AGENDA TUNGGAL RAPIMNAS DEKOPIN : KONSOLIDASI & PENJELASAN TENTANG KONGRES

KONSOLIDASI & PENJELASAN TENTANG KONGRES 

Makassar, 12 Juli 2017. Rapimnas ini dipimpin oleh Bapak Agung Sujatmoko yang kesehariannya adalah Ketua Harian Dekopin Pusat.  Rapimnas ini diisi dengan agenda tunggal yaitu penjelasan tentang kongres yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari.  

Penjelasan tentang kongres ini disampaikan oleh Bapak Burhanuddin Abdullah selaku Steering Commite Kongres menyampakan penjelasan tentang pegelaran kongres sebagaimana berikut ini :   
1. Hasil Kongres I yang paling menarik adalah “mendesak pada pemerintah untuk melaksanakan perekonomian berdasarkan pasal 33 UUD 1945.”
2.    Dalam sejarahnya, ada 3 (tiga)  kesempatan besar koperasi yang tidak bisa ditangkap koperasi : (i) saat Indonesia melakukan nasionalisai 700 (tujuh) ratus perusahaan belanda; (ii) saat peralihan beberapa perusahaan swasta menjadi milik negara, koperasi tidak bisa memperoleh satupun perusahaan dan (ii) saat BLBI memuncak, tidak satupun perusahaan yang ditawarkan
koperasi. Kalau kita berkepedulian, maka 3 (tiga) momentum itu adalah media strategis mengatasikesenjangan.
3.   Ada 2 (dua) hal yang menyebabkannya; (i) kecenderungan pemerintah kurang percaya koperasi dan; (ii) koperasi belum berkemampuan. Pertanyaan menariknya adalah apakah koperasi memang belum mampu? Ataukah kesempatan yang tidak pernah diberikan?. 
4.      Persoalan kesenjangan sesungguhnya tidak terjadi hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain termasuk Amerika. Koperasi perlu diberdayakan bila ingin persoalan kesenjangan diselesaikan.
5.      Kongres ini ingin mencapai kesepakatan :
a. menegaskan kembali komitemen kebangsaan untuk membangun ekonomi berkeadilan melalui koperasi;
b.  kongres bisa mendesak berbagai pihak khususnya pemerintah tersusunnya UU perekonomian nasional yang memberikan peran proporsional kepada koperasi;
c. menyepakati road map pembangunan koperasi Indonesia. Kita ingin koperasi memegang peranan penting dalam percaturan ekonomi Indonesia;
d.   mendorong terwujudnya koperasi yang berdaya saing tinggi dan  bermanfaat bagi anggota dan masyarakat melalui optimalisasi teknologi;
e.  ingin kongres koperasi dijalankan reguler setiap 5 (lima) tahun sekali untuk me-review apakah koperasi maju atau tidak.      


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment