KETIKA MEMBINCANG KOPERASI DI LOUNGE KAROKEAN INUL VIZTA, CIREBON


KETIKA MEMBINCANG KOPERASI DI LOUNGE KAROKEAN INUL VIZTA, CIREBON

Terasa menjadi tak biasa, Selasa 20 Nopember 2018 mendadak berada di Kota Cirebon, sebab baru saja beberapa hari lalu melayani 40 (empat puluh) gerakan koperasi yang terhimpun dalam Dekopinda Kota Cirebon,  yang kebetulan melakukan studi banding ke Purwokerto. Keberangkatan ini sama sekali tidak terencana, mendadak lebih tepatnya. Berhalangannya Om Suroto menghadiri dan mengisi acara telah menjadi musabab untuk hadir di kota ini untuk memerankan sebagai narasumber  dikegiatan yang diinisiasi oleh Koperasi Kita Khazanah Mandiri.   

Ada yang menarik dan sangat jarang kali ini, dimana workshop berlanagsung  di lounge Karokean Inul Vizta, Cirebon. Ini pemilihan tempat yang jarang untuk sebuah pelatihan, mengingat Inul Vizta lazimnya adalah tempat karokean. Kepenasaran pun terjawab dan berujung dengan kekaguman, yaitu pada sejarah lahirnya Koperasi Kita Khazanah Mandiri. Alkisah, koperasi ini berdiri atas keinginan membentuk satu media yang diyakini bisa lebih men-sejahterakan para karyawan di lingkaran usaha-usaha yang di tekuni oleh sang owner, dimana salah satunya adalah Karokean Inul Vizta, Cirebon. Tidak sampai disitu saja, sang owner pun merintis lembaga hafidz qur’an yang rencananya akan dilembagakan dalam satu bentuk yayasan. Simpulnya, koperasi ini beranggotakan semua orang yang terlibat di  titik aktivitas ciptaan sang owner, mulai dari aktivitas bisnis maupun aktivitas kemanusiaan.     

lounge Inul Vizta Cirebon, yang kebetulan hari ini libur dalam rangka maulid nabi, pun menjadi pilihan tempat penyelenggaraan. Delegasi dari berbagai titik aktivitas pun berkumpul di tempat ini, yang antara lain dari : RS Muhammadiyah, maanjemen Inul Vizta Cirebon, manajemen Inul Vizta Garut. Manajemen Inul Vizta Tegal dan lain sebagainya.  Tanpa menegasikan substansi dan spirit pegelaran, agenda worksop ini terkemas jauh dari kesan formal dan kaku. “ini sebuah pegelaran yang keren, super kreatif dan amazing”, ungkap Bung Arsad dalam hatinya.   

Bung Hendra, mewakili Ibu Hajjah Siti Farida Rosmawati, sang pendiri koperasi dan juga  pengawas, dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop merupakan momentum untuk belajar bersama praktisi agar koperasi khazanah yang baru berumur 2 (dua) tahun ini bisa menciptakan akselerasi yang lebih men-sejahterakan anggotanya dalam  arti luas.  

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka menyambut maulid nabi. Ini cara kami (baca : Koperasi Kita Khazanah) meng-apresiasi dan sekaligus men-tauladani siprit kewirausahaan dan keberjama’ahan yang sudah di contohkan Rasulullah Muhammad SAW di sepanjang hidupnya”, ungkap Sang Ketua Koperasi Khazanah, Bapak Dr. Abdul Aziz, M.Ag 

Semangat seluruh peserta mengikuti workshop ini pun menjadi tambahan energi bagi Bung Arsad yang hari itu menjadi salah satu nara sumber. Keseriusan mereka menunjukkan adanya keinginan kuat mewujudkan efektivitas koperasi sebagaimana cita-cita mulia sang inisiator. Pertanyaaan-pertanyaan seputar filosopi dasar koperasi pun semakin menguatkan simpulan bahwa ada keingin kuat membangun lompatan produktivitas yang akan meluaskan manfaat keberdaan koperasi khazanah, khususnya kepada segenap stake anggota.

Dipenghujung, terungkap satu rencana besar nan keren dari Bu Maya selaku sekretaris pengurus koperasi, yaitu meluaskan anggotanya sehingga tidak terbatas pada lingkup karyawan saja, tetapi juga masyarakat umum. Hal ini menggiring keyakinan bahwa koperasi khazanah akan semakin menumbuhkembangkan aktivitasnya lebih dari sekedar simpan pinjam. Layak berharap koperasi ini akan segera muncul sebagai koperasi kebanggaan warga Cirebon. Ter-imaginasi betapa banyaknya masyarakat yang akan segera bergabung dan kemudian menyatukan potensi dan sumber daya sebagai modal untuk meluaskan dan atau memperkaya layanan-layanan yang merefresentasikan kebutuhan mayoritas anggotanya.  

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment