Dekopin Pusat Menggelar Diklat Koperasi & Kewirausahaan di Kota Kelahiran Koperasi Purwokerto

Dekopin Pusat Menggelar Diklat Koperasi & Kewirausahaan 
di Kota Kelahiran Koperasi Purwokerto

Rabu Malam,  21 Nopember 2018, Ketua Dekopinda Kab Banyumas menghadiri acara pembukaan satu Pelatihan yang digelar Dekopin Pusat bertajuk, “perkoperasian dan kewirausahaan serta fasilitasi pembentukan koperasi bagi kelompok masyarakat strategis”. Hotel Atrium, Kec. Sokaraja, Purwokerto Kab. Banyumas dipilih sebagai tempat pegelaran pelatihan ini. “ini sebuah kehormatan bagi Dekopinda Kab, Banyumas dipilih sebagai tempat pegelaran pelatihan. Tidak sebatas itu, obyek yang dilatih juga mayoritas bersal dari  kelompok masyarakat  Kab Banyumas”, ungkap Bung M.Arsad Dalimunte atas penyelenggraan event ini. 

Disamping punggawa Dekopin Pusat, agenda pembukaan pelatihan ini jugu dihadiri  oleh delegasi Kesbangpol Prov Jawa Tengah, perwakilan Dekopinwil Prov Jawa Tengah, Kadinakerkop Kab Banyumas, perwakilan Bupati Banyumas, perwakilan Dinas Koperas dan Ketua Dekopinda Kab. Banyumas. 

Pak Nasir, mewakili Dekopin, dalam sambutannya  menyampaikan bahwa kegiatan ini didasarkan pada tujuan mulia yaitu meningkatkan taraf ekonomi melalui koperasi. Mengutip kalimat Bung Hatta, sang proklamator dan juga Bapak Koperasi Indonesia, koperasi adalah pendidikan dan koperasi lahir bukan semata-mata mencari keuntungan”.  Penggalan kalimat ini dimaksudkan untuk menandaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan kali ini adalah sebagai upaya awal agar koperasi yang akan segera lahir dari kelompok masyarakat strategis ini didasarkan pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi.  Beliau berharap, koperasi yang akan lahir dari pelatihan ini akan mampu mengembangkan menjadi media penolong peningkatan atau perbaikan ekonomi para anggotanya.. Di penghujun sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Dekopin Pusat sudah menggelar kegiatan serupa  juga sudah dilaksanakan sebelumnya di Kab. Garut dan Kab. Tasik Malaya. 

Pak Duprapto, dalam kapasitasnya mewakili Kepala Dinkop& UKM Prov. Jateng menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan sebagai langkah awal pembentukan koperasi.  Dengan demikian, setiap anggota akan memiliki ilmu pengetahuan dan pemahaman yang cukup apa, mengapa dan untuk apa ber-koperasi. Oleh karena itu, sebagaimana nilai-nilai perjuangannya, beliau berharap kopetrasi yang akan terbentuk efektif sebagai media menolong diri sendiri atau "self help". Disamping itu, beliau menandaskan bahwa dalam menjalankan koperasi harus mereferensi pada prinsip-prinsip koperasi yaitu;  keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka,   pengelolaan secara demokratis; partisipasi ekonomi; informasi dan pendidikan; kerjasama antar koperasi dan;  kepedulian terhadap komunitas. Koperasi yang dijalankan berdasarkan nilai2 dan prinsip2 koperasi akan membimbing sebuah koperasi pada kemanfaatan-kemanfaatan yang luas sebagaimana konsepsi dasarnya.

“Kami meng-apresiate atas penyelenggaraan kegiatan ini. Koperasi merupakan madrasah penuh hikmah yang membimbing anggotanya menjadi pribadi yang lebih produktif. Oleh karena itu, pendidikan dan pelatihan ini harus dimaksimalkan oleh segenap peserta untuk mengenal atau lebih memperdalam ilmu sehingga memiliki bekal dan dasar yang cukup saat menjalankan koperasi, baik sebagai anggota, pengurus dan juga pengawas. Kami juga berterima kasih kepada Dekopin atas pemilihan Kab. Banyumas sebagai tempat penyelenggaraan dan hal ini menjadi penambah semangat untuk men-sukseskan pelaksanaan Harkopnas 2019 dimana Kab. Banyumas akan bertindak sebagai tuan rumah”, demikian inti sambutan dan arahan Bapak Ir. Didi Rudwiyanto,M.Hum mewakili Bupati Banyumas.

Sementar itu, merespon permintaan Dekopin Pusat untuk membimbing dan memfasilitasi pendirian koperasi kelompok masyarakat strategis ini, Pak Wisnu selaku kadinakerkop Kab Banyumas menyatakan siap sesuai dengam tugas san kewenangan yang ada di kingjar dinasnya. Kami juga akan bekerjasama dengan Dekopinda dalam membimbing koperasi yang akan dibentuk sehingga output nya sesuai dengan yang direncanakan.

Bung wahab selaku salah satu punggawa Dekopin Pusat menyampaikan bahwa pembentukan koperasi ini merupakan bagian dari upaya de-radikalisasi dan sekaligus perekat masyarakat yang berujung pada keterjagaan persatuan dan kesatuan bangsa. Lewat koperasi yang akan dibentuk, masyarakat tidak saja bersama-sama  tetapi juga bekerjasama secara produktif yang berdampak pada perbaikan atau penguatan ekonomi.

“Sejak malam ini sampai 5 (lima)  hari kedepan, 25 (dua puluh lima) peserta yang mayoritas berasal dari lingkungan Kab Banyumas akan di didik dan dilatih perkoperasian dan juga kewirausahaan. Usai pelatihan, mereka akan langsung membentuk koperasinya dan segera melakukan kerja nyata nan produktif” ungkap Bung Eka Setya Dian Anggriawan selaku panitia penyelenggara. 




Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment