PKP-RI KAB BANYUMAS MENGGELAR RAT TUTUP BUKU TAHUN 2016

Disamping dihadiri oleh segenap pengurus, pengawas dan anggota, RAT kali ini dihadiri oleh  tamu undangan, yaitu (i) Sekretaris Dinas Tenaga Kerja; (ii)
Bendahara Bapak Amir Hamzah; (iii) Dekopinda Banyumas Muhammad Arsad D dan  Melalui Salah satu pengurusnya, Pak Andik Berharap RAT Kali ini menghasilkan pemikiran-pemikiran inovatif sehingga memberi daya ungkit, khususnya bagi perekenomian Banyumas. RAT ini dilaksanakan masih dalam range waktu yang 
seharusnya. RAT menunggu anggota (primer-primer KPRI).

Bapak MW Sigit,SH, M.Hum dalam sambutannya mewakili kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM menyampaikan bahwa kepala dinas sedang mengikuti kunjungan Bapak Wakil Bupati Ke Natuna, Kalimantan  kaitannya dengan rencana transmigrasi, kami mengapresiasi langkah-langkah advokasi terhadap seluruh anggota. Berkoperasi itu menyenangkan dan memberikan harapan positif. Dinamika yang ada di lingkungan KPRI merupakan hal yang membuat dirinya semakin dewasa dan semakin matang.

Berkaitan dengan adanya agenda re-generasi, secara kedinasan kami sangat berharap PK-PRI Banyumas kedepannya menjadi contoh yang menginspirasi koperasi-koperasi di lingkungan kab. Banyumas. Kami berharap ada aktivitas yang menjadi ikon dan kebanggaan sekaligus simbol kebanggaan seluruh KPRI-KPRI di Kabupaten Banyumas, yang nota bene adalah anggota PK-PRI Kab. Banyumas

Sementara itu, dalam sambutannya, Bapak Amir Hamzah mewakili GKPRI Propinsi Jawa Tengah, menyampaikan beberapa hal : (i) selamat atas penyelenggaraan RAT kali ini dan berharap berjalan sukses: (ii) sukses RAT diukur dari 3 (tiga), yaitu tertib, berjalan lancar dan bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang men-sejahterakan anggota dalam arti luas; (iii) tolak ukur keberhasilan koperasi bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya apakah ada kemajuan apa tidak; dibandingkan dengan koperasi setingkat sejenis seperti dibandingkan dengan PK-PRI  Kabupaten tetangga; sampai dimana koperasi tersebut bisa melaksanakan program kerja dan RAPB; sampai dimana peran serta PKPRI ini didalam meningkatkan kesejahteraan anggota.

Untuk menjadikan koperasi menjadi lebih baik dari hari kemarin, maka harus memelihara 6 (enam) jaringan, yaitu jaringan ideologi, jaringan organisasi, jaringan administrasi, jaringan modal (menjadi sejati bila dipupuk dari potensi internal), jaringan usaha. Dipenghujung,  beliau juga menyampaikan 3 (tiga) kiat agar koperasi bisa tumbuh dan berkembang, yaitu apabila pengurus dan pengawas Bener, kober, pinter.


Dalam sambutannya, M.Arsad D selaku Pimpinan Dekopinda Kab. Banyumas menyampaikan apresiasinya terhadap pegelaran RAT ini yang tergolong tepat waktu. Disamping itu, beliau menyampaikan beberapa hal kepada segenap anggota PK-PRI Kabupaten Banyumas: (i) sulit bagi koperasi  berkembang kalau masih diurus dengan samben (sambilan). Oleh karena itu, KPRI-KPRI  perlu mempertimbangkan pelibatan profesional dalam pengelolaannya; (ii) KPRI-KPRI perlu meninjau kembali tentang ego sektoral  khususnya dalam keanggotaan yang membuat peluang koperasi berkembang menjadi sulit. Beliau menjelaskan bahwa sulit untuk KPRI berkembangnbila anggotanya terbatas jumlahnya. Hal berbeda ketika KPRI membuka diri dalam hal keanggotaanya, dimana pertumbuhan jumlah anggota identik dengan pertumbuhan potensi koperasi untuk berkembang ; (iii) KPRI-KPRI perlu mem-variasi aktivitasnya tidak sebatas simpan pinjam, sehingga lebih besar peluang melayani kebutuhan anggota dan lebih men-sejahterakan anggota dalam arti luas.  
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment