosesi

(Banjarnegara, 29/10/2016) Hari ini 3 (tiga) orang Pimpinan Dekopinda Banyumas (Bapak M.Arsad D,  Bapak Legowo, Bapak Danan) beserta Staff Dekopinda Mas Showabi  menyambangi Dekopinda Banjarnegara. Disamping mengikuti seminar nasional “Koperasi Sebagai Sokoguru Ekonomi”,  juga menyaksikan Deklarasi Pemuda Koperasi dan lauching Yayasan Peduli Pendidikan Korban Bencana (YPPKB). Tidak sampai disitu, agenda kali
ini sekaligus  menghadiri road show peningkatan SDM  dari Dekopinwil.  Seminar nasional ini tergolong istimewa dimana yang hadir tidak saja insan koperasi di Kabupaten Banjarnegara, tetapi juga dihadiri oleh Bapak Warsono Pimpinan Dekopinwil Jawa Tengah, Ketua Puskud Jawa Tengah, Sekjen Dekopin dan Ketua Harian Dekopin Pusat, Bapak Agung Sujatmoko.

Dalam sambutannya, Ketua Dekopinda Banjarnegara yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua, menyampaikan bahwa pegelaran serangkaian kegiatan ini juga merupakan puncak perayaat HUT Koperasi yang ke-69.  Berguru ke Wonogiri (9-10 September 2016) adalah bagian dari agenda yang dilaksanakan. Kunjungan ini pun berlanjut dengan sarasehan di Kab. Banjarnegara yang dihadiri oleh 100-an pegiat koperasi pada tanggal 28 Oktober 2017. Pendidikan dan Pelatihan Pemuda Koperasi juga digelar di HUT Ke-69 ini tepatnya tanggal 19 Oktober 2016. Sebagai tindak lanjut Diklat ini, di seminar ini pun diadakan deklarasi Pemuda Koperasi, sebagai sebuah awalan segenap pemuda untuk bergerak dan berjuang untuk koperasi. Lomba mewarnai anak PAUD juga mendapat sambutan luar biasa dimana 3000 peserta menjadi peserta. Kegiatan ini merupakan upaya dini untuk memperkenalkan dan menanamkan  koperasi.  Dipenghujung, beliau juga menyampaikan betapa penting Jati Diri Koperasi dijadikan sebagai referensi dalam menumbuhkembangkan koperasi. Jika tidak, koperasi yang akan mewujud adalah koperasi abal-abal.  Seminar ini dihadiri 600-an orang yang berasal dari insan gerakan koperasi, pelajar, mahasiswa, ormas pemuda

Sementara itu, mewakili Plt Bupati Banjarnegara, Kepala Dinas Koperasi & UMKM Kab.Banjarnegara, menyapaikan sambutan baik dan apresiaisnya terhadap agenda yang tergelar hari ini. Pemilihan tema “Koperasi Menjadi Sokoguru Negeri” diharpkan akan memasyarakatkan koperasi dan meng-koperasikan masyarakat. Untuk mewujudkan itu pasti tidka mudah, sehingga memerlukan perjuangan dan pengormbanan serta komitemen dari segenap insan koperasi di Kabupaten Banjarnegara. Apalagi, mereferensi pada UUD 45, koperasi merupakan bentuk usaha yang paling sesuai dan memang wajib diperjuangkan. Beliau juga mengajak insan koperasi Banjarnegara untuk mereposisi mindset sehingga koperasi lebih mandiri dan bermartabat. Disamping itu, beliau mengajak untuk melakukan mapping peluang dan masalah yang dilanjutkan dengan pencarian solusi komprehensif. Azas musyawarah dan mufakat harus dikedepankan sebagaimana telah menjadi ciri khas koperasi. Bupati juga sangat mengapresiasi pelibatan anak muda dalam mendorong tumbuhkembangnya koperasi. Hal ini menjadi satu terobosan yang diharapkan bisa membentuk akselerasi pertumbuhan dan perkembangan koperasi.

B.Deklarasi Pemuda Koperasi Banjarnegara
Deklarasi Pemuda Koperasi menjadi warna tersendiri  dan mendatangkan aura semangat juang kaum muda. Dalam sambutan ketua pemuda koperasi Banjarnegara  menyatakan bahwa keterbentukan pemuda didasarkan atas semangat dan realitas koperasi yang masih jauh dari ideal. Banyak koperasi yang terkooptasi oleh kepentingan individu dan melupakan kepentingan dan kesejahteraan bersama. Mereka hasir bukan untuk mempersalahkan atau mencari kekurangan, tetapi bersama-sama segenap insan koperasi untuk berjuang bersama memajukan dan menciptakan koperasi yang mandiri, keren dan berperan sebagai sokoguru ekonomi negeri. Untuk itu, mereka berikrar megimplementasikan budaya koperasi dalam kehidupan sehari-hari. Mereka siap menjadi pelopor penggerak koperasi dengan mengambil peran strategis mewujudkan koperasi sebagai sokoguru negeri. Dipenghujung, mereka menyatakan berdirinya forum pemuda koperasi. Dipenghujung launching diberikan bantuan kepada 10 (sepuluh) orang  korban bencana.

C.Launching YPPKB (Yayasan Peduli Pendidikan Korban Bencana)
Dalam session launching Yayasan Peduli Pendidikan Korban Bencana disampaikan bahwa
YPPKB ini dimasudkan untuk memberikan bantuan pendidikan anak bencana alam. Bantuan rehabilitasi anak korban tindakan kekerasan. Yayasan ini diketuai oleh Bapak Syamsudin, MPd yang tak lain juga adalah ketua Dekopinda Kabupaten Banjarnegara. Pada kesempatan kali ini, juga diberikan bantuan kepada 10 (sepuluh) orang siswa korban bencana alam. Hal ini sebagai wujud kepedulian yang nyata dan sekaligus menyemangati mereka. 

D. Sesi Seminar
D.1. Sesi Ketua Harian Dekopin, Bapak Agung Sujatmoko
Reformasi Koperasi Adalah Wujud Ekonomi Gotong Royong”, adalah tema yang diangkat oleh Mas Agung Sudjatmoko, Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia. Narasumber satu ini sangat apresiasi terhadap kehadiran generasi muda dalam seminar ini. Beliau berharap deklarasi forum pemuda koperasi tidak saja terbatas pada ceremony, tetapi ditindaklanjuti dengan aksi-aksi fenomenal. Beliau berpesan kepada siswa agar menghidupkan koperasi siswa dan memanfaatkannya sebagai laboratorium. Kepada Mahasiswa. Beliau berpesan untuk mengembangkan koperasi mahasiswa. Beliau menyemangati bahwa koperasi itu keren. Beliau juga berpesan agar  koperasi melek teknologi sehingga tidak ketinggalan dan tetap eksis.

Dalam presentasinya, Mas Agung menyampaikan peran dan fungsi koperasi. Koperasi  sebagai gerakan ekonomi maka koperasi merupakan kumpulan orang-orang yang berusaha bersama karena mempunyai perasaan dan kepentingan yang sama. Koperasi sebagai kumpulan orang berarti dapat dikatakan koperasi adalah organisasi kemasyarakatan, organisasi berjam’ah, atau organisasi gotong royong. Sebagai perusahaan koperasi maka bisnis yang harus dikelola secara benar seseuai dengan jati dirinya. Sebagai perusahan koperasi harus dikelola dengan baik, bener, modern dan profesional. Koperasi harus dikelola modern sehingga lebih berpeluang mensejahterakan anggotanya. Koperasi harus membangun kemandirian (self help). Koperasi adalah konsolidasi sosial dan ekonomi yang berujung kesejahteraan. Dalam operasionalisasinya, koperasi harus bisa mencapai 5 (lima) sehat, yaitu:
1.      Sehat anggota: Jumlah anggota, partisipasi anggota, keaktifan anggota, produktivitas anggota
2.      Sehat organisasi: Tata kelola organisasi, RAT, lingkup kerjasama dan penerapan Jatidiri dalam pengelolaan organisasi koperasi.
3.      Sehat usaha : volume usaha, jumlah unit usaha, lingkup usaha, kerjasama bisnis, pengelolaan berbasis IT
4.      Sehat modal : struktur permodalan, asset koperasi, rasio keuangan koperasi

5.      Sehat manajemen : tata manajemen, kompetensi pengelola, sistem kompensasi, penerapan SOP dan kaidah-kaidah tata manajemen yang modern dan profesional. 


D.2. Sesi Ketua Dekopinwil Jawa Tengah, Bapak Warsono
Jati Diri, Peran Fungsi & Tugas Dekopin”, menjadi tema Ketua Dekopinwil Jawa Tengah, Pak Warsono. Beliau concern menilik tentang perlunya peningkatan kualitas SDM koperasi. Beliau sangat apresiasi adanya ikrar Pemuda Koperasi Kab. Banjarnegara. Kehadiran kaum muda ini memberi harapan baru tentang masa depan koperasi di kabupaten ini. Beliau juga menyarankan generasi muda untuk mengembangkan komunikasi sehingga memiliki jejaring yang luas.  Beliau menjelaskan bahwa “Dekopin adalah organisasi yang berfungsi sebagai wadah untuk memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi koperasi”. Organisasi ini berasaskan pancasila dan tata kerjasanya diatur dalam AD/ART.  Koperasi harus faham nilai-nilai perjuangan koperasi. Disamping itu, koperasi harus mengembangkan SDM sehingga memiliki kompetensi dalam mengelola koperasi. Disamping itu, mendorong kerjasama antar koperasi perlu digalakkan sehingga mengakselerasi pertumbuhan dan perkembangan koperasi.     
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Koperasi Siswa semoga kedepannya lebih sering diadakan seminar seminar koperasi agar bermanfaat

    ReplyDelete