Kosuku Unsoed Menggagas Edu Mart


Kosuku Unsoed Menggagas Edu Mart

Untuk ke dua kali, Pimpinan Dekopinda Kab Banyumas melibat  dalam diskusi bersama Pengurus Kosuku (Koperasi Serba Usaha Karyawan Unsoed). Seperti pertemuan pertama, fokus diskusi  adalah seputar rencana Kosuku merespon satu peluang dari  Dekan Fakultas Ekonomi  & Bisnis Unsoed yang berkeinginan adanya satu laboratorium toko bagi mahasiswa/i FEB  Unsoed. Pengembangan gagasan pun dilakukan dimana kombinasi  spirit edukatif dan penciptaan nilai tambah  baru telah menggiring pada pencarian formula efektif.  


Hal ini merupakan sesuatu yang berbeda dengan sekedar Program Prakerin (praktek kerja dan Industri) yang biasa dilaksanakan pada tingkat SMK. Obyek yang akan terlibat adalah para mahasiswa/i yang tentunya memiliki nalar intelektual berkemajuan, sehingga memerlukan pendekatan yang lebih komprehensif.

Sejalan dengan semangat Prof Suliyanto selaku Dekan FEB Unsoed, Pengurus Kosuku juga merancang pelibatan para mahasiswa/i. Keterlibatan tidak sekedar datang, kerja sesuai jam  standar dan kemudian pulang. Keterlibatan mereka di lingkar proses operasional toko swalayan harus menjadi media pembangunan pemahaman utuh tentang bagaimana sebuah bisnis berjalan dan dijalankan, khususnya tiko swalayan. Disamping itu, diharapkan para mahasiswa/i ini terinspirasi mengembangkan imajinasinya sehingga tertemukan gagasan-gagasan brilian yang semakin menambah aura kreatif di lingkungan kampus. Pada titik ini mewujud, maka bukan tidak mungkin keterlibatan mereka menjadi muasal ketertarikan mahasiwa/i untuk menggeluti dunia wirausaha secara total.

Demikian halnya bagi mahasiswa yang memilih concern pada pengembangan managerial skill, diharapkan ini sebagai warming up menjadi seorang profesional. Ini model “cipta kondisi” yang akan memberi gambaran utuh tentang bagaimana seharusnya seseorang menjadi karyawan atau profesional. Disisi lain, “nilai tambah” tetep menjadi perhatian sebab untuk mewujudkan laboratorium semacam ini memerlukan alokasi anggaran yang tidak sedikit. Kosuku sebagai koperasi tentu juga tidak bisa mengabaikan nilai-nilai manfaat jangka pendek dan juga jangka panjang ketika melibat aktif dalam program ini.

“Prioritas kami tidak semata-mata pada sisi ekonomi saja, tetapi juga memaknai ini  sebagai bagian dari implementasi kampus sebagai tempat pembelajaran & pengembangan ilmu pengetahuan. Mengingat anggota kami terdiri dari para para dosen dan karyawan Unsoed, Insha Allah tidak terlalu sulit membangunkan pemahaman dan juga pengertian tentang program bernuansa edukatif ini”, ungkap Bapak Hari Pujianto, Ketua Kosuku

Sementara itu, Bung Arsad selaku ketua Dekopinda Kab. Banyumas menyampaikan apresiasinya terhadap ide Pak Dekan Febi dan juga cara Kosuku merespon gagasan ini. Ada 2 (dua) alasan untuk mengapresiasi ini, yaitu ; (i) Kampus adalah agen perubahan yang sangat strategis meng-campaign pemikiran dan praktek yang baik dan; (ii) Kampus juga merupakan gudang ilmu pengetahuan dan metodologi yang akan menginspirasi masyarakat luas untuk lebih berkembang; (iii) Pelibatan Kosuku menjadi sesuatu yang sangat keren, sebab program ini tidak saja peluang untuk “memproduksi nilai tambah ekonomis”, tetapi juga momentum men-sosialisasikan dan meng-edukasikan kepada para mahasiswa/i tentang bagaimana koperasi bekerja dan sekaligus men-doktrinkan imajinasi besar tentang ekonomi kreatif berbasis kolektivitas. Beliau juga mengingatkan, untuk kelanggengan ke depan perlu melakukan penyamaan persepsi dengan segenap anggota yang nota bene adalah pemilik koperasi. Dengan demikian, persepsi dan ekspektasi anggota terhadap kelahiran edu mart ini sesuai dengan roh pengelolaannya.   

Pada pertemuan kedua ini, Pimpinan Dekopinda juga mengajak Kopkun Institute (KI) yang kesehariannya memang concern pada pengembangan ide-ide kreatif di lingkar koperasi. Kehadiran KI diharapkan akan memperkaya gagasan pada tingkatan implementasi semangat dan konsep besar yang sudah tersusun. 
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment