Dekopinda Banyumas Kedatangan Tamu Istimewa

Dekopinda Banyumas Kedatangan Tamu Istimewa


Sabtu 20 Mei 2017 menjadi begitu special bagi Dekopinda Banyumas. Hari itu, Dekopinda Banyumas kedatangan tamu istimewa sekitar 60 orang para pejuangan gerakan koperasi Kabupaten Semarang. Kedatangan rombingan dipimpin langsung Oleh Sang Ketua Dekopinda Kota Semarang, yaitu Bapak DR.Walid.

“Studi Banding” adalah judul kehadiran tamu istimewa ini. Kehadiran mereka pun disambut langsung Ketau Dekopinda Banyumas, Bapak Muhammad Arsad Dalimunte yang didampingi oleh beberapa pimpinan Dekopinda lainnya yaitu Bapk
Muhajir dan Bapak Legowo. Dari sekretariat manajemen Dekopinda juga ada Mas Showabi, Mas Dendi dan Mas Angjar.

Setelah sambutan tuan rumah yang disampaikan oleh Pak Legowo, DR Walid pun menyampaikan maksud kedatangan mereka. Mereka bermaksud melakukan studi banding tentang pola pengelolaan Dekopinda Banyumas. Mengetahui maksud tersebut, Ketua Dekopinda Banyumas pun menyampaikan presentasinya dengan bantuan slide projector, yang intinya sebagai berikut :

  1. Dalam operasionalisasinya, Dekopinda Banyumas menggunakan sistem swakelola dan non-APBD. Swakelola yang dimaksud adalah memaksimalkan partisipasi anggota. Keterbatasan anggaran bukanlah alasan untuk tidak bergerak, Kombinasi semangat ibadah menjadikan inspirasi energi untuk terus berkarya yang terbaik untuk gerakan koperasi dan segenap anggota Dekopinda Banyumas.
  2. Pendidikan sebagai senjata terbaik sebuah koperasi untuk tumbuhkembang, mulai berhasil di campaign-kan. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya koperasi-koperasi di lingkungan Kabupaten Banyumas yang menyelenggarakan pendidikan secara swadaya dan Dekopinda menjadi salah satu nara sumbernya.
  3. Dekopinda Banyumas terus mengembangkan komunikasi dengan stake holder dan lembaga-lembaga strategis, seperti Bupati dan jajaran Pemkab, Legislatif dan institusi2 lain yang dinilai sepakat dengan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Dekopinda Banyumas.
  4. Meng-optimalkan RAT sebagai media sosialisasi, edukasi dan promosi. Untuk itu, setiap memasuki pelaksanaan RAT, segenap pimpinan Dekopinda Banyumas menyusun isu-isu strategis yang kemudian dijadikan bahan standar dan tertulis yang akan disampaiakn oleh delegasi Dekopinda di setiap RAT.
  5. Meng-apresiasi capaian anggota sebagai cara memotivasi anggota Dekopinda untuk mengukir prestasi.
  6. Mem-posisikan Dekopinda sebagai partner strategis dalam diskusi pegembangan dan juga persoalan-persoalan yang sedang dihadapi oleh anggota.

Dalam sesi diskusi, delegasi Kabupaten Semarang menyampaikan apresiasinya terhadap semangat juang Dekopinda Banyumas dalam meningkatkan eksistensi dan pelayanan terhadap segenap  anggotanya.


Mengingat waktu yang sudah hampir maghrib, diskusi ini pun akhirnya disudahi dan diakhiri dengan fhoto bersama di depan Kantor Dekopinda Banyumas. Sesudahnya, seluruh rombongan masuk kembali ke Bis dan kemudian bergerak menuju pengingapan. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment