KOPERASI-KOPERASI BANYUMAS MENGGAGAS SUPERMARKET BERBASIS KERJASAMA

KOPERASI-KOPERASI BANYUMAS MENGGAGAS SUPERMARKET BERBASIS KERJASAMA  
  
Hari ini, Jum’at 30 Desember 2016, PKP-RI Kabupaten Banyumas menggelar rapat koordinasi dengan mengundang 18 (delapan) Koperasi yang sebagian besar anggota PKP-RI dan beberapa koperasi lainnya.   

Pak Kuswandi, Bendahara PKPRI Kab Banyumas, dalam prolognya menyampaikan bahwa peluang pengambilalihan asset berupa gedung Kopti ini Berawal dari meghadiri RAT Koperasi Tahu Tempe Indoneisa (Kopti) yang menghasilkan salah satu keputusan untuk menjual salah satu assetnya berupa gedung yang berlokasi di Dukuwaluh dengan luas lebih kurang 1500m2.  Atas peluang tersebut, Pengurus PK-PRI mencoba mengajak urun rembug beberapa anggota PKP-RI Kabupaten Banyumas untuk menangkap ini
sebagai peluang membangun kemitraan antar koperasi.

Dalam sambutannya, Pak Andik selaku ketua II PK-PRI Kab Banyumas  menyampaikan bahwa kalau memang Kopti jadi menjual, maka PKP-RI mengajak  anggota-anggota  PK-PRI dan beberapa koperasi yang diundang untuk menjajagi kerjasama untuk membeli asset tersebut dengan sistem gotong royong (bersama-sama). Dalam rancangannya, apabila pengambilalihan asset ini berhasil dilakukan akan dimanfatkan untuk membangun supermarket dengan nama “Coop Square” . Satu hal yang menjadi catatan menarik, sari sisi permodalan untuk pengambil alihan ini, Bank Jateng Purwokerto siap mem-back up rencana besar ini lewat fasilitas kreditnya.  

Sementara itu, pimpinan Dekopinda Kabupaten Banyumas, Muhammad Arsad Dalimunte, menyampaikan sambutan baiknya atas gagasan PKP-RI mengagagas kerjasama antar koperasi di lingkungan Kabupaten Banyumas. Ini merupaan momentum strategis membangun kemitraan antar koperasi. Disamping itu, beliau memberi beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian, antara lain :
  1. Adanya defenisi yang jelas tentang spirit dasar rencana program besar ini sehingga menjadi dasar setiap koperasi primer yang diundang untuk menyuarakan program ini di lingkungan anggotanya masing-masing. Dalam bahasa teknis,  Perlu ditegaskan apakah posisi usaha ini merupakan usaha inti (berhubungan langsung dengan anggota) bagi koperasi ataukah penunjang (tidak berhubungan langsung dengan anggota). Andai usaha ini berposisi sebagai  usaha inti tetapi juga melayani non-anggota, maka perlu ada special treatment bagi setiap transaksi anggota koperasi.  
  2. Roh pengelolaan. Perlu ada ketegasan tentang roh pengelolaan supermarket ini apakah genuine ccops atau hybrid coop. Hal ini perlu pertegasan untuk merasionalkan ekspektasi atas  usaha ini.
  3. Peta persaingan. Fakta lapangan menunjukkan bahwa lokasi gedung Kopti sangat strategis untuk sebuah usaha. Namun demikian, catatan lainnya adalah persaingan disektor bisnis retail (supermarket) cukup tinggi dimana beberapa toko modern sudah berdiri lebih dulu. Untuk itu, “nilai beda” menjadi satu keharusan agar bisa survive dan berkembang.
  4. Perlu difikrkan dampak sosial dari kelahiran supermarket ini, seperti bagaimana nasib dari para pedagang kecil di sekitar dan lain sebagainya.
  

Ini sebuah projcet penuh prestige yang sangat diharapkan bisa segera mewujud. Bila hal ini mewujud, ini bukan saja akan menjadi satu bukti nyata soliditas koperasi-koperasi di lingkungan Banyumas, tetapi merupakan satu karya spektakuler yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat banyumas yang terhimpun dalam koperasi. Disisi lain, ini akan menjadi karya monumental di kota kelahiran koperasi di negeri ini. Amin. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA PAK ALERSKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH


    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)


    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-9177-2208
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak

    ReplyDelete