GERAKAN KOPERASI KAB. BANJARNEGARA MEMBINCANG "KERJASAMA"



Pada Hari Jum’at, 27 Juli 2018,  Dinas Perindustiran, perdagangan, Koperasi dan UKM Kab. Banjarnegara  menggelar agenda “Temu Usaha Koperasi” dengan mengambil tempat di Rumah Makan Ayam Geprek, sebuah rumah makan milik PK-PRI Kab. Banjarnegara.  Agenda ini diikuti oleh 40 (empat puluh) orang delegasi, para pengurus Dekopinda Kab. Banyumas dan beberapa anggota PK-PRI Kab. Banjarnegera.  Pada “temu usaha” ini  juga dihadirkan 3 (tiga) narasumber, yaitu; Bapak Anang Susilo (Ketua PK-PRI Kab Banjarnegara), Bapak Sukar (Ketua KPRI SEDAR Banjarnegara) dan Muhammad Arsad Dalimunte,SE,Ak  (Ketua  Dekopinda Kab. Banjarnegara).

Pak Haryono, selaku ketua bidang koperasi & UKM Kab. banjarnegara, selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa  masih lemahnya kemauan koperasi untuk bekerja sama  dan persaingan yang demikian ketat telah memberi dampak significant terhadap eksistensi koperasi, menjadi inspirasi keterselengggaraan agenda “temu usaha” ini. “Terwujudnya jejaring kerjasama antar koperasi dalam bidang ritel dan tumbuhkembangnya koperasi yang sehat dan men-sejahterakan para anggotanya menjadi outcome dari agenda ini”, tandas pak haryono di penghujung sambutannya.

Bapak tahsin,selaku sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kab. Banjarnegara, dalam sambutanya menyampaikan, saat ini koperasi perlu bersinergi manakala tidak memungkinkan dilakukan sendirian. Kerjasama ini diharapkan akan mampu melahirkan aktivitas produktif di bidang retail yang akan semakin men-sejahterakan anggota dan  juga masyarakat. Kemitraan ini juga akan mendatangkan multiplier effect  yang positif bagi perekenomian di Kab. Banjarnegara.  

Bapak Bambang Purnomo, salah satu pengurus Dekopinda Kab. Banjarnegara, menjadi moderator agenda ini.  Rasionalitas koperasi sebagai badan usaha harus tertemukan, sehingga peningkatan kesejahteraan anggota berpeluang diwujudkan”, menjadi kalimat pembuka dari presentasi Bapak Anang Susilo . Ketatnya persaingan antar usaha telah membuat simpan pinjam koperasi banyak yang mengalami idle money (uang nganggur). Kurangnya kecerdasan dalam menangkap peluang juga menjadi persoalan yang sering membelit koperasi. Akibatnya, koperasi selalu terlambat dalam memanfaatkan peluang yang sesungguhnya bisa meningkatkan kesejahteraan anggota-nya. Sebagai penyemangat, Bapak Anang ber-testimoni tentang bererapa kemitraan sukses yang dilakukan oleh  

Sementara itu,Bapak Sukar selaku pengurus KPRI Sedar Mandiraja menyampaikan success story. KPRI Sedar sukses besar di bidang retail dan memiliki beberapa outlet. Dalam bidang retail, hari ini KPRI Sedar sudah menjadi frencisor bagi beberapa koperasi yang ingin mengembangkan usaha retail, antara lain satu koperasi di karang moncol Kab. Purbalingga,  satu koperasi di Kecamatan Rakit, dan Koperasi di sigaluh. KPRI Sedar juga menyelenggarakan usaha bengkel dan bahkan saat ini menjadi bagian dari kondorsium bersama PK-PRI Kab Banjarnegara dalam mendirkan Pom Bensin. Kejujuran, keberanian kesabaran, optimisme dan rasa syukur merupakan kunci dan modal terbesar KPRI Sedar yang beranggotakan para guru SD se-Kecamatan Mandiraja.

Bapak Muhammad Arsad Dalimunte, menandaskan bahwa sesungguhnya koperasi itu hakekatnya adalah kerja sama. Oleh karena itu, ketika koperasi meng-agendakan kerjasama antar koperasi, hal ini hakekatnya adalah memperluas kerjasama yang sudah terlatihkan di internal koperasi. Beliau juga menandaskan bahwa hari ini adalah zaman kolaborasi dan bukan lagi era kompetisi yang selalu berupaya saling mengalahkan satu sama lain. Oleh karena itu, gerakan koperasi di Banjarnegara seharusnya menemukan “titik kepentingan serupa” sebagai inspirasi menggalang kerjasama saling menguntungkan.Secara detail , materi yang disampaikan beliau tersaji berikut ini :









Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment