DEKOPINWIL JAWA TENGAH MENGGELAR “RAKERSUS”


DEKOPINWIL JAWA TENGAH MENGGELAR “RAKERSUS”

Hari ini, Selasa, 08 Januari 2019, Dekopinwil (Dewan Koperasi Indonesia Wilayah) Prov. Jawa Tengah menggelar rapat Kerja Khusus dengan mengambil tempat di Taman Wisata Kopeng (TWK) yang beralamat di Jalan Salatiga-Magelang Kabupaten Semarang. Disamping dihadiri oleh segenap pimpinan Dekopinwil Prov Jawa Tengah, Rakersus Dekopinwil ini juga dihadiri oleh para Pimpinan/Delegasi  Dekopinda Kab/Kota Se Jawa Tengah dan para Ketua Koperasi Primer/Sekunder Tingkat Jawa Tengah

Rakersus kali ini fokus untuk membahas 5 (lima) agenda utama, yaitu; (i)  Perubahan tempat Harkopwil Jawa Tengah Tahun 2019 ; (ii) RAPB Dekopinwil  Prov Jawa Tengah Tahun 2019; (iiii) legalisasi tanah An GKPRI Jateng diatas bangunan Dekopinwil Prov, Jateng ; (iv) Harkopnas di Jawa Tengah dan; (v) informasi seputar hasil rapat Paripurna Dekopin.

Perlu tim khusus yg dibentuk oleh Dekopinwil untuk melakukan kajian permasalahan tanah dekopinwil”, demikian simpulan saat membahas agenda tentang tanah Dekopinwil yang berlokasi di Pamularsih. Saat ini, tanah tersebut masih atas nama GKPRI namun umur HGB nya sudah akan usai sehingga merupakan waktu yang tepat untuk dialihkan menjadi  nama Dekopinwil Jateng.  Sejalan  dengan itu,  perlu komunikasi produktif antara dekopinwil dengan GKPRI sehingga ditemukan kesepakatan yang baik, khususnya bagi gerakan koperasi.  Ada opsi lain yang mengemuka dimana tanah tersebut juga bisa diatasnamakan Yayasan Pendidikan Dekopinwil yang menaungi STIE Semarang. Tim yang  dibentuk rencananya akan bekerja selama 6 (enam) bulan efektif.

Sementara itu, dalam rangka mendukung pelaksanaan Harkopnas 2019 di Kabupaten Banyumas dinilai perlu pembentukan panitia lokal yang melibatkan segenap unsur pimpinan Dekopinda Se-Jateng. Berkaitan dengan upaya menyemarakkan Harkopnas dimana Kab. Banyumas ditetapkan sebagai tuan rumah, peringatan Harkopwil Jawa Tengah pun disepakati untuk dipusatkan di tempat yang sama.  Hal ini juga bagian dari strategi  memudahkan dalam meng-organisasi seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan.  Disamping itu, dengan pemusatan semua kegiatan akan membuat Harkopnas menjadi lebih semarak dan menunjukkan kekompakan gerakan koperasi di lingkungan Jawa Tengah.

Secara internal, penguatan organisasi Dekopinwil Jawa Tengah dari sisi pendanaan juga perlu diinitensifkan. Untuk itu,  dihimbau kepada seluruh Dekopinda Kab/Kota dan Koperasi sekunder untuk taat azas, khususnya terkait dengan partisipasi iuran dan dana pendidikan. Hal ini sangat diperlukan sebagai daya dukung pelaksanaan berbagai program yang sudah direncanakan untuk menumbuhkembangkan gerakan koperasi di lingkungan Jawa tengah.   

Di penghujung rapat, Rencana Kerja 2019 yang diajukan oleh Pimpinan Dekopinwil Jawa tengah disetujui oleh segenap peserta rapat yang hadir. Dengan demikian, Dekopinwil memiliki dasar hukum organisasi dalam menjalan berbagai aktivitas di tahun 2019.

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment