KETIKA RAP KPRI KOGAT MENYEPAKATI “TABUNGAN AKHIRAT”

KETIKA RAP KPRI KOGAT, KECAMATAN CILONGOK MENYEPAKATI “TABUNGAN AKHIRAT”

Cilongok, Minggu, 27 November 2016, Hari ini Pimpinan Dekopinda Banyumas menghadiri acara  RAP (Rapat Anggota Perencanaan) yang di gelar oleh KPRI KOGAT. Agenda ini merupakan tahapan penetapan rencana KOGAT untuk tahun buku 2017. RAP ini dihadiri oleh pengurus, pengawas dan perwakilan anggota.

Koperasi ini beranggotakan para guru SD se-Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Koperasi yang dipimpin oleh Bapak Untung ini memiliki perjalanan yang begitu inspiratif. Mereka berhasil membangun komitmen anggotanya untuk



mengembangkan budaya menabung dikalangan anggotanya hingga mengalami surplus alias idle cash. Mereka berhasil membangun komunikasi produktif diantara anggotanya sehingga berhasil membangun gerakan kesadaran menabung. Artinya, anggotanya menjadi lebih bijak dalam menggunakan pendapatannya sehingga   

Setelah melalui proses musyawarah yang begitu demokratis,  ragam kesepakatan pun dihasilkan, mulai hal-hal yang berhubungan dengan tabungan, pinjaman dan juga layakan toko.  Dari berbagai kesepakatan yang sudah diambil, ada beberapa  keputusan yang keren dari RAP ini, yaitu; (i) terbentuknya komitmen anggota bernuansa vertikal berupa tabungan akhirat dalam wujud bangunan.  Peng-istilahan tabungan akhirat ini sebagai simbol spirit kolektivitas karena bangunan tersebut akan bermanfaat jangka panjang dan bahkan mungkin melebihi usia dari anggota itu sendiri. Untuk mewujudkan rencana besar itu, anggota pun besepakat  menabung selama 2 (dua) tahun ke depan.  dan; (ii) Kesepakatan peningkatan biaya santunan sakit dari Rp 250.000,oo menjadi Rp 500.000,oo. Terlepas sudah adanya asuransi yang melekat bersama status kepegawaian anggota ditempat kerjanya masing-masing,  kesepakatan ini menunjukkan tingginya kesetiakawanan diantara anggota, walau tidak satupun mereka ingin sakit hanya untuk sekedar mendapatkan fasilitas itu. 2 (dua) kesepakatan ini merupakan indikator bagaimana kekerabatan hubungan emosional, sosial dan kepedulian yang terbangun diantara para seluruh unsur organisasi.   


Keputusan pegelaran Pendidikan dan Pelatihan IT terhadap anggota juga menjadi bagian dari upaya jangka panjang re-generasi kepengurusan. Disamping para pengurus saat ini sudah tergolong hampir purna tugas, upaya mengkonsep peremajaan pengurus dianggap penting demi keberlanjutan masa depan organisasi.  
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment