KEHANGATAN ITU BE-RUJUNG PERUBAHAN ANGGARAN DASAR

KEHANGATAN ITU BERUJUNG PERUBAHAN ANGGARAN DASAR

Kata menghangat mungkin lebih bijak ketimbang menyebutnya memanas. Itulah gambaran kondisi ruang Munas Dekopin kala peserta Munas bersilang pendapat dalam hal perlu tidaknya meng-gendakan perubahan AD/ART. Tampak diantara peserta berebut kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya. Beberapa peserta mulai kehilangan kesabaran dan sebagian lain tersulut emosinya atas perbedaan yang tengah mengedepan. Situasi ini kemudian memuncak kala salah satu peserta maju kedepan dengan maksud menyuarakan pendapatnya lewat podium yang ada didepan pimpinan siding. Aksi ini pun mengundang reaksi peserta lainnya sehingga membuat panitia bergerak cepat untuk menghindari benturan yang tidak diinginkan. Situasi inipun membuat pimpinan sidang  memerintahkan yang bersangkutan untuk meninggalkan ruang sidang.

Saat situasi sudah terkendali dan sidang pun kondusif dilanjutkan, delegasi dari salah satu Dekopinda Jawa Timur diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatanya. Namun, kesempatan itu dimanfaatkan untuk menyatakan WO dan kemudian beranjak meninggalkan ruang sidang yang diikuti oleh Delegasi Dekopinda Prov Jawa Timur lainnya. Atas hal ini, pimpinan sidang ini pun mempersilahkan dan menghormati sikap WO itu karena memandangnya sebagai hak setiap peserta Munas. Pada perkembangan selanjutnya, akhirnya Munas Dekopin menyepakati mengadakan Musyawarah Nasional (khusus) perubahan AD/ART dan proses penyusunannnya diserahkan kepada Tim 11 (sebelas) yang terdiri dari ; 2 (dua) orang mewakili pengurus paripurna; 2 (dua) orang mewakili Dekopnwil; 5 (lima orang) mewakili  dekopinda dan; 2 (dua) orang mewakili induk koperasi. Adapaun personil Tim 11 (sebelas)adalah sebagai berikut : 

1.   Mayjend TNI (Purn) Rianzi.J.SH.M.Sc (inkoveri) selaku ketua tim
2.   H.Samsul Ridwan,S,Ag.SH.MH (Dekopinda Kab.Semarang/Jawa Tengah) selaku sekretaris tim
3.   Agung Sudjatmoko (PP Demisioner) selaku anggota
4.   Raliansen Saragih (PP Demisioner) selaku anggota
5.   Rahman Halid (Dekopinwil Sulsel)  selaku anggota
6.   Sharmila (INKOWAPI)   selaku anggota
7.   Mustafa Djamaluddin (Dekopinwil Jabar)  selaku anggota
8.   Abd Jakfar (Dekopinwil Aceh Singkil) selaku anggota
9.   Sudarta Salman (Dekopinda OGAN ILIR) selaku anggota
10. Abdul Wahid (Dekopinda Kutai Kertanegara) selaku anggota
11. Drs.H.Sopyan Iskandar (Dekopinda Kota Tangerang) selaku anggota

Dalam mengemban tugasnya, Tim 11 (sebelas)  diberi waktu 2 (dua) jam untuk me-review dan menyusun perubahan AD/ART dan kemudian memintakan persetujuan di rapat pleno.

Layaknya sebuah keramaian yang bersifat mendadak, tentu muncul satu pertanyaan mengapa agenda perubahan AD/ART ini melahirkan perdebatan sengit hingga ada yang memilih WO (Walk Out). Tidak ada penjelasan resmi yang mengedepan namun dari perbincangan-perbincangan kecil di luar ruang rapat formal adanya tengarai kalau  perubahan AD/ART ini memiliki kaitan erat dengan agenda suksesi kepemimpinan yang juga menjadi agenda Munas Dekopin kali ini. Namun, sumber lain mengatakan kalau perubahan itu bagian dari cara Dekopin merespon dinamika sehingga lebih adaptif terhadap kekinian zaman. 

Setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya Tim 11 (sebelas) berhasil menyelesaikan tugasnya dalam melakukan review dan menyusun draft perubahan. Sesudahnya, presentasipun dilakukan dalam rapat pleno dan pada hasil kerja keras Tim 11 (sebelas) disetujui semua peserta Munas (khusus)  dan kemudian ditetapkan sebagai keputusan Rapimnas (khusus) 

Terlepas dari silang pendapat yang ada, dinamika  semacam ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi para pejuang koperasi yang sudah akrab dengan “berbeda pendapat” sejak mula keterlibatannya di lingkar koperasi. Terlepas dari alasan yang  mendasari masing-masing pendapat, namun “keputusan formal” di dalam ruang sidang merupakan dasar yang sah bagi organisasi dalam melangkah. Tentu perasaan puas atau tidak puas selalu menjadi bunga demokrasi yang selalu ada.  disetiap pengambilan keputusan.   
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete