MEMBINCANG WAWASAN KEBANGSAAN DALAM PERSPEKTIF HUBUNGAN INDUSTRIAL YANG PANCASILAIS


MEMBINCANG WAWASAN KEBANGSAAN DALAM PERSPEKTIF HUBUNGAN INDUSTRIAL YANG PANCASILAIS


Hari ini digelar Dialog Wawasan Kebangsaan di Hotel Carlitas, Purwokerto. Acara ini terlaksana atas hasil kerjasama antara Alumnus Fakultas Hukum Unsoed dan Paguyuban HRD (Human Resource Development) Kab. Banyumas.   Acara ini dihadiri oleh sekitar 400 orang, baik dari kalangan pengusaha maupun perwakilan HRD perusahaan di lingkungan Kab. Banyumas. Di barisan undangan, hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja Prov Jawa Tengah, 
Jajaran Pejabat & Staff Kadisnakerkop & UKM Kab Banyumas,Alumnus Fakultas Hukum Unsoed, Litbang BPJS,SPSI, Dekopinda Kab. Banyumas dan beberapa gerakan koperasi dan lain sebagainya. Acara ini menghadirkan 3 (tiga) Narasumber, yaitu : 1. DR. Ma’ruf Cahyono,SH,MH (Sekjen MPR-RI); 2. Prof.DR. Muhammad Fauzan,SH.MH (Faklutas Hukum Unsoed) dan; 3. Drs. Haris Subijakto.SH.MH (Ketua DPC SPSI Banyumas). Sementara itu, DR. Siti Kunarti,SH,M.Hum dari Fakultas Hukum Unsoed bertindak sebagai moderator.


Bapak Suwardi, dalam kapasitanya selaku Pembina Paguyuban HRD Kabupaten Banyumas mengawali sambutannya dengan  menyemangati seluruh audience dengan kalimat yel-yel, yaitu "HRD kompak…Kayawan sejahtera…Pengusaha Makin Kaya". Selanjutnya beliau menjelaskan tentang fokus penyeelenggaraan  acara ini, yaitu membangun hubungan industrial yang berwawasan kebangsaan khususnya di lingkungan Kab. Banyumas.

DR. Ma’ruf Cahyono memulai presentasinya dengan membacakan beberapa bait puisi yang menggambarkan tentang nilai penting Pancasila dan spirit kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kejujuran diatas kepentingan, kebijaksanaan diatas perbedaan, musyawarah diatas amanah” adalah beberapa penggalan dari isi bait pusi tersebut.  Selanjutnya, beliau menandaskan pentingnya membangun hubungan industrialis yang berwawasan kebangsaan sehingga tidak terjebak pada praktek eksploitatif.

“Aktivitas HRD hari ini tidak lagi sebatas tindakan adminiatratif. Perkembangan zaman telah membawa fungsi HRD begitu penting mulai dari perencaan sampai development. Sejalan dengan semangat menumbuhkembangkan semangat kebangsaan, seorang HRD harus berpegang teguh pada penguatan believe dalam arti ketuhanan; nilai-nilai: mindset dan culture setting. Spirit ke-Indonesiaan akan menguat dalam hubungan indutrialis  bila didalamnya terbangun kombinasi dari factor-faktor tersebut. Beliau juga menjelaskan tentang hubungan Industrial Pancasila sebagai pola hubungan antara para pelaku dalam proses produksi barang dan jasa (pekerja, pengusaha dan pemerintah) berdasarkan  atas nilai-nilai yang merupakan manisfestasi dari keseluruhan sila-sila dari pancasila dan Undang-undang 1945 yang tumbuh dan berkembang diatas kepribadian bangsa dan kebudayaan nasional Indonesia”, tegas Bung Ma’ruf.

Selanjutnya beliau men-sosialisasikan tentang arti penting 4 (empat) pilar bangsa, yaitu: Pancasila sebagai dasar dan ideology negara; UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR RI, NKRIsebagai bentuk negara dan; Bhinneka Tuggal Ika sebagai semboyan negara. Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan idealnya dilaksanakan secara intensif di tengah keseharian hidup  masyarakat.Hal ini dinilai sangat penting mengingat banyaknya gangguan dari dalam dan luar yang berpotensi memecah belah persatuan Indonesia.Oleh karena itu, masyarakat perlu disosialisasikan sehingga memahami dan meyakini bahwa empat pilar ini berfungsi sebagai pondasi yang mempersatukan di tengah keberagaman yang ada.     


Sementara itu, Prof dr. Muhammad Fauzan, Pakar Hukum tata Negara dari Fakultas Hukum Unsoed memulai presentasinya dengan defenisi wawasan kebangsaan. Wawasan Kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Beliau juga menandaskan bahwa nilai penting Pancasila terletak dalam kehidupan. Tantangannya adalah bagaimana efektif memasifkan jiwa dan semangat bangsa ini menjadi pancasilais.

Sejalan dengan itu, kesadaran normatif bangsa ini perlu dihidupkan kembali semangat mengamalkan pancasila. Untuk itu, Pancasila perlu terus menerus didialogkan sehinggga terbangun pemahaman komprehensif dan mengamalkannya dalam segala  aspek kehidupan.

Tentang Hubungan Industrialis, beliau menegaskan dalam perspektif hubungan industrial berwawasan kebangsaan menempatkan berbagai pihak dalam kedudukan yang sama penting. Dengan demikian, yang terbangun adalah pola hubungan yang sinergis dan saling mendukung satu sama lain. Berkaitan dengan kemajuan teknologi yang demikian canggih seperti sekarang ini,  disarankan untuk membangun budaya membaca agar tidak a-historis dan memiliki spirit kebangsanan yang kokoh dan tidak gampang goyah.  

Narasumber ke-3 (tiga), Bapak Drs Haris subijakto,SH,MH. Menjelaskan tentang
Peran strategis SPSI dalam menangulangi terjadinya penunuranan nilai-nilai wawasan kebangsaan di lingkungan usaha, khususnya berkaitan dengan hubungan antara pekerja dan pemberi kerja. Beliau juga menegaskan bahwa lewat gerakan-gerakan  yang dilakukan oleh serikat pekerja sesungguhnya bagian dari ikut andil dalam proses pembangunan bangsa. Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa  SPSI merupakan kanal (baca: saluran) atas setiap permasalahan antara pekerja dan pemberi kerja. Lewat mediasi SPSI, penyelesaian persoalan akan lebih cepat, lebih efisien dan tidak bertele-tele.  Alhamdulillah, dengan semangat membangun hubungan industrial Pancasila dan berwawasan kebangsaan, persoalan-persoalan yang muncul bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah untuk mencapai mufakat. Dengan demikian, iklim kondusif pun terbentuk dan berpihak pada stabilitas dan tumbuhkembang dunia usaha.   
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete