MENEMUKAN “SPIRIT KEMANUSIAAN” DALAM“RANGKAIAN AKSI KEREN” KOPERASI SYARIAH


MENEMUKAN “SPIRIT KEMANUSIAAN” 
DALAM“RANGKAIAN AKSI KEREN” KOPERASI SYARIAH



Ada rasa kagum saat para praktisi koperasi syari’ah ber-testimoni terhadap hal-hal keren yang sudah mereka lakukan. Hal ini terungkap saat  penulis menanyakan pada titik mana dalam konsepsi Koperasi Syari’ah  menandaskan komitmennya dalam  pemberdayaan. Pertanyaan ini diajukan oleh Bung Arsad saat session presentasi tentang  Dewan Pertimbangan Syariah (DPS) pada agenda Penyusunan Kursil (Kurikulum SIlabi) yang diselenggarakan oleh Balatkop Dinkop & UKM Prov Jawa Tengah, 28-30 Oktober 2019 di Hotel Grand Edge, Semarang.   



Secara konsepsi, DPS merupakan  pihak yang memiliki kewenangan memberikan opini apakah sebuah koperasi syari’ah sudah beroperasi sesuai konsepsinya atau belum. DPS memiliki peran strategis karena kehadirannya berpengaruh signifikan pada konsistensi komitmen koperasi ber-label syari’ah menjalankan fungsi dan peran sebagaimana titik idealnya. Atas dasar itu pula Kursil DPS menjadi perlu untuk memastikan bahwa para DPS memiliki kompetensi yang cukup dalam melakukan pengawasan terhadap koperasi syari'ah dan memberikan opini.   



Melihat syariah itu jangan hanya di jendela saja, tetapi perlu masuk ke dalamnya
sehingga memiliki pemahaman yang utuh dan komprehensif. Sebab, syariah tidak saja persoalan akad tetapi juga berkaitan dengan akhlak dalam ber-muamalah”, demikian Bapak Sutaji, seorang praktisi sukses KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah  memberikan respon awal atas pertanyaan Bung Arsad.



Sementara itu, Bapak Syamsudin DPS Koperasi BMT Hudatama menegaskan bahwa Koperasi Syari’ah itu sesungguhnya memiliki 2 (dua) kamar, yaitu; (i) ruang  profit oriented dan; (ii) ruang benefit oriented. Dengan demikian, fungsi pemberdayaan menjadi lebih tegas dalam nafas operasional kesehariannya.



Selanjutnya, Bapak Sutaji bertestimoni beberapa aksi yang sudah mereka lakukan kaitannya dengan pemberdayaan.  Koperasi syariah meminimalisir eksekusi jaminan, tetapi memaksimalkan upaya-upaya kreatif sehingga anggota memiliki kemampuan dalam menyelesaikan kewajibannya kepada koperasi”, ungkap Bapak Sutaji. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang sangat keren dimana koperasi tidak bertindak egois dan bahkan hadir pada setiap kesulitan yang tengah dihadapi oleh anggotanya. Disamping itu,   bila ada anggota yang memiliki pinjaman di koperasi meninggal dunia atau mengalami musibah force majore, koperasi pun hadir memberikan bantuan sampai di angka Rp 20.000.000,oo (dua puluh juta)  yang disebut dengan program ta’awwun.  Ini merupakan deretan fakta pemberdayaan dan komitmen kemanusiaan koperasi dalam wilayah teknis “pinjam di koperasi syari’ah



Dalam hal kepersonaliaan, KSPPS Fastabiq juga menyiapkan dana pensiun bagi  karyawan sebagai bentuk komitmen koperasi terhadap UU Ketenagakerjaan dan sekaligus apresiasi terhadap kinerja, dedikasih dan integritas yang sudah diberikan seorang karyawan kepada koperasi.   Berkaitan dengan kepedulian dan pemberdayaan, KSPPS Fastabiq juga memberi support modal sejumlah Rp 5.000.000 kepada para pemilik toko. Tentu, bantuan ini bisa menjadi factor akselerasi tumbuhkembang usaha para pelaku UKM. Program ini merupakan bentuk fasilitasi yang edukatif dan motivasional. 
  
Uniknya lagi,   KSPPS Fastabiq juga menyelenggarakan “Pelatihan  Tenaga Cleaning Service” dan outputnya kemudian disalurkan kepada perusahaan atau personal yang memerlukan jasa cleaning service. Tidak saja melatih dan menyalurkan, KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah  juga memastikan bahwa tenaga kerja yang mereka salurkan diberi apresiasi kinerja minimal UMR (Upah Minimal Regional). Sebagai kembangan kreativitas dan komitmen terhadap lingkungan, KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah  juga membangun concern dalam persoalan sampah yang akhir-akhir ini juga tengah menjadi persoalan diberbagai kota besar di Indonesia. Dalam hal pengurusan sampah,  KSPPS Fastabiq Khoiro juga sukses dan bahkan diapresiasi sebagai juara III dalam sebuah lomba di Singapure.    



Sederetan testimony diatas merupakan rangkaian aksi keren yang syarat spirit dan komitmen terhadap kemanusiaan dan juga kepedulian. Hal ini  sesuai dengan filosopi koperasi sebagai kumpulan orang yang men-cerdaskan dalam arti luas. Rangkaian aksi itu menandaskan konsistensi komitmen koperasi syari’ah dalam memuliakan dan menempatkan manusia sebagai obyek dan sekaligus subyek pembangunan koperasi itu sendiri.  
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete