PENGORBANAN dan KEIKHLASAN DI SESSION LPJ MUNAS DEKOPIN


PENGORBANAN dan KEIKHLASAN DI SESSION LPJ MUNAS DEKOPIN

A. KETIKA KEWIBAWAAN MUNAS DEKOPIN PUN BERMULA
Kewibawaan forum Munas bermula dan diawali dengan ketegangan kecil dalam menentukan pimpinan sidang . Namun, kematangan dan kedewasaan  serta kenijaksanaan dari mereka yang berbeda pendapat berakhir indah dan berujung dengan keterbentukan 5 (lima)  pimpinan sidang, yaitu : (i) Dr Abdul Malik Bram mewakili Dekopinwil; (ii) Dr Walid  mewakili unsur Dekopinda; (iii) Sirojuddin Sewang; (iv) Ibu Linda dari unsur Dekopinda dan ; (v)  Bapak Idris Laina unsur dari Dekopin Parpipurna.  

Dalam suasana magis penuh khidmad, proses penyerahan palu sidang pun berlangsung dari pimpinan sidang sementara Bapak Nurdin Halid kepada 5 (lima) orang pimpinan sidang yang terbentuk melalui proses musyawarah mufakat.


B. LPJ PENGURUS
Penyampaian LPJ pengurus adalah agenda pertama pasca keterbentukan pimpinan sidang permanen dan usainya masa tugas pimpinan sidang sementara. Dalam penyampaian laporan, Bapak Nurdin Halid memberi prolog yang berisi gambaran global dan dilanjutkan oleh Bapak Dr. Agung Sudjatmoko untuk laporan yang bersifat teknis.

“Sesuai AD/ART Dekopin, pimpinan Dekopin wajib melaporkan kinerjanya kepada segenap anggota. Rakernas terus dilakukan setiap tahunnya. Hal ini mencerminkan ketaatan pengurus Dekopin terhadap aturan yang ada”, demikian kalimat pengantar laporan pertanggungjawaban dari Bapak H.AM. Nurdin Khalid sekalu Ketua Umum Dekopin. 

Dalam menjalankan roda kempimpinan Dekopin berdasarkan 3 (tiga) hal, yaitu :
1.  Sebagai wadah perjuangan cita-cita, nilai-nilai dan prinsip. Cita-citanya adalah menjadikan koperasi sebagai skoguru ekonomi nasional, nilai yang diperjuangkan adalah kegotongroyongan dan prinsip yang diperjuangkan adalah kekeluargaan
2.      mewakili gerakan koperasi di dalam dan diluar negeri. Didalam negeri, Dekpin terus melakukan advokasi.
3.       Sebagai mitra pemerintah dalam membangun ekonomi Indonesia yang berkeadilan.

 Me-referensi pada hal tersebut, Dekopin kemudian melaksanakan serangkaian kegiatan, baik yang terlihat secara kasat mata maupun yang tidak terlihat, baik dalam negeri maupun luar negeri. Selaku pimpinan, saya dan segenap pimpinan Dekopin sudah berusaha melakukan yang  terbaik yang bisa untuk dilakukan. Saya pun menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan yang ada. Dipenghujung pengantarnya, Bapak Nurdin Khalid menyampaikan ”Kalau ada keberhasilan, hal itu merupakan keberhasilan kita semua, namun ketika ada kekurangan maka itulah kekurangan saya selaku pimpinan Dekopin”.

Sementara itu, secara teknis LPJ  disampaikan oleh Bapak Dr. Agung Sudjatmoko, Ketua Harian.  Dekopin dalam bentuk hightlight LPJ nya, disampaikan tonggak capaian 5 tahun program Dekopin, antara lain :
1.      Perubahan kepemimpinan Dekopin 2014-2019
2.      Pelaksanaan general Assembly ICA-AP di Bali
3.   Pelaksanaan Harkopnas, Kupang (2015), Jambi (2016), Makassar (2017), Jakarta (2018) dan Purwokerto (2019).
4.      Kegiatan Swadana kerjasama/sponsorship 2015-2019.
5.      Kegiatan di ICA Global
6.      Kongres Koperasi IIII 2017 di Makasar
7.      Partisipasi kegiatan di gerakan koperasi di Jepang, Malaysia, Vietnam, China,Kenya, Filipina dna lains ebagainya
8.      Kegiatan dukungan pemerintah.

Dalam presentasi Bapak Dr. Agung Sudjatmoko juga diungkapkan satu fakta menarik  dimana perjalanan dna perjuangan Dekopin tidak jarang memposisikan Ketua Umum sebagai ujung tombak dan ujung tombok.  Atas hal itu, tidak jarang Ketua Umum harus menanggung kebutuhan operasional dan program karena keterbatasan anggaran yang ada. Sementara itu, pagu supporting APBN kepada Dekopin menunjukkan penurunan angka dari tahun ke tahun sebagaimana digambarkan berikut ini : senilai 50M  (th.2015) dengan tingkat serapan anggaran  88,31%,; senilai 32,7M (th.2016) dengan tingkat serapan anggaran 98,08%; senilai 17,1 (th.2017) dengan tingkat serapan anggaran 95,48%; senilai  14,3 (th.2018) dengan tingkat serapan anggaran 93,24% dan; senilai  14,5 (th.2019)  dengan tingkat serapan anggaran 54,18% (sampai dengan 8 oktober 2018).

Beberapa tantangan gerakan koperasi saat ini dijelaskan sebagai berikut :
1.   Kemajuan teknologi yang telah menyebabkan desrupsi dalam tata kelola bisnis, mulai proses produksi, penetapan harga pokok, delivery dan lain sebagainya.
2.    Insan gerkaan koperasi masih terbiasa dengan mindset lama dalam mengembangkan organisasi dan bisnisnya.
3.  Koperasi masih mempunyai citra yang belum positif sehingga masih ada ketidakpercayaan masyarakat.
4.      System pemerintahan yang telah berubah dari sentralisasi ke desentralisasi.
5.      Kehidupan politik yang semakin terbuka.

Sementara itu, beberapa hambatan yang disampaikan antara lain :
1.      Terpuruknya kehidupan koperasi karena lemahnya sumber daya manusia
2.    Adanya budaya dan mindset dari insan koperasi yang kuranga daptif dengan perubahan pola, model dan strategi bisnis yang disebabkan pesatnya perkembnagan teknologi dan ilmu pengetahuan.
3.   Pemerintah di segala lapiran muali dari pusat, provinsi dan kabupaten, banyak yang kurang memberikan keberpihakan pembangunan ekonominya untuk berperan aktifnya ekonomi rakyat berpilar koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Sementara itu, Pengawas Dekopin di penghujung laporannya  menekankan bahwa siapapun selanjutnya akan memimpin, Kantor Dekopin diupayakan lebih refresentatif. “Kami meyakini bahwa Dekopin dimasa mendatang akan menjadi lebih baik”, pungkas Bapak Mardjito selaku Ketua Pengawas.


C. HEROISME & CATATAN  BAGI  PEMIMPIN DEKOPIN MENDATANG
Ada satu hal menarik dari penyampaian LPJ dimana dalam beberapa keadaan operasionalisasi organisasi Dekopin harus ditombokin oleh Sang Ketua. Dalam perspektif gerakan, tentu “pemberian pinjaman atau dana talangan ini” merupakan bagian dari komitmen untuk terus mengawal jalannya semua gerakan yang dilakukan dalam menegakkan panji-panji perjuangan koperasi di negeri tercinta ini.

Namun demikian, disisi lain hal ini menggambarkan lemahnya kolektivitas yang terbangun di lingkar gerakan koperasi sehingga supporting gerakan tergolong minim terhadap induk organisasinya sendiri. Dalam telaah lebih jauh, partisipasi koperasi dalam mendorong efektivitas gerakan  perlu dibangun. Ini menjadi PR besar ke depan agar “kemandirian kolektif” tercipta sehingga Dekopin mewujud menjadi symbol gerakan yang mengakar secara nyata, walau semua tahu bahwa membangun  memerlukan waktu. Disisi lain, saat agenda pembangunan kesadaran itu masih berproses, sepanjang itu pula Ketua Dekopin harus siap menjadi bemper organisasi. Terbersit kemudian untuk ber-andai bila pimpinan Dekopin berikutnya kehabisan uang, tentu ini akan menjadi persoalan serius. Ataukah sebaiknya tidak perlu dicarikan solusi komprehensif sepanjang masih ada orang-orang baik yang ingin berkorban untuk gerakan koperasi?. Atau memang sudah takdirnya Dekopin menjadi "ruang ibadah yang luas" bagi orang-orang yang meyakini dan menginginkan sorga?. Perlu pengkajian mendalam untuk membentuk jawab yang tepat dan dalam lingkar kebijaksanaan.  










Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

    ReplyDelete