Lebih Terang Tentang BUMR (Badan Usaha Milik Rakyat)

TINDAK LANJUT PROGRAM PETANI BERGAJI

A.  Lebih Terang Tentang BUMR
Pasca kunjungan Mentri Koperasi dan UMKM RI beberapa waktu lalu ke Kabupaten Banyumas dengan 2 (dua) titik kunjungan yaitu KBUMP (KOperasi Bina Usaha Mandiri Profesional) dan KUD Aris, Hari  Kamis, 05 Januari 2017 digelar  rapat lanjutan di Ruang Rapat Wakil Bupati Banyumas. Dari unsur Pemkab Banyumas hadir antara lain Bapak Yunianto (Kadiserindag), Bapak Wisnu (Kadis Tenagakerja, koperasi dan UKM) dan lain sebagainya. Dari gerakan koperasi ada Dekopinda Kabupaten Banyumas dan beberapa gerakan koperasi antara lain Kopkun, Kopkun Institue, KUD Aris, KUD Pekuncen, KUD Rukun Tani Cilongok, KUD Tani
Maju, KBUMP dan lain sebagainya. Sementara itu, dari Pihak Universitas ada Prof.Toto Agung yang dikenal sebagai dosen penemu padi varietas baru yang di beri nama infago.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati, dr.Budhi Setiawan. Dalam sambutan dan arahanya, beliau menyatakan bahwa Pemkab Kabupaten Banyumas mendukung penuh program ini dan berharap segera dioperasionalkan sehingga menjadi harapan baru bagi perbaikan nasib petani dan juga peningkatan kualitas pertanian di lingkungan Kabupaten Banyumas. 

Dalam mengawali presentasinya, Bapak Luwarso selalu penggagas program ini menegaskan bahwa pertemuan kali ini merupakan tindaklanjut dari penetapan Banyumas sebagai salah satu pilot project BUMR (Badan Usaha Milik Rakyat) di Indonesia.  65 (enam puluh lima)  titik cluster menjadi target yang akan dicapai pada tahun 2018.

Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa Program pemerintah bertajuk BUMR ini merupakan program meng-corporatisasikan koperasi dan UMKM menjadi satu system bisnis yang managable, transparan, berskala dan
terhubung. Secara kelembagaan, BUMR akan  berbentuk PT (Perseroan Terbatas) yang saham mayoritasnya dimiliki oleh koperasi-koperasi. Artinya, koperasi yang memiliki perseroan dan bukan perseroan yang memiliki koperasi.  Dalam rancang besarnya, PT BUMR itu akan berdiri di masing-masing daerah secara otonom dan terhubung antar satu BUMR dengan BUMR daerah lainnya melalui aplikasi teknologi yang sudah terdesign sedemikan rupa.  “Cyber economi” adalah ciri dari pengelolaan PT BUMR ini.

Sementara itu, dalam aspek pembiayaan program ini akan di support dari dana non-APBN  dan sampai saat ini sedang diupayakan berbentuk pinjaman tanpa bunga. Program ini menggunakan 2 (dua) skala, yaitu skala prototype (skala 1000ha) dan skala cluster (skala 5000ha). Dalam konteks ideal, satu cluster terdiri dari 5 (lima) KUD dengan anggota rata-rata 1000 orang.  Untuk efektivitas pengelolaannya, diupayakan dengan sistem blok yang memiliki pola tanam berbeda sehingga aktivitas produksi beras tidak pernah berhenti sepanjang tahun. Asuransi kegagalan panen meruapkan salah satu keunggulan program ini, sehingga petani terlepas dari resiko pengembalian. 

Program ini akan diberikan supporting financial bersifat hutang/pinjaman guna mendukung seluruh siklus mulai fase tanam sampai fase panen. Sebagai gambaran,  dalam prototype  skala prototype  direncanakan akan diberikan supporting financial sejumlah lebih kurang Rp 38 M dan dalam skala cluster akan diberikan supporting financial sejumlah lebih kurang Rp 205M. Namun demikian, angka tersebut baru estimasi dan pastinya akan merujuk pada studi kelayakan yang disusun oleh manajemen BUMR masing-masing daerah.

Satu hal yang menjadi catatan penting dan menjadi daya tarik tersendiri dalam program ini adalah digajinya para petani setiap bulannya. Dalam model bisnisnya,  gaji yang akan diberikan kepada petani setiap bulannya akan dihitung menjadi bagian dari total biaya produksi. Disamping bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan, hal ini juga dimaksudkan agar memastikan bahwa persoalan kebutuhan dasar para petani terpenuhi dengan baik. Disisi lain, pemberian gaji bulanan ini juga menghindarkan petani untuk meng-ijon kan sawahnya kepada para tengkulak. 

Pengadaan warung pangan adalah sarana pendukung program yang bersifat satu kesatuan dengan program induknya. Dalam operasionalnya, warung pangan akan menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari para petani. Warung pangan ini akan mendapatkan harga prinsiple sehingga harganya lebih terjangkau.

Indikator keberhasilan program ini adalah apabila mewujudnya peningkatan kesejahteraan dan  bisa menekan Gini Ratio. Pengelolaan BUMR ini berazas bisnis dan profesionalisme. Untuk itu diperlukan orang-orang yang memiliki kapasitas dan integritas untuk mengelola program ini.

B.  Beberapa Apresiasi dan Konfirmasi
1.      Prof. Toto Agung dari Unsoed Purwokerto menyampaikan bahwa salah satu kelemahan petani adalah penggunaan metode tanam bareng dan panen bareng. Hal ini mengakibatkan harga menjadi murah.  Beliau menilai, semangat BUMR adalah ingin merubah pola tanam menjadi tidak seragam (ter-manage dengan baik). Hal ini dimaksudkan agar gabah selalu tersedia sehingga produksi tidak pernah berhenti.  Namun, tantangannya adalah  persoalan hama yang pasti muncul  dengan perubahan pola tanam ini. Satu lagi yang menjadi catatan beliau dari program ini adalah kepastian serapan pasar dimana BUMR akan bermitra dengan Pertamina  yang memiliki outlet-outlet yang menempel di setiap pom bensin.  Dipenghujung, Prof. Toto Agung  menandaskan bahwa bahwa ketertarikan beliau untuk menghadiri pertemuan ini adalah kentalnya semangat pemberdayaan masyarakat dalam program ini menjadi harapan baru bagi nasib para petani. Disamping itu, karena Unsoed memiliki padi varietas unggulan infago hal ini menjadi peluang  percepatan penyebaran sehingga bisa dikonsumsi masyarakat luas.  
2.      Kadis tenaga kerja, UKM dan koperasi, Bapak Wisnu, menyampaikan bahwa secara prinsip Kabupaten Banyumas siap dengan lahan pertanian seluas 32.000 ha.. Hanya saja,  saat ini Kabupaten Banyumas juga sedang concern dalam penyiapan musim tanam bersama sehingga model yang direncanakan oleh BUMR  berpotensi bertabrakan dengan program yang saat ini sedang dijalankan. Untuk itu, perlu dilakukan langkah-langkah sinkronisasi.   
3.      Pak Herly, Ketua kopkun yang juga sekretaris Dekopinda Banyumas, menyampaikan bahwa kualitas padi saat ini baru bisa menghasilkan beras skala premium. Aspek kelembagaan merupakan satu hal yang dikonfirmasi oleh Pak Herly kepada narasumber.
4.      Ketua KUD Rukun Tani yang juga pengurus Dekopinda, Pak Danan menyampaikan apresiasinya dengan program ini. Penyamaan persepsi atas program ini perlu dilakukan agar tidak terjadi tabrakan program.  


C. Penutup
Setelah melalui diskusi intensif, akhirnya disepakati akan diadakan satu pertemuan lagi sesudah semua perangkat yang diperlukan telah disiapkan oleh Tim Banyumas. 
Sebagai catatan penghujung, pada tanggal 07 Maret 2017,  program ini direncanakan akan di launching oleh Presiden Jokowi dengan menghadirkan 65 (enam puluh lima)  Bupati yang wilayahnya dijadikan wilayah kerja BUMR. Sebagai catatan, Banyumas merupakan sinergi pertama antara aparatur & gerakan koperasi.

Dari 5 (lima) pilot project di Indonesia, kemudian muncul pertanyaan dan sekaligus tantangan menarik, “apakah Banyumas menjadi tempat launchingnya program ini?”. Tentu hal ini sangat tergantung seberapa solid dan hebat Tim Banyumas men-drive program ini.   
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA PAK ALERSKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH


    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)


    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-9177-2208
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak

    ReplyDelete