YAYASAN DAMANDIRI MENGGAGAS AKESELERASI TUMBUHKEMBANG KOPERASI GULA KELAPA


YAYASAN DAMANDIRI MENGGAGAS AKESELERASI  TUMBUHKEMBANG 
KOPERASI GULA KELAPA DI WILAYAH BANYUMAS

Kata blusukan tepat menggambarkan perjalanan agenda terakhir Pak Subijakto Tjakrawerdaja dan romobongan di wilayah Banyumas pada Hari Kamis, 10 Januari 2019. Bapak Subijkato menyambangi Koperasi Argo Mulyo Jati (AMJ) yang beralamat di Desa Katanda RT 06 RW 04, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Perjalanan menuju lokasi ini pun cukup menantang, karena harus melalui gunung terjal dengan jalan yang tidak keseluruhannya mulus. Namun, suguhan rambutan, mendoan panas lengkap dengan kopinya mendatangkan kesan tersendiri. Kehangatan segenap pengurus koperasi AMJ. membuat segenap anggota tim merasa nyaman. 

Dikesehariannya, Koperasi AMJ ini memiliki aktivitas utama mem-produksi dan memasarkan gula kelapa. Koperasi ini berawal dari kelompok yang di bina oleh Kopkun Institute (KI) sekitar 5 (lima) tahun dulu. Konsistensi spirit masyarakat pengrajin gula kelapa ini dalam berkelompok menjadi inspirasi untuk membentuk koperasi yang kemudian diberi nama Koperasi AMJ (Argo Mulyo Jati). Koperasi ini diketuai oleh Bapak Tarmono Gadal yang juga adalah ketua Adat di daerah ini. Operasionalisaisasi manajemen usahanya dipimpin oleh Mas Edi. Dalam perjalanan perjuangannya, 140 orang sudah bergabung menjadi anggota terdiri dari 104 petani pengrajin gula kelapa dan sisanya profesi lain seperti pedagang dan pekerja.Angka ini berpotensi terus tumbuhkembang seiring dengan semakin banyaknya manfaat yang dirasakan oleh anggotanya.

Seiring dengan penguatan kelembagaan berbadan hukum koperasi, sisi pemasaran produk pun berkembang dan bahkan mengalami over demand. Koperasi AMJ ini sampai kewalahan memenuhi permintaannya karena kapasitas produksi yang masih terbatas. Respon pasar yang positif ini menjadi potensi yang sangat layak untuk diakselesarsi perkembangannya. Hal ini pula yang menjadi inspirasi penjajagan kemitraan dengan Yayasan Damandiri yang memiliki concern dalam pemberdayaan ekonomi rakyat. “Secara prinsip, Yayasan Damandiri tertarik mencarikan solusi atas persoalan yang dihadapi oleh Koperasi AMJ. Perlu segera di susun formula sehingga rasional untuk di support’, ungkap Pak Subijakto merespon realitas yang ada.

Dipenghujung diskusi antara Yayasan Damandiri dan Pengurus AMJ yang didampingi oleh Kopkun Institute disepakati untuk mempercepat proses sehingga akselerasi memberi harapan baru bagi segenap para petani pengrajin gula kelapa, khususnya anggota koperasi AMJ. “Ini akan menjadi jalan terang dan harapan baru bagi peningkatan para petani pengrajin gula kelapa”, simpul Mas Edi menyimpulkan perbincangan di sore ini.

berita terkait klik disini dan klik disini dan klik disini

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment