KSP “Mino Martani” Tetap Eksis dan Tumbuh Di Era Industri 4.0


KSP “Mino Martani” Tetap Eksis dan Tumbuh Di Era Industri 4.0

Hari ini, Minggu, 17 Februari 2019, Pimpinan Dekopinda Kab Banyumas menghadiri RAT Tutup Buku Tahun 2018 KSP Monomartani. Rapat anggota ini merupakan yang ke13 (tiga belas) dan mengambil tempat  di Aula Hotel Atrium, Kec.Sokaraja, Kab. Banyumas. Disamping media pertanggungjawaban, RAT kali ini juga meng-agendakan re-organisasi.

Dalam laporannya, Ketua Panitia menyambpaikan bahwa Kepesertaan RAT menggunakan sistem perwakilan kelompok yang kebetulan mayoriras diwakili kaum perempuan.  Kehadiran mayoritas kaum perempuan ini  sangat strategis mengingat para ibu merupakan agen dalam pengembangan kesejahteraan ekonomi keluarga dan juga dalam pengembangan iklim sosial yang lebih baik.  KSP Minomartani juga dipastikan masih eksis di era industri 4.0 karena konsisten menjalankan Identitasnya sebagai  pelayan dengan kasih”.  

Bapak Josep  Sutrisno, selaku ketua KSP Mino Martani, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada segenap anggota yang sudah menunjukkan konsistensi komitmennya dalam mengembangkan koperasinya. Sehubungan dengan adanya agenda re-organisasi, Bapak Joseph juga menyampaikan terima kasih atas daya dukungnya sehingga jalannya kepengurusan berjalan lancar dan terus menunjukkan perkembangan.      

Pimpinan Dekopinda meng-apresiasi pegelaran RAT ini. Disamping sebagai bagian dari bukti kesehatan dan soliditas organisasi, RAT ini juga merupakan media strategis untuk me-refresh spirit berkoperasi di segenap stake holder yang hadir, khususnya anggota. Pimpinan Dekopinda menyatakan apresiasi tingginya terhadap keberadaan dan eksistensi KSP Mino Martani, apalagi koperasi ini memiliki prestasi membanggakan dan sering dijadikan tempat studi banding koperasi-koperasi lainnya, antara lain gerakan koperasi Kab. Tegal. 

"Saya pertama kali tertarik dengan Credit Union sejak Mas Suroto memperkenalkan saya dan berdiskusi dengan para 
perintis CU di Indonesia, antara lain : Bapak Robby Tulus, Bapak Ansarli, Ibu Desi dan lain sebagainya. Sejujurnya, saya memiliki perhatian tersendiri pada Credit Union di Indonesia mengingat cencern dan konsistensinya dalam hal pendidikan anggota. Hal ini sesuai dengan spirit koperasi sebagai kumpulan orang yang fokus utamanya membangun orang. Lewat pendidikan akan terbangun kefahaman yang utuh tentang koperasi dan juga relevansinya dengan keterbangunan kapasitas dan kesejahteraan anggota secara individu melalui optimalisasi kolektivitas dan pemberdayaan. Lewat pendidikan, juga mendorong koperasi sebagai media menolong diri sendiri (self help) bagi anggotanya. Apa yang saya dapati hari ini dan berdasarkan pengamatan panjang tentang KSP Mino Martani, saya ikut bangga dan senang, apalagi KSP Mino Martani ini bergerak di lingkungan masyarakat sehingga berkontribusi nyata dalam pemberdayaan ekonomi rakyat", ungkap bung arsad dalam sambutannya.    Sementara itu, berkaitan dengan adanya agenda re-organisasi, beliau berpesan 3 (tiga) hal : (i) pastikan ada pengurus lama yang tetap dijadikan pengurus minimal 1 (satu) orang. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan kontinuitas informasi dan jejak
strategi pembangunan koperasi dimasa lampau; (ii) kalau memang kinerja pengurus dan pengawas sudah baik, perlu dipertimbangkan untuk dilanjutkan demi kontinuitas kemajuan koperasi ; (iii) mempertimbangkan faktor kaderisasi dan pemerataan kesempatan. (detail sambutan ketua dekopinda Kab Banyumas...klik disini)   

Bapak Camat, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan apresiasi tinggi terhadap keterselenggaraan RAT ini. Kami juga mengapresiasi tinggi dengan keberadaan dan eksistensi KSP Mino Martani, khususunya dalam mendorong tumbuhkembang UMKM yang berhimpun di dalam koperasi. Untuk meningkatkan daya saing; (i) meningkatkan komptensi; (ii) pengurus dan pengawas memiliki komitmen untuk mwngwlola efektif dan efisien sehingga memiliki daya saing’ (iii) kerjasama antar pengurus dan koperasi lainnya perlu ditingkatkan baik dalam permodalan, pemasaran dan lain sebagainya. "Capaian hari ini jangan membuat puas, ragam kreasi perlu terus dikembangkan", ungkap beliau dalam sambutannya.
  
Sementara itu, Bapak Jatmiko mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab Banyumas menyampaikan terima kasih atas hubungan baik yang terjalin selam ini dengan pemerintahan kab , Banyumas, walau status badan hukum nya adalah tingkat provinsi. Dalam rangka meningkatkan semangat berkoperasi, beliau mengajak untuk membudayakan tersenyum sebagai bagian dari strategi untuk memelihara kegembiraan dan juga memantik ragam ide segar. Berkaitan dengan kekinian zaman, beliau men-sarankan untuk membangun dan meluaskan jaringan baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini dimaksudkan untuk membangun kemitraan yang menguntungkan, meluaskan akses, kerjasama likuiditas dan lain sebagainya. Beliau juga meng-apresiasi inovasi yang terus dikembangkan di lingkungan KSP Mino Martani. “teruslah mengembangkan inovasi sehingga tidak mengalami titik kulminasi dan juga titik stagnan”, pesan beliau.               

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment