Menggagas Pengembangan Gula Kelapa Di Banyumas

Menggagas Pengembangan Gula Kelapa Di Banyumas

(Purwokerto, 02 Nop 2016) Menindaklanjuti pertemuan di Bappeda Kab Banyumas pada Bulan April 2016 lalu yang membahas tentang pengembangan gula kelapa, hari ini di gelar satu rapat guna penyusunan konsep pengembangan gula kelapa. Dalam rancangannya, akan dibentuk koperasi ber-anggotakan para pengrajin gula kelapa di Wilayah Banyumas. Sebagai awalan, fokus pertama adalah mendorong efektivitas produksi gula kelapa dan sesudah seatle akan ditingkatkan menjadi gula semut/kristal sehingga terbentuk nilai tambah yang men-sejahterakan.

Rapat ini tergelar di Gedung PLUT UMKM,  hadir dalam acara ini, para pejabat Disperindagkop Kabupaten Banyumas (cq. Pak Budi, Bu Yeti, Pak Kuswandi dan Mas Toro),  Pimpinan Dekopinda Kabupaten Banyumas (M.Arsad Dalimunte), Staff Beppeda Kabupaten Banyumas dan Direktur Kopkun Institute (Mas Firdaus dan Mas Herly). 

Dalam penjelasan awalnya, Mas Firdaus menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari pemerintah Kabupaten Banyumas atas respon berpihaknya terhadap apa yang diperjuangkan oleh Kopkun Institute, khususnya dalam hal pendampingan gula kelapa yang sudah di rintis beberapa tahun terakhir ini di Desa Ketanda, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas. Kesesuaian tema perjuangan dan semangat pemberdayaan  antara Kopkun Institute dan Pemkab Banyumas tentang gula kelapa  dan nasib para penderesnya telah menjadi muasal sinergitas diantara dua institusi ini.


Pada tanggal 10 Nopember 2016 nanti akan di gelar pertemuan yang akan menghadirkan 12 (dua belas) camat di lingkungan Kabupaten Banyumas. Lewat pertemuan ini, akan dilakukan identifikasi potensi gula kelapa yang mungkin di mobilisasi sehingga melahirkan perbaikan kualitas produk yang berujung dengan perbaikan nasib petani. Juga akan dijajaki kemungkinan untuk meng-koperasikan para pengrajin gula kelapa sehingga tercipta “nilai tambah” yang akan lebih men-sejahterakan segenap pengrajin dan juga per-gula kelapa-an yang merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Banyumas. Gambaran terknisnya,, nanti akan didirikan satu koperasi yang menaungi per-gula-an di iwlayah banyumas. 

Dengan terpersatukannya potensi-potensi yang saat ini tersebar dan berjuang sendiri-sendiri, maka di harapkan gula kelapa di wilayah Banyumas akan semakin berjaya dan memberikan nilai tambah bagi stake holder.  
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment