MENILIK SENGITNYA "PROSES PENYUSUNAN KURSIL" YANG DI GELAR BALATKOP PROV JAWA TENGAH


MENILIK SENGITNYA "PROSES PENYUSUNAN KURSIL"
YANG DI GELAR BALATKOP PROV JAWA TENGAH


Hotel Grand Edge, Semarang, 29 Oktober 2019. Penyusunan kurikulum silabus (Kursil) yang berlangsung sejak kemarin berlangsung sengit dan sangat serius. Proses agenda yang digelar oleh Balatkop (Balai Pelatihan Perkoperasian) Dinkop & UKM Prov Jwa Tengah dan  diikuti oleh para pakar akademisi, praktisi dan pengamat ini melahirkan dinamika yang keren dan asik untuk diikuti. Pembahasan satu thema dari multiperspektif ini tak hanya memperkaya wawasan atas sebuah thema, tetapi juga mendatangkan kerumitan tersendiri dalam men-simpulkan setiap pokok bahasan ke dalam satu kalimat yang meng-akomodir semua pendapat yang mengemuka. Namun demikian, kedewasaan dan kematangan para peserta membuat suasana tetap kondusif dan produktif bagi tujuan awal penyelenggaraan agenda ini, yaitu penyusunan kurikulum silabus koperasi & UKM.

Sejalan dengan semangat itu, menilik apa yang sudah dilaksanakan dan menakar perubahan atau dinamika kekinian zaman serta pengembangan gagasan inovasi dan kreasi

Situasi menarik lainnya adalah pleno bukan bermakna ketuk palu. Hasil penyusunan kelompok sangat dimungkinkan terjadi koreksi dana tau pengembangan gagasan baru. Positifnya adalah dinamika semacam ini tetap berkontribusi positif terhadap kualitas output yang diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas pengelolaan koperasi dan UKM naik kelas, khususnya di wilayah Prov Jawa Tengah.

Khusus bidang koperasi, ada satu semangat yang terbangun yaitu, “membangun koperasi berasa koperasi”. Semangat ini merefresentasikan kesadaran masih banyaknya praktek koperasi yang miskin substansi jati diri koperasi sehingga terjebak pada korporatisasi yang miskin pemberdayaan anggota. Semangat ini lah yang kemudian mendasari ketersusunan kursil perkoperasian, mulai dari filosopi dasar sampai manajemen berbasis nilai-nilai dan prinsip-prinsip. Semangat ini secara konsisten menyemangati semua tema kursil berikutnya, termasuk dalam membicarakan kursil untuk teknis pengelolaan berbagai unit perusahaan yang diselenggarakan koperasi seperti simpan pinjam, toko retail dan lain sebagainya. Spirit pemberdayaan juga menguat dengan focus pengembangan kapasitas anggota sehingga menjadi insan mandiri dan produktif melalui koperasi.

Semangat inovasi berbasis teknologi juga menguat dalam penyusunan kursil kali ini. Hal ini sejalan dengan keinginan kuat membangun kemampuan koperasi melakukan adaptasi secara smart terhadap kekinian zaman yang biasa didefenisikan dengan “era revolusi inudtsri 4.0”. Komputer aluntansi dan penggunaan aplikasi dalam mendukung perform layanan dengan cita rasa  kekinian, kecepatan dan validasi layanan, menjadi bagian yang juga ditonjolkan dalam penyusunan kursil tersebut.      
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete