KUNJUNGAN GERAKAN KOPERASI TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR

KUNJUNGAN GERAKAN KOPERASI TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR


Hari ini, Pimpinan Dekopinda Banyumas ikut menyambut kehadiran lebih kurang 30 (tiga puluh) orang tamu dari Kabupaten Tulungagung, Propinsi Jawa Timur. Mereka adalah beberapa pejabat Dinas Koperasi Kabupaten Tulungagung, Akrindo (Assosiasi Koperasi Retail Indonesia) Jawa Timur dan 20 (dua puluh) orang pengurus-pengurus koperasi di lingkungan Kabupaten Tulungagung. Kehadiran mereka di kota mendoan ini dalam rangak “studi lapang” seputar praktek berkoperasi di wilayah Banyumas. Untuk tujuan itu, selaku induk gerakan koperasi, Dekopinda Banyumas memilih 2 (dua) koperasi yang dijadikan tempat kunjungan, yaitu KPRI SEHAT RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo dan Koperasi Konsumen Kopkun. Pemilihan kedua koperasi ini didasarkan pada kebutuhan dari peserta yang saat ini sedang mencoba belajar mengembangkan usaha retail koperasi. 


Disamping silaturrahmi, kami beserta rombongan ingin menggali informasi mendalam  tentang KPRI SEHAT RSMS sehingga termotivasi mengembangkan koperasi di lingkungan Kabupaten Tulung Agung”, demikian disampaikan oleh salah satu pejabat Dinas Koperasi Tulung Agung yang bertindak sebagai pimpinan rombongan. Semetara itu, dalam sambutannya Pak Nanang mewakili Akrindo menyampaikan harapan adanya sisi positif dan lompatan semangat berkoperasi di lingkungan Kabupaten Tulung Agung. Beliau juga berharap koperasi tidak hanya bergerak di sektor keuangan saja, tetapi mulai melangkah ke sektir riil yang dimulai dari bisnis retail. Dengan adanya retail, maka diharapkan menjadi pintu masuk bagi produk-produk UKM. 

Titik kunjungan pertama adalah KPRI SEHAT RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Rombongan diterima di ruang diklat dan organisasi yang beralamat di lingkungan perumahan GSA (Griya Shifa Alamanda), Desa Sokaraja Kulon, Sokaraja. Disini di gelar dialog seputra koperasi mulai dari profile siSehat sampai dengan pilosofi perjuangan koperasi. Diskusi kali ini tidak bicara seputar angka tetapi lebih pada spirit yang merupakan muasal kelahiran sebuah koperasi. Diskusi berlangsung gayeng dan antusiasme peserta begitu tinggi. Ragam pertanyaanpun  mengemuka dan beberapa kali peserta mendapat jawaban mengejutkan yang mungkin belum pernah terbenak sama sekali. Usai diskusi, rombongan pun melakukan field trip ke unit-unit usaha siSehat. Kali ini yang menjadi obyek adalah Unit Toko, Unit Parkir dan Unit Simpan Pinjam. Disini mereka dipandu langsung oleh masing-masing manager unit siSehat.

Usai menilik unit-unit layanan siSehat,
rombongan pun melanjutkan perjalanan ke titik kunjungan ke-2 (dua), yaitu Koperasi Konsumen Kopkun. Rombongan diterima langsung oleh Mas Herli ketua Kopkun dan Mas Firdaus selaku manager organisasi Kopkun di salah satu unit usahanya yang beralamat di Desa Teluk, yaitu Kopkun 3. Disini mereka pun diajak diskusi dan salin tukar informasi. Mereka juga disuguhkan dengan prototype pengembangan Kopkun dan visi Kopkun yang ingin menjadi koperasi konsumen terbesar di Banyumas.  Usai diskusi, peserta rombongan melihat bagaimana salah satu unit toko Kopkun ini  beroperasional.

Setelah usai mengunjungi 2 (dua) koperasi ini, rombongan pun melanjutkan perjalanannya menuju obyek wisata paling terkenan di Kabupaten Banyumas, yaitu Baturraden. Mereka juga berencana mampir di sekitar GOR (Gedung Olah Raga) Satria untuk melakukan wisata kuliner. Sebelum meninggalkan purwokerto, mereka mampir di pusat jajanan Khas Banyumas. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment