KERUKUNAN YANG MENG-INSPIRASI CAPAIAN KUD RUKUN TANI, CILONGOK


KERUKUNAN YANG MENG-INSPIRASI CAPAIAN KUD RUKUN TANI, CILONGOK


Hari ini, 29 Januari 2020, KUD Rukun Tani Cilongok menggelar RAT Tutup Buku Tahun 2019. Agenda ini tergelar di Gedung IPHI Cilongok dan dihadiri segenap unsur organisasinya, yaitu pengurus, pengawas dan anggota. Pada barisan undangan hadir Bapak Suntoro mewakili Dinas Tenaga Kerja, Koperasi & UKM Kab. Banyumas dan Anggota Forkopincam. Sementara itu, Dekopinda Kab. Banyumas hadir menyusul karena terlebih dahulu harus menjadi narasumber di agenda “sosialisasi konsep migrasi tata kelola koperasi berbasis teknologi” yang dilaksanakan oleh Dinkop & UKM Kab. Purbalingga. (beritanya bisa di klik disini)

Dalam sambutan dan arahannya, Bapak Suntoro,SE, Kabid Koperasi Dinakerkop & UKM Kab. Banyumas menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan RAT Tutup Buku Tahun 2009 ini. Disamping menandaskan kesehatan organisasi dan juga usaha, keterlaksanaan RAT ini mencerminkan semangat segenap stake holder KUD Rukun Tani dalam menjaga, menumbuhkembangkan koperasi dan merawat kebersamaan dalam keberagaman.   Dengan demikian, KUD Rukun Tani akan efektif sebagai alat/media menciptakan kesejahteraan. Beliau juga menyampaikan bahwa KUD Rukun Tani juga merupakan salah satu KUD yang menjadi andalan Kab. Banyumas. Eksistensi dan tumbuhkembangya KUD Rukun Tani Cilongok ini juga menjadi inspirasi dan spirit KUD-KUD lain untuk kembali bangkit dan berjaya kembali dalam semangat kemandirian.   

Menarik mencermati KUD Rukun Tani yang merupakan salah satu KUD kebanggaan Kab.Banyumas dan juga Jawa Tengah. Eksistensi KUD Rukun Tani penandas bahwa KUD masih bisa eksis ketika dikelola dengan manajemen yang baik dan kepemimpinan yang visioner. Hal ini menjadi terlihat unik dan bahkan fantastic mengingat   banyak KUD di tanah air yang gulung tikar dan tinggal papan nama pasca orde baru berganti orde reformasi. Kebanyakan KUD-KUD tersebut bertumbangan karena lalai memperkuat kemandiriannya melalui pembangunan manajemen organisasi dan usaha, Mereka terjebak pada ketergantungan terhadap berbagai fasilitas pemerintah yang memang begitu banyak saat orde baru berlangsung.
Ironisnya, orde reformasi mereduksi ragam fasilitas dan keberpihakan itu sebagai bentuk edukasi dan mendorong kemandirian KUD.  Sejak saat itu KUD-KUD pun banyak yang mulai bertumbangan. Oleh karena itu, kalau KUD Rukun Tani Cilongok bisa eksis, tumbuh dan bahkan berkembang sampai hari ini, capaian tersebut merupakan sesuatu yang sangat luar biasa dan layak diapresiasi. Hal ini tidak saja me-refresentasikan kesolidan organisasi dan usaha, tetapi juga menggambarkan tentang kerukunan dan komitmen warga kecamatan cilongok untuk melestarikan keberadaan KUD yang mereka miliki secara bersama-sama. Disamping itu, factor kepemimpinan juga sangat berpengaruh sehingga melahirkan trust  dan memantik semangat anggota untuk terus mengembangkan partisipasinya dalam setiap layanan yang diselenggarakan oleh koperasi.
Satu hal lagi yang menjadi catatan penting tentang KUD Rukun Tani, yaitu keberhasilan mereka dalam regenerasi kepemimpinan dari senior ke junior-nya. Estafet kepimpinan koperasi yang dipercayakan kepada kaum muda sukses membuat koperasi ini lebih berkembangan. Bapak Danan Setianto, SE selaku ketua berhasil mengemban amanah yang dipercayakan oleh para pendahulunya. Tidak heran kalau agenda reorganisasi pada RAT hari ini kembali mempercayakan Bapak Danan Setianto,SE untuk melanjutkan masa kepemimpinanannya untuk 5 (lima) tahun berikutnya, yaitu 2020-2025.  


Usai mengangkat sumpah dan melantik pengurus dan pengawas terpilih, Bung Arsad selaku Ketua Dekopinda mengucapkan apresiasinya terhadap segala hal yang  yang sudah ditorehkan oleh segenap unsur organisasi KUD Rukun Tani Cilongok. “ Selaku pimpinan Dekopinda Kab. Banyumas, saya mengucapkan selamat dan ikut bangga dengan kondisi terini dan deretan prestasi yang diraih oleh KUD Rukun Tani. Kalau beberapa tahun lalu Mas Danan Setianto,SE berhasil menyabet penghargaan individu dari Mentri Koperasi & UKM RI,  KUD Rukun Tani Cilongok pun mendapat penghargaan secara kelembagaan dari Mentri Koperasi & UKM pada Harkopnas ke-72 yang digelar pada Bulan Juli 2019 kemarin. Capaian ini menandaskan kesehatan dan juga kehebatan KUD Rukun Tani. Capaian membanggakan itu merupakan buah dari kerukunan, kebersamaan dan semangat kegotongroyongan yang terbangun di kalangan anggota. Oleh karena itu, saya berpesan agar anggota KUD Rukun Tani Cilongok terus menjaga komitmen dan menumbuhkan partisipasinya sehingga koperasi ini semakin men-sejahterakan para anggotanya”, ungkap Bung Arsad dalam sambutan dan arahannya.  


Share on Google Plus

About Dekopinda Banyumas

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment