KSU SUMBER MAKMUR MENGGELAR RAT TUTUP BUKU TAHUN 2017

KSU SUMBER MAKMUR MENGGELAR RAT TUTUP BUKU TAHUN 2017

Hari ini, Rabu, 03 Januari 2018, KSU Sumber Makmur menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2018. Koperasi ini Ini merupakan  anggota Dekopinda Kab. Banyumas yang pertama kali menggelar Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku Tahun 2017. Sejarah kesejarahan, Koperasi ini berawal dari para PNS di lingkungan dinas Koperasi, perindustrian, perdagangangan dan UKM Kab. Banyumas. Dalam perlembangannya,  kemudian meng-ekspansi keanggotaannya secara terbuka sebagai bagian dari implementasi Jati Diri Koperasi 

Disamping segenap unsur organisasi KPRI Sumber Makmur,RAT Kali ini dihadiri oleh tamu Undangan, yaittu ; Kepala Dinas Tenaga Kerja , koperasi dan UKM  Kab Banyumas; Ketua PKPRI Kab. Banyumas dan; Ketua Dekopinda Kab. Banyumas.

Dalam sambutan dari Ketua KSU Sumber Makmur, Bapak Haji Kuswandi, SH,  KSU sudah melakukan perubahan anggaran dasar, namun sampai saat ini masih dalam proses pengesahan oleh pejabat yang berwenang.  Ditahun 2017, Koperasi ini sukses membangun gedung sendiri di jalan suka damai, Purwokerto. Keberadaan gedung koperasi merupakan sebuah simbol kebersamaan diantara segenap unsur organisasi. Sepanjang 2017, koperasi ini sukses meningkatkan modal sendiri , namun demikian aktiva produktif (piutang kepada anggota) menurun sebesar 12%.  Hal inipun diikuti dengan pelunasan hutang bank. Sebagai sebuah catatatan, banyak koperasi-koperasi yang mengalami iddle cash sehingga SHU nya tidak tercapai.

Dalam sambutannya, Bapak Andik, selaku Ketua PK-PRI Kab. Banyumas  menyampaikan agar KSU Sumber Makmur untuk terus optimis dalam menatap masa depan. Ada kemungkinan anggota memilih menabung dan meminjam di lembaga keuangan lainnya , perlu menjadi bahan perenungan khususnya bagi segenap anggota. Beliau menandaskan bahwa koperasi  akan tumbuhkembang bila partisipasi anggota terus tumbuh dan kembang. Untuk itu, semangat dan komitmen anggota  perlu terus ditingkatkan sehingga manfaat koperasi akan meluas. Inovasi usaha perlu dikaji sebagai bagian dari perluasan pelayanan koperasi.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Banyumas, M.Arsad D dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan RAT ini. “dari sisi waktu pelaksanaan RAT, Ini sebuah ketauladanan yang layak menjadi inspirasi bagi koperasi-koperasi lainnya”. Atas terjadinya penurunan pinjaman sampai menyentuh angka 12%, beliau menilai dari 2 (dua) sisi, yaitu : (i) hal ini meng-cirikan bahwa anggota sudah pada posisi sejahtera sehingga tidak perlu hutang dan; (ii) realitas ini sebagai inspirasi mengembangkan inovasi dan serangkaian kreasi kekinian zaman yang memperbesar peluang kebermanfaatan koperasi bagi segenap angggotanya.      

Sambutan Kepala Dinas Koperasi, dala sambutannya mengedepankan kebersamaan. Koperasi harus didorong  ke depan  melalui kebijakan yang berpihak. Hakekat manusia itu egois sehingga sekilas tampak ini bertentangan dengan spirit koperasi yang mengusung kebersamaan. Hal ini perlu sinkroinisasi dan aplikasi cara efektif sehingga secara operasional terbangun kebersamaan produktif dimana Koperasi sebagai mesin penjawab aspirasi dan kebutuhan pribadi-pribadi anggota. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment