OLEH-OLEH DARI PROSESI PEMBUKAAN RAKER I DEKOPINWIL PROP JAWA TENGAH

OLEH-OLEH DARI PROSESI PEMBUKAAN
RAKER I DEKOPINWIL PROP JAWA TENGAH


Banjarnegara, 22 Juli 2017.  Menyanyikan lagu Indonesia raya menjadi pembuka digelarnya Raker I. Pelaksanaan Raker ini dilaksanakan di Pendopo Kab. Banjarnegara. Banyaknya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan HUT Koperasi ke-70, membuat penyelenggaraan Raker ini tertunda dari rencana  awal dilaksanakan pada bulan april 2017. 

Dalam sambutannya, Bapak H. Warsono dalam kapasitas sebagai Ketua Dekopinwil Prop. Jawa Tengah. Beliau meng-apresiasi tinggi ragam kreasi yang dikembangkan oleh Dekopin Banjar dalam merayakan HUT Koperasi yang ke-70. Semangat ini menjadi harapan awal dari apa yang diharapkan oleh Bapak Budi Sarwono Bupati Banjarnegara untuk meng-efektifkan Koperasi sebagai media pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan. Beliau juga mengutarakan keyakinannya koperasi-koperasi di Banjarnegara akan terus tumbuhkembang, apalagi saat ini Ketua Dekopinda Banjarnegara juga adalah Wakil Bupati.

Beliau juga mengingatkan bahwa beberapa hal yang harus dilakukan gerakan koperasi (baca: dekopin, antara lain: (i) mensosialisasikan perkoperasian; (ii) meningkatan SDM dan; (iii) menghubungkan kegiatan koperasi melalui kemitraan antar koperasi maupun non-koperasi. Raker dilakukan minimal sekali dalam setahun dengan fokus agenda melakukan evaluasi kinerja, sekaligus menyusun program berikutnya dan sekaligus menyerap aspirasi. Beliau juga menghimbau dekopinda-dekopinda juga berharap raker digelar minimal satu tahun sekali dan diupayakan sebelum Bulan Juni.

Sementara itu, Bapak H.  Syamsuddin mewakili Bupati Banjarnegara mengawali sambutannya dengan mengucapkan “Selamat Datang di Banjarnegara dan mohon maaf bila ada kekurangan dalam penerimaan dan pelayanan”. Beliau berharap apa yang dirasakan dan diperoleh selama raker di Banjarnegara menjadi sesuatu yang penuh kesan dan terus di kenang.

Sebagai gambaran wilayah, Banjarnegara merupakan daerah dengan indeks SDM rendah, kemiskinan tinggi, 48% infrastruktur rusak dan 52.912 rumah tidak layak huni. Untuk itu, beliau menyampaikan keterbukaan Banjarnegara terhadap kehadiran para investor khususnya gerakan koperasi sepanjang melibatkan warga/masyarakat Banjarnegara sehingga mendatangkan multpilier effect yang men-sejahterakan.   Di penghujung, sambutannya beliau mempersilahkan segenap peserta raker untuk hadir kembali ke Banjarnegara.   

Bapak Agung Sujatmoko, mewakili Ketua Umum Dekopin menyampaikan terima kasih terhadap penyambutan luar biasa dari Banjarnegara. Beliau juga menyampaikan apresiasinya terhadap rangkaian kegiatan yang digelar dalam merayakan HUT Koperasi ke-70, apalagi beliau menyaksikan secara langsung bagaimana para pelaku UMKM begitu bersemangat dalam agenda bazar dan juga pegelaran lomba mewarnai yang melibatkan anak

Alhamdulillah, kita sudah sukses menggelar peringatan HUT Koperasi-70 di Indonesia. Kita layak bersyukur dimana Presiden Jokowi siap mendukung gerakan koperasi Indonesia. Pada pertemuan tanggal 05 Juli 2017 lalu, Presiden menyampaikan harapan beliau terhadap gerakan koperasi,  yang antara lain : (i) Gerakan koperasi harus mampu membnagun karakter; (ii) Gerakan koperasi harus dikelola secara modern; (iii) Gerakn koperasi jangan takut bersaing; (iv) Gerakan koperasi harus dikelola dengan cara korporasi.

Beliau berharap gerakan koperasi  segera meng-konsolidasikan toko-toko koperasi melalui kemandirian kolektif dengan melakukan join buying, join selling dan lain sebagainya. Kemitraan mutualisme semacam ini hanya bisa mewujud apabila koperasi melakukan modernisasi tata kelola.

Apa yang telah terumus dalam kongres koperasi, merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan bersama dengan sepenuh hati. Koperasi harus melakukan reformasi, revitalisasi, rehabilitasi dan modernisasi koperasi Indonesia yang sesuai dengan jatidiri koperasi serta kearifan lokal. Re-orientasi koperasi harus berangkat dari modal sosial-nya yaitu kebersamaan dan kegotongroyongan. Pelibatan kaum muda diperlukan agar terbentu akselerasi.  

Dipenghujung, beliau menyampaikan perlunya melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. sosialisasi hasil-hasil kongres sehingga lebih meng-energi segenap stake holder untuk mengembangkan partisipasi dan kontribusinya.
2.     kita juga perlu menetapkan indikator-indikator pengukuran efektivitas keterbangunan koperasi.
3.    Koperasi-koperasi harus mampu menggerakkan bisnisnya di satuan kerja masing-masing dan kemudian dikonsolidasi berdasar semangat kebersamaan dan kegotongroyongan.
4.  Kerjasama antar koperasi perlu dikembangkan karena hal ini merupakan salah satu prinsip koperasi yang ke-6 (enam). Kita harus membangun sinergi gerakan koperasi dengan badan usaha lain.

Akhirnya, sambutan beliau ditutup dengan satu pesan bijak, “Koperasi jangan hanya kuat diskusi tapi miskin implementasi”.

Bapak Suhardi, SE,MM dalam kapasitasnya mewakili Gubernur Jawa Tengah menyampaikan beebrapa hal sebagamana berikut:
1.     Apresiasi dengan pegelaran raker ini dan merupakan media penyerapan gagasan dan re-fresh spirit 
2.      Berharap Dekopinwil banyak terlibat dalam mendorong laju tumbuh koperasi.
3.      Gubernur Meyakini Koperasi merupakanmedia strategis pengentasan kemisinan.
4.     Koperasi-koperasi yang tidak aktif didorong kembali agar aktif, koperasi yang bagus  didorong, yang sedang2-sedang di bina dan yang tdak benar segara di tutup.
5.      Gubernur juga berharap koperasi ikut mendorong pembinaan UMKM. 
6.    Dekopinwil perlu meningkatkan konsolidasi untuk mendorong upaya kemandirian organisasi. Untuk itu, intensitas komunikasi Dekopinwil dengan segenap stake holder perlu ditingkatkan.  
7.    Kaderisasi koperasi dan peningkatan pelibatan perempuan perlu dilanjutkan untuk memberikan kesempatan generasi muda dann eprempuan untuk berkiprah. Hal ini dimaksudkan agar disetiap jenjang organisasi Dekopin ada generasi muda dan perempuan. 
8.  Berkaitan dengan pajak koperasi, Gubernur Jawa Tengah meminta Dinas Koperasi untuk membuat kajian sebagai bahan usulan ke mentri keuangan.


Akhirnya, dengan mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim” Raker I Dekopinwil Propinsi Jawa Tengah secara resmi di buka dan dimulai jam 11.20 WIB. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment