MENILIK KESIAPAN dan MEN-DRIVE KESUKSESAN PEGELARAN LEWAT RAPAT INFORMAL


Rapat Formal  Persiapan Harkopnas-72 yang akan melibatkan seluruh panitia (pusat, wilayah dan lokal) sebenarnya baru akan di gelar besok tangggal 27 Juni 2019 di Pendopo Kab Banyumas yang rencananya di mulai jam 13.00 Wib. Namun demikian, rombongan Dinas Koperasi & UKM Prov Jawa Tengah berinisiatif menggelar rapat pendahuluan dengan beberapa panitia lokal. Rapat ini dimulai sekitar Jam 21.30 Wib saat tim Dinas Koperasi & UKM Prov Jawa Tengah sampai di kota Mendoan, Purwokerto.

Rapat informal ini tergelar di Cafe Inno Circle Kopkun Purwokerto yang beralamat di Jalan HR Boenyamin Depan Kantor Pusat Kampus Unsoed Purwokerto, sebuah cafe yang khas dengan sentuhan kreatif generasi muda zaman now, sarat dengan intelektualitas dan ekspresi kekinian serta semangat perubahan dengan spirit dasar koperasi. Suasana santai yang diselingi dengan guyonan segar membuat rapat yang berlangsung jauh dari kesan kaku atau menjenuhkan. Walau peserta rapat dari berbagai lintas generasi, namun suasana yang tercipta efektif membangunkan semangat yang sama.  

Rapat pendahuluan ini dimaksudkan untuk men-selaraskan segala sesuatunya sehinggga besok kita lebih siap saat  dilakukan finalisasi pada rapat koordinasi gabungan”, ungkap Bapak Hatta dari Dinas Koperasi  & UKM Prov Jawa Tengah di permulaan rapat.

Ada  4 (empat) fokus  yang menjadi pokok bahasan malam ini, yaitu pembahasan ; (i) Leason Officer; (ii) Jambore dan; (iii) Ziarah dab; (iv) Grebeg. Penyamaan persepsi  dilakukan atas  setiap item kegiatan sehingga  difahami secara massif dan disemangati peng-upayaannya secara total oleh setiap yang terlibat. Menilik alur detail pun dilakukan untuk mencermati hal-hal yang perlu perbaikan. Memastikan sinkronisasi antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya dilakukan guna tidak terjadi tabrakan peran dan pengulangan. Men-sinergikan tanggungjawab satu bagian dengan bagian lainnya dimaksudkan untuk membangun perpaduan yang diamik. Budgetting juga tak lupa menjadi bagan yang dibahas dengan memperhatikan sumber, efisiensi dan efektivitas. Memastikan relevansinya dengan thema besar Harkopnas ke-72, yaitu Reformasi Total Koperasi Indonesia.

Usai presentasi dan pembahasan 4 (empat) item kegiatan, rapatpun diusaikan dengan tepuk tangan bersama untuk menjaga semangat dan gairah sukses pelaksanaan. Semua berkomitmen ingin menyajikan yang terbaik sehingga segenap stake holder yang akan menjadi bagian dari perhelatan akbar bertajuk Harkopnas ke-72 ini nyaman dan penuh kesan. Selain itu, segenap panitia ingin rangkaian pegelaran  Harkopnas ini tidak terjebak pada aksi ceremony, tetapi juga kaya substansi.  

Tak terasa ternyata sudah jam 00. 15 Wib saat semua peserta rapat beranjak istrahat dan pulang ke tempat/penginapan masing-masing. Semoga semangat yang membuncah ini menjadi penguat keyakinan tentang sukses penyelenggaraan, sukses acara dan sukses substansi tentunya. Dengan demikian, perhelatan rangkaian Harkopnas ke-72 ini tidak saja membangun semangat ke-kita-an, tetapi juga meng-akselerasi tumbuhkembang kreativitas pegiat dan pejuang koperasi dalam mewujudkan perluasan kesempatan masyarakat dalam ber-usaha serta lebih men-sejahterakan dalam arti luas. Pada saat hal itu benar-benar mewujud, maka perhelatan ini tidak saja berdampak jangka pendek, tetapi juga berimplikasi jangka panjang dan berkelanjutan. Tentu hal ini yang menjadi harapan setiap orang, khususnya kalangan pejuang ekonomi kerakyatan yang terhimpun dalam koperasi.      

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment