OLEH-OLEH DARI PEGELARAN RAT KOGAT CILONGOK


OLEH-OLEH DARI PEGELARAN RAT KOGAT CILONGOK

Hari ini, minggu, 13 Januari 2019, KPRI “KOGAT”  Cilongok menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2018. Pegelaran ini dilaksanakan ditempat yang tak biasa, yaitu  Cafe dGarden yang berjarak 17,7 km dari basecamp nya di Kecamatan Cilongok. Kogat ini terasa sangat special mengingat beranggotakan para guru SD se-Kecamatan Cilongok. Dalam pandangan Dekopinda, para guru merupakan insan-insan mulia yang berpengaruh signifikan dalam pembentukan kualitas peradaban dari generasi melalui proses pemelajaran di sekolah.   
    
Dalam sambutannya, Ibu Kepala UPK Kec.
Cilongok mengapresiasi eksistensi KOGAT yang sukses menjadi salah koperasi papan atas di Kabupaten Banyums. Ini menunjukkan bahwa para guru SD di lingkungan Kecamatan Cilongok guyup rukun dan memiliki persatuan dan kesatuan yang kuat. Beliau juga berpesan agar anggota memanfaatkan moment strategis ini untuk menyampaikan aspirasi terbaik untuk kemajuan koperasi.

Pak Camat juga menyampaikan apresiasinya atas undangan yang diberikan. Hal ini akan merekatkan Pemerintahan Kecamatan dengan Masyarakat, khususnya para guru yang terhimpun dalam KPRI Kogat Cilongok. Beliau juga meng-apresiasi pegelaran RAT pada bulan Januari dan juga sangat bangga dengan capaian Kogat. Bapak Camat  menyampaikan perlunya pengkajian serius bila banyak anggota yang meminjam di Bank. Kalau hal ini ternyata dikarenakan tingginya jasa pinjaman di koperasi, maka Kogat perlu mengkaji apakah perusahaan Kogat dikelola dengan konsep profit yang beriorientasi pada perolehan SHU atau Benefit yang berorientasi pada efeisiensi kolektif. Beliau juga menyarankan untuk mengembangkan semangat kewirausahaan di kalangan anggota sehingga tertemukan ide-ide kreatif dalam meng-akselerasi tumbuhkembang Kogat.  Di penghujung sambutan, beliau mengajak segenap anggota untuk terus mengembangkan partisipasinya sehingga koperasi semakin tumbuh dan anggota semakin sejahtera.   

Ketua Dekopinda Kab.Banyumas, Muhammad Arsad Dalimunte, menyampaikan apresiasi atas perjalanan Kogat.” Saya lama mengikuti perjalanan dan perjuangan Kogat Cilongok. Saya mendapati banyak hal yang begitu keren dimana Kogat sukses membangun komitmen anggotanya untuk  mengembangkan partisipasi. Hal ini tidak saja berdampak pada perkembangan koperasi selaku perusahaan, tetapi juga terbangunnya kesadaran anggota menolong diri sendiri (baca: self help) melalui koperasi. Kogat memiliki modal sosial yang bagus untuk terus tumbuhkembang melalui pengembangan ide dan gagasan baru yang brilian ” . Dalam sambutannya, Bung Arsad juga menyampaikan permohonan perkenan anggota untuk mengajarkan kepada segenap siswa/i di ruang-ruang kelas tentang perlunya mengembangkan kebersamaan, kegotong royongan  serta berkoperasi. Disamping untuk menggerus suburnya  budaya egoisme, individualisme dan bahkan autisme di lingkar generasi muda, hal ini juga menyangkut tentang persatuan dan kesatuan bangsa.

Berkaitan dengan agenda re-organisasi yang akan dilaksanakan Kogat Cilongok pada RAT kali ini, Bung Arsad mengingatkan untuk memilih pengurus dan pengawas yang amanah dikeseharian hidupnya. Kompetensi dan pengalaman perlu dipertimbangkan juga sebab capaian keren Kogat hari ini memerlukan orang-orang yang memiliki kemampuan yang mumpuni. Hal ini berkaitan dengan keberlangsungan dan keberlanjutan jalannya Kogat. 


NB : Detail pidato tertulis Pimpinan Dekopinda Kab. Banyums  Klik disini   

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment