GRAND OPENING “TEGAS MART” SEMAKIN MENGGELIATKAN GERAKAN KOPERASI DI BANYUMAS

GRAND OPENING “TEGAS MART” 
SEMAKIN MENGGELIATKAN GERAKAN KOPERASI DI BANYUMAS

Kecamatan Sumbang, Banyumas, 19 Nop 2016.  Hari ini, Pimpinan Dekopinda Banyumas menghadiri undangan KPRI TegasSumbang dalam rangka Grand Opening Toko Swalayan. Dibarisan undangan juga terlihat ada Camat sumbang, Ketua KPRI Tegas beserta Forum komunikasi pimpinan se Kecamatan Sumbang, Kepala Desa, Kadisperindagkop Kab. Banyumas, pengurus dan pengawas KPRI Tegas dan Perwakilan anggota KPRI Tegas itu sendiri. Juga hadir dari gerakan koperasi lain seperti Pak Sarwono (GM
KPRI NEU Banyumas), Pak Heliana (Ketua Kopkun), Mas Angjar (Ketua Pengawas Kopkun), Bapak H. Kuswandi (Ketua Sumber Makmur)  dan Bapak Fathuri (PK-PRI Kab. Banyumas).

Dalam sambutannya, Ketua KPRI Tegas menyampaikan rasa bahagianya atas terselenggaranya Grand Opening toko yang diberi nama Tegas Mart. Grand Opening juga diramaikan dengan ”Jalan Sehat”. Agenda jalan sehat ini merupakan kerjasama antara KPRI Tegas  dengan PGRI. Selanjutnya,
beliau menjelaskan bahwa   sebenarnya toko ini sudah lahir setahun lalu, hanya saja karena keterbatasan waktu para pengurus dan pengawas yang  harus concern dengan pekerjaan utamanya menjadikan toko ini kurang berkembang.” Alhamdulillah, setelah KPRI Tegas menggandeng Kopkun institute, toko ini kemudian menjadi swalayan lebih modern dan lebih siap dalam melayani anggota dan juga masyarakat umum”, tegas beliau.

Bapak M.Arsad Dalimunte yang hadir
sebagai Ketua Dekopinda Kabuaten Banyumas menyampaikan apresiasinya terhadap tergelarnya acara Grand Ppening Tegas Mart  ini.  Ada 2 (dua) catatan penting dari berdirinya Tegas Mart ini, yaitu : (i) Profesionalisme manajemen. Adanya kesadaran tentang keterbatasan waktu dan kemudian menggandeng manajemen profesional merupakan langkah maju yang membuat koperasi ini menjadi lebih berkembang.  Pegelaran Grand Opening kali juga mengingatkan tentang satu hypotesin yang menekankan perlunya kombinasi
lintas generasi antara yang muda dan tua. Apa yang tergelar di KPRI Tegas hari ini semakin menguatkan bahwa hypotesis tersebut kembali benar setlah diaplikasikan dibeberapa gerakan koperasi di wilayah Banyumas. (ii)   adanya upaya KPRI beranggotakan para guru SMP PGRI Sumbang ini adalah  menggaet keaktifan orang tua/walimurid dalam menumbuhkembangkan Tegas Mart ini. Hal ini  tidak saja akan memperluas market space, tetapi juga bagian dari campaign tentang makna nilai-nilai kebersamaan
dalam koperasi. Dipenghujung, Bapak M.Arsad Dalimunte mengingatkan perlunya ketegas roh pengelolaan dari Tegas Mart ini apakah berorientasi pada pertumbuhan SHU ataukah pertumbuhan manfaat (benefit oriented) yang terkemas dalam perlakuan harga khusus bagi anggota. Hal ini perlu dilakukan agar dikemudian hari tidak terjadi ekspektasi anggota yang tidak sejalan dengan roh pengelolaanya, yaitu berharap harga murah dan SHU yang tinggi. 
Sementara itu, kadisperindagkop banyumas, Bapak Yunianto, menyampaikan "selamat atas pegelaran grand opening" ini dan berharap akan lebih mensejahterakan. Beliau menyampaikan bahwa KPRI Tegas  merupakan salah satu koperasi yang sehat.  Beliau berharap kehadiran Tegas Mart ini akan bisa lebih men-sejahterakan anggotanya dan juga berdampak positif bagi dinamika usaha di lingkungannya, khususnya di wilayah Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

Akhirnya, Pak Camat didampingi oleh Kadisperindagkop, Ketua Dekopinda, Ketua KPRI Tegas  melakukan pengguntingan pita menandai mulai beroperasionalnya Tegas Mart ini.


Selamat dan Sukses  atas Grand Opening “Tegas Mart”, semoga menjadi inspirasi bagi gerakan koperasi lainnya untuk terus mengembangkan karya. Amin.  


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment