GERAKAN KOPERASI JATENG MENATAP MUNAS DEKOPIN DI MAKASSAR


GERAKAN KOPERASI JATENG MENATAP MUNAS DEKOPIN DI MAKASSAR

Sosialisasi Persiapan Munas Dekopin, menjadi bagian dari agenda rakerwil Dekopin Jateng yang digelar pada tanggal 06 November 2019 di Semarang. Agenda ini menghadirkan 2 (dua) nara sumber mewakili Dekopin Pusat, yaitu Bung Agung Sudjatmoko dan Bung Raliansen.

Dalam penjelasannya, Bung Raliansen berkisah tentang perjalanan dan perjuangan Dekopin meng-gol kan  draft UU Perkoperasian yang akhirnya di pending pembahasannya. Bung Agung menguatkan testimoni yang disampaikan oleh Bung Raliansen tentang proses perjalanan RUU Perkoperasian.  Yang menjadi catatan, substansi RUU ini sudah full dilandasi semangat jati diri koperasi.  Merespon testimony Bung Raliansen, ada masukan bagus dari Bung Mulyadi, Ketua Dekopinda Kab. Brebes,“Dekopin jangan merasa kuat sendirian berjuang, tetapi perlu mengajak dan melibatkan gerakan koperasi, dekopinda dan dekopinwil sehingga suara yang diperjuangkan lebih diperhatikan”. Atas saran ini, Bung Raliansen berterima kasih atas kesiapan daya dukung gerakan atas perjuangan UU Perkoperasian ini. Kesiapan gerakan ini akan menambah spirit Tim 25 yang selama ini sudah bejibaku habis-habisan demi masa depan koperasi Indonesia.

Sementara itu, Bapak Warsono, Ketua Dekopinwil Jateng menceritakan tentang kisah terbentuknya kesepakatan di satu pertemuan Dekopinwil se-Indonesia mengusulkan Bung Nurdin Halid untuk kembali dikukuhkan menjadi ketua Dekopin bila ada agenda suksesi. Pada waktu itu, pada situasi saat itu tidak ada figure yang dianggap lebi siap ketimbang Nurdin Halid. Namun demikian, bila dalam raker ini dipandang perlu membahas ulang, secara prinsip tidak ada persoalan.  

Tetang munas, semua tahapan peraturan organisasi sudah dilalui. Undangan sudah di sampaikan kepada segenap peserta. Demikian juga bahan munas, tata tertip, LPJ Pengurus, LPJ Pengawas, Tata Tertib Pemilihan, Tim Penjaringan sudah disiapkan. Intinya sudah disiapkan segala sesuatunya dan Insha Allah semua mekanisme berjalan normal. Memastikan peserta Munas memenuhi persyaratan administrative kepesertaan sehingga tidak terjadi persoalan disaat hari H. Kepesertaan munas tidak dibatasi sepanjang memiliki legalitas yang sah sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan. Pembukaan munas dijadualkan tanggal 11 November 2019 dan direncanakan pada malam hari. Rencananya, acara pembukaan akan dihadiri oleh Mentri Koperasi & UKM RI dan Mentri Perindustrian”.
 
Sementara itu, persoalan suksesi kepemimpinan hangat dibicarakan di lingkungan gerakan koperasi. Sampai saat ini, berdasarkan situasi dan kondisi yang berkembang, ada beberapa yang muncul menjadi kandidat, yaitu:  Ketua Inkopkar (Bapak Fadel Muhammad), Ketua Inkopas  (Bapak Feri Yulianto), Ketua Inkowapi (Ibu Sharmila) dan Inkopsyah (Bapak Jimmy). Bapak Nurdin halid atas permintaan beberapa dekopinwil juga menjadi salah satu kandidat. Namun demikian, hal ini baru sebatas wacana dan apakah mereka fix “mencalonkan atau tidak” akan diketahui nanti saat Munas berlangsung.

Berkaitan dengan suksesi kepemimpinan Dekopin di munas nanti, sebagai Ketua SC Munas Dekopin, beliau serahkan semuanya kepada mekanisme demokrasi yang berlangsung di Munas nanti.  Sementara itu, Bung Raliansen menyampaikan bahwa Bapak Nurdin Halid pernah berpesan,“Jangan ada rekayasa, berikan kebebasan sebebas-bebasnya kepada anggota dan biarkan demokrasi berlangsung dengan baik

Bagaimana sikap jawa tengah? Pada calon manakah akan berpihak? ataukah Jawa Tengah akan mnegusung calon sendiri?..

Insha Allah..Akan dijelaskan pada tulisan berikutnya.
  
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment