MENAKAR KEHANGATAN PROSES SUKSESI DEKOPIN


MENAKAR KEHANGATAN PROSES SUKSESI DEKOPIN

Makassar, 13 Nopember 2019.  Menarik mencermati Munas Dekopin yang tengah berlangsung di Makassar sampai tanggal 14 Nopember 2019 nanti. Kemenarikan itu dikarenakan adanya agend re-organisasi yang akan  mendefenisikan siapa yang   memimpin Dekopin di periode berikutnya.

Sebagaimana disajikan dalam tulisan sebelumnya, Dekopin membutuhkan “cara baru yang berkeberanian”. Namun demikian, ketika “cara baru” itu dikaitkan dengan kepemimpinan, bukan berarti identik dengan kehadiran “orang baru” yang akan memimpin. Alasannya sederhana saja, titik tekan sesungguhnya artikel tersebut adalah pada “cara baru” yang diyakini akan menghasilkan “capaian baru”. Dengan demikian, gerakan koperasi akan semakin nyata mendorong keterwujudan demokrasi ekonomi dimana rakyat memiliki ruang luas berkarya dalam lingkar semangat kekeluargaan dan juga kegotongroyongan.    Tegasnya, artikel tersebut terlepas soal apakah Dekopin harus dipimpin orang baru atau orang lama yang akan meng-implementasikan “cara baru” tersebut. Sebab, kalau hal ini dikaitkan khawatir konsep yang tersusun disusupi ketidakjernihan berfikir sehingga menjadi faktor penghambat perubahan itu sendiri.

Oleh karena itu, tulisan ini focus membincang seputar suksesi yang auranya sudah mendengung sebelum peserta beranjak dari kampungnya masing-masing menuju tempat perhelatan Munas Dekopin di Makassar. Insha Allah, tulisan ini tidak tendensi dan dilandasi akal sehat serta keinginan mendapati kemajuan capaian.   

Teringat dua minggu sebelumnya penulis mendapati WA yang meminta pandangan tentang suksesi kepemimpinan di Dekopin. “Sampai saat ini saya tidak faham apa yang menarik di Dekopin kecuali ruang kebaikan untuk berjuang bagi kepentingan pembangunan demokrasi ekonomi”, demikian jawaban singkat saya walau mungkin terkesan “sok idealis” bagi mereka yang tidak bersepakat. Alasan saya sederhana saja, koperasi memang ideologi besar yang dalam mewujudkannya memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Namun demikian, pada ketidakmudahan itulah letak titik perjuangan dan juga potensi catatan kebaikan itu berada. Dalam tinjauan bijaknya, kalau keadaan saat ini misalnya di nilai masih jauh dari kata ideal, maka “deviasi” itu sebagai bentuk panggilan untuk menjadi bagian dari perjuangan. Pertanyaan menariknya adalah apakah ada kemauan dan keikhlasan untuk bergerak demi satu keadaan yang lebih baik dimasa depan?. Mungkin apa yang diperjuangkan hai ini tidak menghasilkan secara instan, tetapi secara nyata menjadi tahapan untuk menuju kecerahan di mada depan. Tentu kalimat semacam ini tidak menarik bagi para oppourtunis atau bagi mereka yang bermazhab instan yang jauh dari perangai visioner. Sebaliknya, hal ini akan dipandang sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukkan bagi mereka yang ber-karakter pejuang. Kalau dikaitkan dengan spirit vertical, maka deviasi akan dimaknai sebagai bentuk kepercayaan dan sekaligus ruang peluang kebaikan yang disajikan Tuhan. Artinya, hal ini akan menjadi pemantik lipatan energy bagi para penghamba sorga karena luasnya ladang pahala didalamnya. Namun, pembacaan ini mungkin akan ditertawakan oleh mereka yang masih memisahkan dunia dan akhirat. Juga akan dicibir oleh mereka yang memaknai dunia ini adalah permainan yang harus dimainkan. Pada pemaknaan manapun deviasi itu adalah pilihan yang bebas untuk diambil, karena pada akhirnya setiap pilihan selalu berhubungan dengan konsekuensi yang mengikutinya.

Mereferensi pada alinea diatas, mungkin tidak berlebihan kalau kemudian memaknai koperasi sebagai “ruang suci” yang didalamnya memerlukan kebijaksanaan fikiran dan ketulusan tindakan. Ironisnya, tak jarang “kebijaksanaan dan ketulusan” dilokalisir sebagian orang hanya cocok di tema-kan pada kalangan usia lanjut yang mulai focus mempersiapkan kematian. Yang berpandangan demikian pasti alfa bahwa kematian adalah sebuah kepastian yang  tidak mengenal usia. Hal ini didukung banyak fakta dimana baru saja seseorang bersenda gurau dan sesaat kemudian mendengar berita kematiannya. Disisi lain, fakta kepesertaan Munas Dekopin banyak yang ber-usia lanjut sempat menggoda untuk meng-iyakan stigma koperasi itu hanya cocok bagi orang tua. Untungnya akal sehat penulis membimbing pada kesimpulan bijak bahwa “berbuat baik” hanyalah persoalan pilihan terbuka bagi siapa saja tanpa mengenal batasan usia. oleh karena itu, kalau kemudian masih banyak peserta Munas Dekopin kali ini berasal dari generasi usia lanjut, disatu sisi bisa saja menandaskan kuatnya ketulusan dan konsistensi niat berjuang dan disisi lain  bisa saja merefresentasikan kebelumberhasilan dalam melakukan kaderisasi. Artinya, koperasi memang belum berhasil dipersepsikan seksi bagi kaum muda sehingga mereka lebih tertarik memasuki ruang-ruang lain yang membuat mereka merasa asik, nyaman dan juga meyakininya sebagai ruang kebaikan juga. Semoga saja kebelum-seksian itu bukan  bagian dari sebuah kesengajaan disatu sisi dan merefresentasikan ke-alfaan kenegrasi muda disisi lainnya. Apa hubungannya dengan suksesi kepemimpinan Dekopin?.

Sepertinya kita harus sabar dulu menunggu lanjutan tulisan berikutnya mengingat suasana forum lagi menghangat  yang menandakan demokrasi itu sedang berlangsung menarik. .             

Dari sudut ruang perhelatan Munas Dekopin


berita terkait klik disini
                     klik disini
                     klik disin
                     klik disini
klik disini
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete