MENG-APRESIASI PEGELARAN "PENDIDIKAN ANGGOTA" DI KSU BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH


MENG-APRESIASI PEGELARAN "PENDIDIKAN ANGGOTA"  
DI KSU BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH


Meng-apresiasi atas penyelenggaraan pendidikan anggota setiap tahunnya secara rutin dilakukan oleh Bung Arsad dalam kapasitasnya selaku Ketua Dekopinda Banyumas. “Ini merupakan wujud nyata komitmen segenap unsur organisasi (baca: pengurus/maanjemen, pengawas dan anggota)  KSU BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto dalam memposisikan koperasi sebagai kumpulan orang yang men-cerdaskan melalui pendidikan berkelanjutan”, lanjut Bung Arsad menguatkan apresiasinya.

“Hari ini banyak anggota masyarakat tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan, sehingga terjebak pada konsumerisme. Pendapatan masa depan ditarik kehari ini untuk memenuhi keinginan yangbelum tentu merupakan kebutuhan, sehingga hutang pun tidak terhindarkan. Tidak ada salahnya hutang bila dipergunakan untuk mendukung aktivitas produktif dan memiliki kemampuannya dalam membayar cicilan. Sejalan dengan semangat itu, dirasa perlu untuk menyelenggarakan literasi keuangan bagi anggota. Dengan demikian, anggota menjadi lebih bijak dalam menggunakan pendapatan dan cerdas dalam meningkatkan pendapatan. Disamping itu, anggota juga tidak terjebak dalam gengsi dan tetap mengedepankan fungsi.  Sebagai sebuah awalan, saatnya belajar satu kalimat bijak dalam hal pemanfaatan pendapatan, yaitu “catat yang akan dibelanjakan dan belanjakan apa yang dicatatkan”. Melalui perencanaan yang  diikuti dengan disiplin tinggi, diharapkan kehidupan perekonomi anggota semakin baik dan meningkat. demikian bagian dari materi yang disampaikan oleh Bung Arsad dalam pelatihan perkoperasian yang diselenggarakan pada sabtu kemarin, tepatnya 02 Nopember 2019 di RM Sambel Blethok, di Jalan Pahlawan.  Pendidikan ini diikuti lebih kurang 60 (enam puluh) orang anggota dan juga personil manajemen.

Ada satu kejadian menarik dan layak diapresiasi. Saat session istrahat dan Ketua Dekopinda mau keluar ruang pelatihan, seorang anggota bernama ibu Fauziah tiba-tiba mendekat. Beliau mengeluarkan secarik kertas bertuliskan catatan keuangan hariannya. Ibu ini ternyata sejak dulu secara konsisten merencanakan pengeluarannya dengan penuh kedisiplinan. Semua pemanfaatan pendapatannya dicatat dengan rapih oleh pensiunan guru SD ini. “ Suami saya seorang supir dan cenderung boros. Oleh karena itu, untuk memastikan semua kebutuhan terpenuhi dan masa depan terancang dengan baik, saya menyelenggarakan catatan keuangan secara rutin sejak dulu. “Alhamdulillah, semua anak-anak bisa sekolah sampai tingkat sarjana. Jadi, saya sangat sepakat saat dijelaskan dalam materi pelatihan tentang perlunya disiplin dalam mengelola keuangan rumah tangga”, ungkap beliau dengan penuh kegembiraan saat ber-testimoni dihadapan nara sumber.

Ibu Fauziah adalah contoh nyata dan layak ditauladani. Saya menyarankan kepada manajemen agar menjadikan ibu Fauziah sebagai narasumber “literasi keuangan”. saat koperasi menyelenggarakan pendidikan anggota diperiode berikutnya. Apa yang beliau lakukan sangat inspiratif dan layak ditauladanin seluruh anggota KSU BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto”, ungkap Bung Arsad saat diawal presentasinya pada session II.
Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete