SUMRINGAH PEDAGANG SEMBAKO DI AGENDA SILATURRAHMI GUBERNUR JAWA TENGAH


SUMRINGAH PEDAGANG SEMBAKO DI AGENDA SILATURRAHMI GUBERNUR JAWA TENGAH 

Hari ini, Selasa, 09 April 2019, Gubernur Jawa Tengah, Bapak H. Ganjar PranowoS.H., M.IP. mengadakan silturrahmi dengan penerima bantuan Gubernur Jawa Tengah tahun anggaran 2018. Acara ini berlangsung di  Pendopo Sipanji Purwokerto dan dimulai jam 09.30 Wib.

Bupati Banyumas, Bapak Ir. Achmad Husein, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak kemarin siang sudah mendampingi Gubernur di Bumi Perkemahan kalisada dalam rangka agenda berdo’a bersama untuk kondusifitas iklim damai dan tertib, khususnya sampai pegelaran pemilihan umum usai. Satu hal yang menarik, ternyata Gubernur Jawa Tengah menggunakan sepeda motor dari Cilacap. Tak hanya itu saja, Bapak Gubernur pun ternyata melanjutkan penggunaan sepeda motor ke obyek-obyek kunjungan berikutnya di daerah Kabupaten Banyumas.

Bupati juga meng-informasikan adanya peristiwa emergency  tadi malam dima 8 (delapan) kios di Pasar Manis mengalami kebakaran. Atas kejadian ini, Quick Respon pun diambil dan alhamdulillah tertangani dengan baik, Bupati berkomitmen membantu perbaikan kios-kios tersebut dan Insha Allah pada Hari Selasa nanti akan kembali bisa berjualan sebagaimana biasanya.  Dalam acara ini , Gubernur Jawa tengah memberikan bantuan kepada 21 (dua) puluh satu penerima, baik perorangan maupun kelembagaan. Bantuan itu ada yang untuk kelompok pengrajin tahu, ada yang untuk madrasah, ada bantuan untuk veteran dan lain sebagainya.  

Menyapa langsung  beberapa pedagang  yang  tokonya kebakaran di pasar manis dan  sengaja di undang hadir dalam acara ini, dilakukan Gubernur Jawa Tengah di awal sambutannya. Secara bergantian, Gubernur bertanya langsung kepada para pedagang tentang kondisi masing-masing toko usai di lalap api. Pak Ganjar pun bertanya tentang kondisi finansial para pedagang, mulai dari posisi hutang mereka sampai taksiran nilai kerugian yang dialamu. Gubernur juga menginformasikan bahwa Pemprov memiliki dana stanby untuk bencana termasuk kebakaran dengan indeks Rp 15.000.000,oo/bantuan. Sehubungan dengan hal tersebut, Gubernur menyatakan komitmennya untuk membantu para pedagang itu dengan nilai Rp 15.000.000/orang.  Tidak hanya sampai disitu, secara pribadi Gubernur pun memberi bantuan langsung kepada pedagang yang kiosnya ludes dilalap api itu. Wajah-wajah sedih itupun mendadak terharu sekaligus sumringah.

Dalam sambutan dan arahannya,  Gubernur Jawa Tengah  menginformasikan kepada segenap lapisan masyarakat yang hadir tentang  bantuan Pemprov untuk Kab. Banyumas Tahun 2018 sebesar Rp 70,1 M. Sementara itu, untuk tahun 2019 direncanakan naik menjadi Rp 101 M.  Selaku Gubernur saya juga meng-apresiasi tinggi terhadap Pemkab Banyumas yang sukses menurunkan angka kemiskinan tertinggi di lingkungan Jawa tengah. Hal ini menandakan adanya efektivitas intervensi yang dilakukan oleh Pemkab Banyumas terhadap masyarakat yang belum beruntung”, ungkap beliau disambut tepuk tangan yang hadir.

Pemerintah juga harus siap terbuka dalam melayani masyarakat. Untuk itu, mari di Jawa Tengah pemerintahannya semakin terbuka sampai ke tingkat Pemerintah Desa. Sebagai satu catatan yang menjadi kebanggaan kita bersama, Pemerintah Jawa Tengah merupakan provinsi yang tercatat sebagai provinsi terbaik dalam hal keterbukaan informasi. Sejalan dengan semangat itu, Kepada para seluruh ASN, beliau berpesan agar melayani masyarakat dengan sebaik-baikmya. Kita harus pegang teguh sumpah selaku abdi negara.  Disamping itu, semua dari kita juga harus ikut menjaga Pancasila.

Dipenghujung sambutannya, Gubernur menandaskan bahwa Banyumas  memiliki potensi luar biasa. Kota ini sangat melegendaris dan juga memiliki destinasi yang cukup banyak.  Oleh karena itu, beliau meyakini bahwa Sektor Pariwisata Kabupaten Banyumas akan sangat terdukung dengan beroperasionalnya Bandara di Purbalingga yang direncanakan tahun 2020 nanti. Akhirnya, Gubernur beserta rombongan mencukupkan kunjungan kerja ke Wilayah Kabupaten Banyumas dan selanjutnya bertolak menuju Kota Solo.   

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment