GERAKAN KOPERASI CIREBON MENYAMBANGI KOPKUN & DEKOPINDA BANYUMAS


GERAKAN KOPERASI CIREBON MENYAMBANGI KOPKUN & DEKOPINDA BANYUMAS


Purwokerto, Sabtu, 15 Nop 2018.Hari Ini, gerakan koperasi Kota Cirebon berkunjung ke Dekopinda Kab. Banyumas. Rombongan terdiri dari para pengurus Dekopinda Kab. Cirebon & 40 (empat) puluh orang delegasi yang berasal dari koperasi-koperasi  yang berstatus sebagai anggota Dekopinda Kab. Cirebon.    

Dalam sambutannya, Ketua Dekopinda Kota Cirebon, Bapak Yodi bahwa hal yang melatar-belakangi kunjungan ini adalah keinginan kuat untuk me-refresh spirit  semangat berkoperasi dan sekaligus bertukar informasi seputar koperasi yang terkemas dalam program “studi banding”. Target awal dari proram ini ada 3 (tiga), yaitu : (i) tentang koperasi fungsional; (ii) koperasi berbasis masyarakat dan; (iii) tentang strategi optmalisasi peran Dekopinda selaku induk organisasi.

Atas 3 (tiga) target tersebut, kemudian Studi banding ini dilaksanakan pada satu tempat, yaitu Kantor  Kopkun Pusat yang beralamat dijalan HR Boenyamin (depan kantor pusat Unsoed). Sementara itu, dari sisi nara sumber berasal dari 2 (dua) Institusi, yaitu : (i) Pengurus, Pengawas dan Manajemen Kopkun, antara lain Pak Heliana/ketua, Pak Adi Bahari/Bendahara dan Ibu Novita (ketua Pengawas); (ii) Pimpinan dan Manajemen Dekopinda Kab Banyumas, antara lain: (muhammad arsad dalimunte/ketua,
Angjar/bendahara dan aceng/staff operasional.
Siang menjelang sore adalah waktu yang biasanya ngantuk untuk agenda semacam diskusi kali ini. Namun, sepertinya kali ini sangat berbeda.  Animo tinggi nan antusias di tunjukkan segenap peserta studi banding kali ini. Hal ini terlihat dari keseriusan mereka dalam menyimak presentasi dan lebih-lebih saat session pertanyaan dan diskusi di buka. Sepertinya 40 (empat puluh) insan koperasi kota Cirebon ini memang benar-benar serius ingin me-refresh spirit dan memperkaya referensi dalam meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi masing-masing.

Pak Herliana mewakili Kopkun Group, mengawali presentasinya dari sejarah berdiri yang dilanjutkan tahapan-tahapan capaian sampai tahun 2018. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini Kopkun sedang concern dalam membangun holding dengan berbagai usaha di lingkupnya sehingga lebih berpeluang men-sejahterakan anggotanya.

Sementara itu, Bung Arsad selaku ketua Dekopinda menyampaikan tentang Kiprah juang Dekopinda Banyumas.  Pemikiran yang terkonsep dalam platfom disajikan ke seluruh peserta berikut dengan gallery aktivitas, khususnya sejak tahun 2015. “meng-Indonesia lewat pemikiran dan karya nyata” adalah tagline yang menjadi spirit juang para pejuang Dekopinda Kab. Banyumas. Disamping itu,  Dekopinda Kab Banyumas juga non-APBD sehingga semua kegiatan dilakukan swadaya. Namun demikian, pilihan non-APBD ini bukan berarti Dekopinda tidak akur dengan Pemerintah, tetapi justru saling bahu membahu dalam mendorong keterbangunan iklim koperasi dan juga laju tumbuh koperasi-koperasi Banyumas. Ke-swadayaan dipilih sebagai simbol spirit dan sekaligus memantik kreativitas dan pemberdayaan anggota. Hal ini juga sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas kolektivitas diantara gerakan koperasi di lingkungan Banyumas.      

“Mereka menunjukkan keseriusan yang teramat nyata sehingga saya memiliki keyakinan cukup kalau studi banding ini memiliki dampak positif bagi peningkatan semangat untuk meng-akselerasi tumubuhkembang koperasi, khususnya di lingkup Kota Cirebon”, tegas Bung Arsad selaku ketua Dekopinda Banyumas. Hal senada juga disampaikan Pak Herliana selaku ketua Kopkun mewakili tuan rumah. Beliau sangat apresiate dengan antusiasme tinggi dan keseriusan seluruh peserta semenjak datang dampai dengan selesai. “Mereka melalui jalan yang jauh dari kota Cirebon, namun tidak terlihat rasa lelah. Mungkin ini dampak soto dan mendoan khas purwokerto yang disuguhkan cafe kopkun kali ya”, Kelakar Anis yang menjadi MC dalam agenda kali ini.         

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment