"PAKET FRESH FROM THE OVEN" DARI TAMU ISTIMEWA MUNAS DEKOPIN 2019


Makassar, 12 Nop 2019. Malam ini munas menghadirkan keistimewaan berikutnya setelah kemarin dihadiri oleh Menti Koperasi & UKM, Bung Teten Masduki, malam ini juga kedatangan tamu istimewa, yaitu  Mentri Perindustrian Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, Menko Ekuin Bapak Ir Airlangga Hartarto dan Ketua komite XI Bidang Keuangan DPR-RI.
                                                                                                              
 Terima kasih atas kehadiran tamu-tamu istimewa Munas Dekopin yang hadir  malam ini. Berharap kemauan dan keinginan bertaut antara gerakan koperasi yang terhimpun dalam Dekopin dan Kebijakan Pemerintah. Kepada Bapak Menko Ekuin kami berharap; (i)  segera ada UU system perekonomian nasional (ii) Menko menelorkan kebijakan distribusi barang bersubsidi melalui koperas dani; (iii) tumbuh dan kembang ekonomi pedesaan tidak menimbulkan konflik sosial. Oleh karena itu, diharapkan Bumdes berbadan hukum koperasi. Kepada Bapak Mentri Perindustrian, Dekopin berharap : (i) Kopinkra yang dulu pernah jaya diharapkan dihidupan kembali; (ii)  Terciptanya home industry sebagai supply bahan baku ke industry”, demikian inti prolog Ketua Umum Dekopin, Bapak Nurdin Halid.

Merespon sambutan dan harapan Ketua Umum Dekopin, Bapak Menko Ekuin Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT, menyampaikan bahwa 2 (dua)  hari terakhir ini pemerintah sedang menyiapkan paket kebijakan  yang mempermudah investasi, mempermudah regulasi agar perokonomian bisa bangkit dan menciptakan lapangan pekerjaan. Paket kebijakan ini   menyangkut kemudahan mekanisme perizinan. Sebagai gambaran, untuk UKM tidak perlu perizinan dan cukup dengan pendaftaran. Disamping itu, sektor-sektor usaha juga akan dibuka sehingga membuka peluang tumbuhkembang investasi. Untuk Kawasan Industri Khusus,  pelaku usaha cukup membangun dan perizinan sudah disiapkan oleh pemerintah. Sejalan dengan kebijakan pengembangan UMKM tersebut, tingkat bunga KUR juga   diturunkan dari 7% menjadi 6%. Pagu KUR juga akan ditingkatkan dari 140 triliun menjadi 190 triliun. KUR akan disalurkan melalui KUB dan pada perkembangannya akan didorong menjadi  Koperasi.  Tidak saja sampai disitu,  Menko juga siap menerima masukan konstruktif baik berbasis solusi atas masalah maupun gagasan sepanjang meng-akselerasi tumbuhkembang koperasi dan UKM. Disamping itu, pemerintah juga menyiapkan kartu pra-kerja. Dalam konsepnya, sebelum bekerja setiap pencari pekerja akan diberikan pelatihan sehingga memiliki skill yang layak  dan siap mengisi lowongan pekerjaan yang ada.   

Semua paket ini menjadi stimulus dan bagian dari transformasi ekonomi, baik dalam membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya maupun menyiapkan para pekerjanya. Disamping itu, kemudahan berusaha diberikan pada setiap masyarakat Indonesia. Sejalan dengan itu, kami berharap para pejuang koperasi semakin bersemangat dan  koperasi semakin cepat tumbuhkembang. Berharap KUB terus tumbuhkembang dan hijrah menjadi koperasi sehingga memiliki peluang untuk lebih berkembang. Menko menandaskan bahwa pemerintah akan mendukung penuh koperasi agar bisa berkembang. Tugas khusus dari Presiden kepada Bapak Menteri Koperasi, Menteri BKPM dan Menteri Industri untuk mencetak para pelaku usaha yang graduate dalam arti naik kelas menjadi pelaku usaha  besar”, tandas Menko Ekuin.   

Kebijakan ini fresh the oven dan dunia usaha yang pertama kali mendengar adalah gerakan koperasi yang terhimpun di Dekopin”, ungkap Menko Ekuin diujung sambutannya dan disambut tepuk tangan segenap peserta Munas Dekopin 2019.   


Sementara itu, Bapak Mentri Perindustrian, menyampaikan kesanggupannya untuk bersama-sama menghidupkan kembali Koperasi Inkra (industry kerajianan rakyat) yang dulu pernah dirintis dengan sukses oleh orang tua dari Menko Ekuin saat masih menjabat sebagai mentri. Disamping itu, beliau juga menegaskan bahwa turunnya suku bunga KUR dan ditingkatkannya plafond merupakan wujud komitmen pemerintah dalam meng-akselerasi tumbuhkembang Koperasi & UKM. Sejalan dengan itu, Pengelolaan KUR nanti akan menggunakan pola cluster sehingga lebih focus dalam penanganannya. Selanjutnya, para pelaku UKM ini akan didorong ber-koperasi sehingga lebih berpeluang untuk meng-akselerasi tumbuhkembangnya.

Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete