SPIRIT MEMBUNCAH DI HARI UMKM INTERNATIONAL 27 JUNI



SPIRIT UMKM BANYUMAS MEMBUNCAH


Purwokerto, 27 Juni 2019.  50 (lima puluh) Pelaku UMKM  berbagai bidang berkumpul di aula Wakil Bupati Banyumas dalam agenda sarasehan UMKM. Pegelaran agenda ini dalam rangka Hari UMKM Internasional yang jatuh pada tanggal 27 juni. “UMKM Kabupaten Banyumas Menuju Pasar Global” dipilih menjadi tema sarasehan kali ini. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab Banyums dan  Banyumas kreatif menjadi narasumber salam sarasehan ini.   

“Pegelaran agenda ini dimaksudkan untuk membuka wawasan dan sekaligus jaringan usaha sehingga lebih agresif dalam memasarkan produknya dipasar nasional dan global. Di penghujung acara, direncanakan pembentukan forum UMKM sebagai wadah bagi pelaku UMKM di Kab, Banyumas”, tegas panitia dalam laporan dan sambutannya.

Bapak Drs Sadewo Trilistiono,  selaku Wakil Bupati Kab. Banyumas, dalam sambutannya meyampaikan apresiasi atas keterselenggaraan sarasehan UMKM ini.  Semoga sarasehan ini efektif sebagai pemicu semangat pemangku kepentingan dalam menyatukan pandangan bersama untuk memajukan ekonomi Banyumas.  Beliau juga mengingatkan agar agenda-agenda seperti seminar dan sarasehan semacam ini menghasilkan outcome  yang terukur sehingga tidak terjebak pada ceremony.  Untuk meng-akselerasi efektivitas forum, Wabup Kab Banyumas juga sengaja menghadirkan BRI sehingga bisa memberi penjelasan  tentang bagaimana meng-akses modal bagi mendukung tumbuhkembang UMKM.

Dalam kesempatan ini, Wabup Banyumas juga menyatakan bahwa hari ini begitu banyak daerah sedang menghadapi persoalan sampah, tidak terkecuali Kab, Banyumas. Beliau juga mengingatkan bahwa persoalan sampah bukan saja menjadi tugas pemerintah tetapi juga melekat pada setiap warga negara.  "Alhamdulillah,  Kab. Banyumas memperoleh hibah penghancur plastik sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap komitmen dan upaya Kab Banyumas dalam penanganan sampah.  Kab banyumas mendapat hibah terbanyak diantara tiga kabupaten lainnya di lingkungan Provinsi Jawa Tengah.", ungkap beliau yang diikuti dengan tepuk tangan seluruh peserta yang hadir ini.  

PBB telah menetapkan 24 juni telah menetapkan hari UMKM  tanggal 27 juni.  Hal ini sebagai bentuk kesadaran anggota PBB tentang peran penting UMKM dalam perekonomian sebuah negara. Sebagai bagian dari negara-negara di dunia dan juga bagian dari Indonesia, Kab. Banyumas juga harus ikut aktif menumbuhkembangkan UMKM sehingga menghasilkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat luas. 

Sejalan dengan itu, Bapak Sadewo juga mengatakan bahwa Pemkab Banyumas sangat mendukung akselerasi tumbuhkembang gula kelapa yang bervisi luas,  baik berorientasi pasar dalam negeri maupun berorientasi ekspor. Pemerintah Kab Banyumas sangat komit menumbuhkembangkan UMKM dan menjadi salah satu  misi Bupati/Wakil  Bupati dan juga dijadikan sebagai misi RPJMN Kab Banyumas. Untuk itu butuh kerjasama dan sinergitas dari segenap stake holder dan semua pihak yang concern dan berkomitmen tinggi pada pengembangan ekonomi rakyat. Fokus pengembangan yang dilakukan berbasis utlity dan sustainability.


Dalam arahan dan pembinaannya, Bapak Wisnu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab Banyumas, menyampaikan beberapa hal , yaitu :
1.         Koperasi dan UMKM di Banyumas banyak yang bagus. Hal ini menjadi satu kebanggaan dan sekaligus modal untuk dimobilisasi secara sistematis sehingga lebih men-sejahterakan. Sejalan dengan itu, pembentukan forum UMKM yang direncanakan pada  sarasehan kali ini diharapkan menjadi pemersatu dimana masing-masing pelaku UMKM saling tolong menolong dan bekerjasama saling menguntungkan. Kesempatan ini perlu dimaksimalkan segenap pelaku UMKM untuk melakukan akselerasi tumbuhkembang.  
2.        Kita perlu intensifkan dalam meng-campaign keberadaan produk-produk UMKM yang diikuti dengan terobosan pemasaran yang massif.
3.  Mentargetkan UMKM Banyumas ikut tampil di Expo Harkopnas (Hari Koperasi nasional) ke-72 dimana Purwokerto bertindak sebagai tuan rumah.


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment