DINAMIKA INSPIRATIF DARI KOPERASI SYARIAH CAHAYA AMANAH CILACAP


DINAMIKA INSPIRATIF DARI KOPERASI SYARIAH CAHAYA AMANAH CILACAP

Sebuah pengalaman tak biasa berkesempatan berada diantara segenap unsur organisasi koperasi syariah Cahaya Amanah Cilacap. Pagi ini, minggu 12 Mei 2019, Koperasi ini mengggelar RAT untuk pertama kalinya. Hal yang mumbuat terasa amazing adalah sejarah yang melatarbelakangi keterbentukan koperasi ini, yaitu gerakan 212. Gerakan 212 ini telah sukses menggoncang dunia dan mengundang decak kagum yang menyaksikan langsung maupun lewat medsos atau Youtube. Singkatnya, kesuksesan menyatukan semangat ummat telah meng-insprasi agenda lanjutan bertajuk pembangunan ekonomi ummat yang terwadahi dalam sebuah koperasi. Akhirnya semangat  komunitas 212 inipun berhasil mendirikan Koperasi-koperasi berbasis syariah diberbagai daerah diseluruh  tanah air.   
“Kehidupan yang berkah untuk ummat”  menjadi thema besar perjuangan koperasi-koperasi itu, tidak terkecuali Koperasi Syariah cahaya Amanah. Sebagaimana koperasi berlatar belakang komunitas 212, koperasi ini pun memulai aktitas produktifnya di sektor perdagangan yang berwujud toko retail modern. Dalam prakteknya, koperasi ini menghindarkan segala bentuk praktek yang sekiranya mengandung unsur riba yang diyakini sebagai salah satu penghambat keberkahan hidup.

Toko retail Cahaya Amanah Cilacap baru beroperasional mulai April 2018. Oleh karena itu, toko ini belum genap 1 (satu) tahun sampai dengan 31 Desember 2018. Keberadaan toko ini tidak saja berhasil menyelenggarakan ragam kebutuhan anggotanya, tetapi juga media pemasaran efektif  bagi anggota yang menekuni atau memproduksi sebuah produk. Artinya, disamping sebagai simbol persatuan dan media merawat silaturrahmi, toko ini juga mewujud sebagai institusi pemberdayaan yang meng-akselerasi tumbuhkembang para pelaku UKM.

Aura soliditas dan kekompakan itupun begitu terasa nyata saat menanggapi laporan pertanggungjawaban pengurus. Semua pendapat yang mengedepan terkandung semangat serupa, yaitu menumbuhkembangkan dan sekaligus meluaskan makna dan  manfaat keberadaan toko yang mereka miliki bersama ini. Mereka memiliki kesadaran bahwa tahun pertama merupakan awalan dan masih memerlukan serangkaian inovasi untuk menemukan titik idealnya.

RAT kali ini pun dimanfaatkan untuk membangun penyamaan persepsi terhadap koperasi dan sekaligus me-refresh spirit kebersamaan segenap unsur organisasi. Bu Eli Kurniawati, yang hadir mewakili Kepala Dinas Koperasi, membangun semangat segenap peserta RAT. Beliau menandaskan bahwa besar tidaknya koperasi sangat tergantung pada partisipasi anggota. Beliau juga mengingatkan kepada koperasi cahaya amanah untuk tertib memberikan laporan keuangan triwulanan sehingga Dinas memiliki data untuk melakukan pengawasan, evaluasi dan juga memberikan saran dan pendapat untuk meng-akselerasi tumbuhkmebang koperasi Cahaya Amanah.

Selanjutnya, Bung Arsad Dalimunte kebagian tugas membangun penyamaan persepsi dan sekaligus menjelaskan tentang bagaimana koperasi bekerja bagi peningkatan kesejahteraan anggotanya.  Bung Arsad Dalimunte mengawali presentasinya dengan penyampaian apresiasi atas keterbentukan dan jalannya Koperasi Cahaya Amanah. “ ini karya ummat yang keren dan bernilai harapan bagi peningkatan kesejahteraan anggota (baca: ummat). Koperasi ini menjadi simbol persatuan dan kebisaan ummat dalam membangun kebersamaan produktif dalam urusan muamalah”, ungkap Bung Arsad.

Detail Materi Bung Arsad
Untuk meluaskan manfaat dari keterselenggaraan pendidikan perkoperasian yang berlangsung di RAT Koperasi Cahaya Amanah ini, berikut disajikan materi yang disampaikan oleh Bung Arsad Dalimunte.  klik disini

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Selamat buat kota Banyumas menjadi sejarah baru gerakan koperasi Indonesia untuk harkopnas ke 72 semoga sukses selalu yang puncaknya upacara 12 Juli 2019. Berkumpul perwakilan gerakan koperasi se Indonesian dan perwakilan koperasi negara sahabat. Keluar kan semua kemampuan agar tamu pulang dengan senang membawa cinderamata produk lokal dan utama kopkun institut memanfaatkan element simpul masa koperasi Indonesia untuk maju bangkit..... merdeka

    ReplyDelete