Ketika spirit dan Senergi Mem-Buncah di General Assembly KOPINDO



25 Juli 2018, bertempat di Hotel Maharani, Jakarta, Kopindo (Koperasi Pemuda Indonesia) menggelar Fast Track Confrence yang mengambil tema Coop Startup For Milenial Generation ans Sustainable Future . Pegelaran Fas Track Confrence ini  menjadi bagian dari rangkaain agenda  rapat tahunan (general assembly) Kopindo.

General Assembly selalu menjadi moment strategis, sebab para kader pemuda koperasi  terbaik yang di miliki negeri ini berkumpul dan menggagas perubahan, baik kaitannya
dengan akselerasi tumbuh kembang koperasi di lingkungan pemuda tanah air maupun koperasi pada umumnya. “Menarik berkesempatan berada diantara mereka dan melakukan pengamatan tentang ragam tema yang diperbincangkan. Celetukan dan canda mereka pun menandakan semangat dan kreativitas yang tinggi. Para pemuda koperasi tanah air ini tidak hadir hanya untuk berkunjung ke ibu kota, tetapi benar-benar serius menyatukan semangat dan juga men-sinergikan gerakan
yang dilakukan di daerah masing-masing. Semangat yang mereka tunjukkan menandaskan bahwa pantas berharap koperasi Indonesia akan semakin eksis ke depan, sebab pada waktunya nanti mereka lah penentu warna dan bentuk perwajahan koperasi di negeri ini
, ungkap Muhammad Arsad Dalimunte, salah satu pegiat Kopindo yang sudah purna tugas tahun lalu dan pada agenda ini berkesempatan bertatap muka langsung dan memberikan stimulan gagasan dan spirit.


Hari ini mereka masih muda dan masih perlu lebih banyak belajar dan mengembangkan inisiatif-inisiatif yang akan melipatgandakan kapasitas dan percaya diri mereka. Namun, saya berkeyakinan bahwa konsistensi mereka berproses akan membimbing mereka sukses berkarya dan menciptakan ketauladanan yang meng-inspirasi gerakan koperasi di negeri ini”, demikian ungkap Bung Pendi selaku Ketua Kopindo saat diskusi di sela-sela agenda formal.

Koperasi-koperasi pemuda primer dan juga Kopindo selaku sekunder adalah wadah strategis untuk belajar banyak hal, tentang bagaimana berkarya, kesabaran di keberagaman, men-sinergikan ragam potensi, menganalisa realitas dan membangun konsep-konsep berfikir yang konstruktif dan solutif”, demikian testimoni Salah seorang pengurus aktif Kopindo, Bung Karim  dalam diskusi kecil yang di gelar menjelang maghrib.

2 (dua) alinea diatas menggambarkan spirit ke-pemudaan dalam berkiprah, mewarnai dan serta mempengaruhi realitas dan juga masa depan. Oleh karena itu, tidak berlebihan untuk berkesimpulan bahwa semangat yang berkobar di sepanjang pegelaran general assembly Kopindo merupakan cerminan keinginan kuat meningkatkan kualitas koperasi di kekinian dan sekaligus menandaskan bahwa koperasi di negeri ini memiliki masa depan yang sangat berpengharapan.

Menarik untuk mengikuti bagaimana kreativitas mereka menyusun pemikiran dan melakukan rangkaian upaya dalam mewujudkan koperasi sebagai sokoguru perekonomian di negeri bernama Indonesia ini.



Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment