KETIKA KSU SUMBER MAKMUR MENGGELAR KETAULADANAN


KETIKA KSU SUMBER MAKMUR MENGGELAR KETAULADANAN 

Hari ini, rabu 02 Januari 2019, KSU Sumber Makmur menggelar RAT Tutup Buku tahun 2018 di RM Oemah Daun, Purwokerto. Ini koperasi pertama yang menggelar RAT di lingkungan gerakan Koperasi Kabupaten Banyumas. Penyelenggaraab RAT ini juga merupakan salah satu bentuk kesehatan organisasi dan perusahaan KSU Sumber Makmur.

Disamping anggota, pengurus dan pengawas KSU Sumber Makmur, RAT Sumber makmur kali ini juga dihadiri oleh Bapak Ir. Wisnu selaku kepala Dinas tenaga kerja, Koperasi dan UMKM Kab. Banyumas; Pak Andik  B, SKM selaku Ketua PKP-RI Kab. Banyumas ; Bapak M. Arsad Dalimunte,SE,Ak selaku ketua Dekopinda Kab Banyumas.  

Dalam sambutannya, Bapak H. Kuswandi,SH selaku ketua KSU Sumber Makmur menyampaikan informasi  bahwa salah satu pengurus tidak bisa hadir di RAT kali ini, yaitu Ibu  Ir. Komariah karena sedang sakit. Namun demikian, ketauladanan layak disematkan kepada beliau karena walaupun sedang sakit namun segala persiapan RAT tetap beliau siapkan. Ini loyalitas yang sangat inspiratif dan layak menjadi contoh. Kecintaannya terhadap koperasi sangat meng-energi segenap pengurus dan pengawas untuk memberikan yang terbaik demi perkembangan koperasi.

Capaian hari ini tidak lepas dari kinerja kepengurusan dan partisipasi anggota yang terus menunjukkan peningkatan. Partisipasi ini menunjukkan bahwa koperasi ini berpotensi terus tumbuhkembang ke depannya. RAT kali ini juga menyelenggarakan re-organisasi pengurus dan pengawas yang periodisasinya sudah selesai. RAT kali ini bertemakan “berkoperasi bukan sekedar mencari manfaat tetapi juga saling memberi manfaat”

Dalam sambutan dan pembinaannya, Bapak Ir Wisnu menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kinerja kepengurusan dan kepengawasan yang sangat baik. Beliau juga berharap kepengurusan dan kepengawasan berikutnya  bisa mempertahankan dan bahkan meningkatkan kinerja yang sudah baik. Beliau juga menyampaikan bahwa Kabupaten Banyumas akan menjadi tuan rumah Harkopnas ke -72 yang puncaknya pada tanggal 12 Juli 2019.  Atas hal itu, beliau berharap semua pihak ikut mendukung, berpartisipasi dan mensukseskan, termasuk segenap unsur organisasi KSU Makmur.  
    
Bapak Andik selaku Ketua PKP-RI Kab.Banyumas, KSU Sumber Makmur merupakan KPRI pertama dari 78 (tujuh puluh delapan) KPRI  di Lingkungan Kab. Banyumas. Kami melihat bahwa  kolektivitas 181 (seratus) orang anggota telah berhasil membentuk capaian yang membahagiakan. Beliau juga mengingatkan bahwa optimalisasi anggota selaku pemilik dan pengguna jasa menjadi kunci tumbuhkembang KSU Sumber Makmur, Beliau juga mengingatkan afar anggota KSU Sumber Makmur tidak melakukan peselingkuhan dengan meminjam ke lembaga keuangan lainnya. Untuk itu, membangun dan merawat komitmen perlu terus dilakukan. Disamping itu, beliau juga mendorong pengembangan aktivitas layanan lainnya sehingga mempertinggi peluang anggota semakin sejahtera. Berkaitan dengan re-organisasi, beliau berpesan untuk memperhatikan kualifikasi, kapasitas, karakter dan pengalaman. Hal ini untuk menjamin keberlanjutan capaian-capaian yang sudah baik dan juga sekaligus peningkatannya. Berkaitan dengan pegelaran Harkopnas di Kab. Banyumas, Pengurus PKP-RI Kab. Banyumas memutuskan untuk me-wajibkan seluruh anggota menggunakan seragam KP-RI secara nasional. PKP-RI Kab. Banyumas juga akan menaikkan simpanan PKPRI dari Rp 2000 per anggta/per lembaga dinaikkan menjadi Rp 3000/anggota/lembaga. Hal ini sebagai bagian dari upaya meng-akselerasi pertumbuhan modal dan sekaligus mengembangkan PKP-RI Kab, Banyumas.

Ketua Dekopinda Kab. Banyumas, Muhammad Arsad Dalimunte,  mengapresiasi penyelenggaraan RAT yang tercatat sebagai koperasi penyelenggara RAT tercepat di lingkungan gerakan koperasi Kab. Banyumas yang secara statistik menunjukkan 544 koperasi. Hal ini bentuk ketauladan  yang layak ditiru oleh koperasi-koperasi lainnya di lingkungan Kab. Beliau juga menguatkan statemen Ketua PKP-RI Kab Banyumas untuk mengagas pengembangan unit layanan sehingga terbuka peluang semakin men-sejahterakan anggota. Hal ini sangat dimungkinkan mengingat bahwa KSU Sumber Makmur memiliki kemampuan yang cukup dan daya dukung anggota yang kuat. Disamping itu, Bung Arsad juga menyampaikan perlunya menggagas peningkatan hubungan aktivitas antara koperasi dan aktivitas anggotanya. Disamping menandaskan koperasi sebagai organisasi dan perusahaan yang kental pembedayaan, hal ini juga untuk meng-akselerasi tumbuhkembang aktivitas produktif anggota secara individu. Dalam tinjauan makronya, hal ini akan meluaskan kontribusi koperasi dalam pembangunan ekonomi.  



Secara umum, RAT berjalan lancar dan pegelaran RAT di pimpin oleh 2 (dua) orang anggota KSU Sumber Makmur, yaitu Bapak Suntoro dan Bapak Aji. Dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban juga tersampaikan bahwa KSU Sumber makmur tidak saja sanggup melayani anggota, tetapi juga sudah mengembangkan prinsip koperasi "kerjasama antar koperasi " dimana  KSU Sumber Makmur men-support likuiditas beberapa koperasi melalui pinjam antar koperasi.  
   

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment