PROJECT IDEALISME ITU PUN MEWUJUD


PROJECT IDEALISME ITU PUN MEWUJUD

 
Beberapa waktu lalu, redaktur  www.dekopindabanyumas.com mengangkat  tentang satu project yang sedang diinisasi oleh KOSUKU (Koperasi Serba Usaha Karyawan/ti  Unsoed) Purwokerto, yaitu pendirian sebuah swalayan berbasis edukasi yang kemudian dinamakan dengan “KOSUKU Edumart”.  Dalam prototype-nya, swalayan ini menjadi bagian dari rangkaian aktivitas laboratorium Fakultas Eknonomi & Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman.

Project ini dinaungi oleh Kosuku, sebuah KPRI beranggotakan lebih kurang 1700 (seribu tujuh ratus) Dosen dan Karyawan Unsoed. Sementara itu, secara operasional, Edumart ini tidak saja melibatkan para profesional dibidang retail business, tetapi juga melibatkan mahasiswa/i FEB dalam tajuk magang. Pelibatan mahasiswa/i ini merupakan bagian dari klausul perjanjian Kosuku dengan Pihak Kampus dan mempertegas tentang ruh keberadaan Edu mart ini tidak semata-mata dilandasi oleh spirit perolehan laba, tetapi juga sebagai media pembelajaran bagi para mahasiswa tentang perdagangan, khususnya dalam manajemen retail  business. Untuk mendukung ini, pihak kampus pun menetapkan magang di Edumart sebagai salah satu  sumber perolehan poin kaitannya dengan kewajiban setiap mahasiswa/i menuntaskan total poin kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu persyaratan kelulusan.   

Setelah melalui proses penyamaan persepsi, pergulatan gagasan, penyatuan spirit  dan sinergitas segenap unsur, akhirnya Edumart ini berhasil diwujudkan dan diresmikan pimpinan Universitas Jenderal Soedirman pada Hari Jum’at, 24 Mei 2019 kemarin. “awalnya banyak yang meragukan Kosuku bisa mewujudkan program prestisus ini, namun setelah Kosuku berkolaborasi dengan Dekopinda Banyumas dan Kopkun Institute, Alhamdulillah Edumart ini pun berhasil diwujudkan. Berkat keberhasilan awal ini, Kosuku pun semakin dipercaya pihak kampus dan akan diamanahi beberapa pekerjaan lainnya, antara lain penyiapan snack untuk kepentingan rapat di lingkungan Kampus”, ungkap Manager Kosuku yang juga salah satu Dosen Akuntansi, Ibu Ida Nur Farida. 

Ini mimpi panjang yang akhirnya mewujud berkatkan sinergitas berbagai unsur, termasuk daya dukung anggota yang nota bene adalah pemilik Kosuku. Capaian inipun diyakini melipatgandangan semangat anggota Kosuku untuk terus menumbuhkembangkan partisipasinya. Disamping itu, hal ini juga diharapkan meningkatkan semangat segenap unsur organisasi Kosuku untuk semakin mengembangkan ragam unit layanan berbasis kebutuhan mayoritas anggota. Satu hal yang layak menjadi catatan istimewa adalah keterlibatan Kosuku dalam mengembangkan kualitas mahasiswa di lingkungan FEB, khususnya dalam mengembangkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang perdagangan. Hal ini akan menjadi satu ciri khas Kosuku yang eksis dan tumbuhkembang di lingkungan kampus. Dengan kata lain, relevansi Kosuku dengan dunia pendidikan menjadi terbangun. Ini baru awalan dan semangat serupa akan terus dikembangkan. Semoga capaian ini juga menginspirasi kampus-kampus lain ditanah air ”, Ungkap Bapak Hari selaku ketua Kosuku Unsoed yang juga sebagai Dosen IESP FEB Unsoed.

Apresiasi tinggi juga datang dari Ketua Dekopinda Banyumas. “Koperasi itu kumpulan orang yang fokus pada pembangunan orang. Ragam unit layanan koperasi lahir diinsiprasi oleh keterbangunan kapasitas dan kesadaran orang-orang di dalamnya. Hal ini terlihat nyata  dikehadiran Kosuku Edumart ini. Sejak wal, Dekopinda sangat respect dengan program ini dikarenakan memiliki relevansi dengan dunia pendidikan. Jadi,Kosuku  Edumart ini bukan saja tentang putaran uang, tetapi juga bukti nyata upaya aktif Kosuku dalam meng-campaign tentang koperasi di lingkungan Kampus. Ini karya keren nan inspiratif”, ungkap Ketua Dekopinda Banyumas. 

Rektor Unsoed juga menyampaikan apresiasinya pada agenda grand opening itu. “  saya sangat apresiasi atas kemanfaatan simpan pinjam yang diselenggarakan oleh Kosuku. Unit layanan ini snagat membantu anggota dalam memenuhi ragam kebutuhan hidup. Saya masih ingat kalau dulu Kosuku berkantor persisi di belakang gedung laboratorium ini. Karena perluasan pembangunan kampu pindah ke sekitar Rektorat dan akhirnya kembali lagi  ke area yang sama dalam keadaan yang sudah berkembang dan jauh lebih baik.  Alhamdulilah,  sekarang Kosuku  punya toko yg lebih lengkap dan dengan tampilan yang lebih modern serta kekinian sehingga anggota bisa belanja kebutuhannya dengan lebih nyamana. Sebagai bentuk dukungan nyata, Insya Allah kita akan buatkan edaran himbauan belanja anggota ke Kosuku Edumart”, Ungkap Rektor Unsoed, Prof Suwarto.

Hadir dalam Grand Opening ini antara lain, Dekan FEB Unsoed Prof Sulis beserta jajarannya, Ibu Ummi mewakili Dinas tenaga kerja koperasi & UKM, Bung Arsad selaku Ketua Dekopinda dan para Dosen yang juga anggota Kosuku.   

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment